Berbagai Penyakit yang Menyerang Saat Imun Lemah, Waspadai!

Berbagai Penyakit yang Menyerang Saat Imun Lemah, Waspadai!

Imunitas yang kuat menjadi kunci utama perlindungan tubuh.

Dewasa ini, tidak sedikit orang yang semakin gencar dalam menerapkan gaya hidup sehat. Bagaimana tidak? Pola hidup yang tepat dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Jika imun melemah, tubuh menjadi tidak mampu melawan virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit.

Kalau kekebalan sudah menurun, maka kamu pun lebih mudah terserang penyakit, lho. Tak ingin hal ini terjadi, kan? Saat imunitas melemah pun ada berbagai penyakit yang lebih mudah menyerang, seperti 3 masalah kesehatan berikut.

Yuk, simak informasi lengkapnya!

 

 

1. Pilek

Berbagai Penyakit yang Menyerang Saat Imun Lemah, Waspadai!

Credit Image - halodoc.com

Di kondisi serba tidak menentu, pilek menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami. Meski akan pulih dalam beberapa hari saja, gejala yang ditimbulkan bisa mengganggu aktivitas, lho. Kamu akan merasakan hidung meler, gatal, dan terus bersin. Selain itu, tenggorokan akan terasa sakit dalam satu atau dua hari diikuti gejala batuk, sakit kepala, dan mata berair.

Penyakit ini disebabkan oleh berbagai jenis virus, seperti rhinovirus, coronavirus, atau adenovirus yang menyerang saluran pernapasan.

Virus berpindah dari orang yang sakit ke orang sehat melalui tetesan atau butiran air dari batuk atau bersin yang dikeluarkan oleh orang yang sakit. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, mengalami kelelahan, atau merasakan tekanan emosional biasanya lebih mudah terkena penyakit ini.

 

2. Flu

Sama seperti pilek, flu atau influenza memiliki cara penularan yang sama dan virusnya juga menyerang saluran pernapasan. Bedanya, flu disebabkan oleh virus influenza A, influenza B, dan influenza C. Walaupun sekilas hampir sama, gejala flu biasanya muncul lebih parah dari pilek. Gejala flu meliputi gejala pilek namun disertai dengan demam menggigil, tubuh terasa nyeri, mual, muntah, bahkan diare.

Sudah diketahui bahwa flu dan pilek sangat mudah menular. Jika orang di sekitarmu ada yang terkena salah satu penyakit ini, maka ada kemungkinan kamu ikut terpapar, apalagi jika keadaan kekebalan tubuh sedang melemah.

 

3. Tipes

Berbagai Penyakit yang Menyerang Saat Imun Lemah, Waspadai!

Credit Image - gsilab.id

Penyakit tipes atau demam tifoid lebih sering menyerang anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Tapi, orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh lemah juga bisa terkena penyakit ini.

Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typi yang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri tersebut dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu pada air atau kotoran yang dikeluarkan oleh pasien.

Setelah menelan makanan atau air yang terkontaminasi, bakteri akan menyerang usus dan memasuki aliran darah dan terbawa oleh sel darah putih di hati, limpa, dan sumsum tulang belakang.

Gejala tipes meliputi demam hingga 40 derajat celcius, sembuh, sakit kepala, badan terasa lemah, diare, nafsu makan buruk, sakit perut, dan badan terasa nyeri. Sering berbuka dengan makanan yang dijual di pinggiran jalan – biasanya belum terjamin kebersihannya, hal ini juga bisa menjadi penyebab terkena tipes.

 

4. Bagaimana Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh?

Seperti yang sudah disebutkan bahwa meningkatkan – dan juga menjaga kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Apakah kamu sudah memiliki pola hidup yang baik? Jika belum, yuk, coba perbaiki gaya hidup guna meningkatkan respons imunitas terhadap penyakit.

Mulailah dengan mengonsumsi sayur dan buah, serta mengonsumsi asupan lainnya yang kaya akan kandungan gizi. Kemudian, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, minum air putih setidaknya 8 gelas per hari, dan mengelola stres dengan baik – ingat, stres berlebih bisa melemahkan imun, lho!

Yang tak kalah pentingnya, konsumsi makanan kaya vitamin C. Jenis vitamin ini dapat merangsang pertumbuhan sel darah putih dan komponen lainnya di dalam tubuh, sehingga mendukung daya tahan semakin kuat.

Selain diperoleh dari makanan, vitamin C bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C 1000 mg untuk memberi sensasi rasa segar sepanjang hari selama beraktivitas.

Multivitamin Enervon-C juga dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin dari Enervon dengan mengunjungi official store-nya!

 

Sudahkah kamu menerapkan gaya hidup sehat? Jika belum, yuk, segera lakukan, ya. Ingat, kekebalan tubuh adalah perlindungan utama – dan jika imunitas melemah, maka kamu lebih mudah terserang penyakit, termasuk tiga masalah kesehatan di atas.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!