Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi penting dilakukan segala usia, begitu pula usia emas – atau ketika memasuki 50 tahun ke atas. Yang menjadi permasalahan, seiring bertambahnya umur, nafsu makan akan turut menurun.

Penurunan nafsu makan ketika memasuki usia lanjut bisa terjadi karena kondisi alamiah dan adanya faktor kesehatan tertentu yang terjadi pada tubuh. Mesti segera di atas, sebab jika dibiarkan, maka akan terjadi malnutrisi.

Nah, agar tidak salah memilih jenis asupan makanan bagi usia emas, ada deretan tips yang patut diketahui. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Pilih Makanan Bernutrisi

Credit Image - bola.net

Memasuki usia 50 tahun ke atas, kualitas hidup yang sehat harus terus didapatkan. Pastikan kamu sudah memilih jenis makanan sehat bernutrisi lengkap, karena hal ini juga penting untuk menjaga berat badan, menguatkan otot, dan mendukung metabolisme.

Berikut adalah pemilihan nutrisi untuk usia emas yang perlu ada dalam menu makanan:

  • Protein, baik protein hewani maupun nabati.
  • Karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energinya.
  • Serat, baik dari sayuran atau buah-buahan.
  • Vitamin dan mineral, seperti vitamin A, Vitamin D, vitamin B12, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kalsium, dan lainnya.

 

2. Terapkan Pola Makan Teratur

Kemudian, pastikan pola makan sudah teratur, sehingga nutrisi di dalam tubuh tetap terjaga. Tentukan tiga kali jadwal makan besar setiap harinya, muali dari pagi, siang, dan malam. Ingat, usahakan agar tidak melewatkan jadwal makan tersebut, sehingga malnutrisi tidak terjadi!

Selain itu, bagilah porsi makan menjadi lebih kecil, tetapi sering. Selingi juga makanan utama dengan snack sehat, seperti buah dengan potongan kecil-kecil. Pola makan ini bisa mencegah usia emas dari kekenyangan, mencegah perut kembung, hingga menjaga energi sepanjang waktu.

 

3. Hindari Makanan yang Memicu Masalah Pencernaan

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Seiring bertambah usia masalah sistem pencernaan sering terjadi, misalnya sembelit atau maag. Untuk itu, usia emas sangat disarankan agar menghindari jenis makanan yang memicu kondisi tersebut, seperti makanan pedas dan asam serta minuman bersoda.

Kamu bisa memilih makanan mengandung serat untuk membantu mencegah dan mengatasi sembelit pada lansia. Pastikan pula usia emas sudah mencukupi kebutuhan cairan setidaknya 6-8 gelas per hari untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan terhindar dari dehidrasi.

 

4. Memilih Jenis Lemak Sehat

Hindari pula makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, seperti daging sapi atau mentega. Meskipun lemak penting bagi tubuh sebagai simpanan energinya, usia emas tetap bisa memilihkan makanan lemak sehat, seperti kacang-kacangan dan alpukat.

Selain itu, dalam memproses makanan, sebisa mungkin hindari pemakaian minyak karena bisa meningkatkan kadar lemak jenuh. Akan lebih baik jika kamu mengolah makanan dengan direbus atau dikukus. Kedua metode tersebut bisa menjadi makanan lebih lembut, sehingga lebih mudah dicerna.

 

5. Batasi Asupan Makanan Tinggi Gula

Credit Image - healthline.com

Gula yang berlebih dalam tubuh bisa meningkatkan kadar gula darah, sehingga bisa meningkatkan risiko diabetes. Tak hanya itu, konsumsi gula yang berlebih juga dapat membuat kamu merasa lapar lebih cepat, sehingga cenderung makan secara berlebihan.

Oleh karena itu, sebaiknya lansia menghindari konsumsi makanan atau minuman mengandung gula tinggi atau menambahkan gula berlebih ke dalam masakan, terutama bagi lansia yang memiliki riwayat diabetes.

 

6. Kurangi Pula Asupan Garam

Bukan hanya menghindari gula, tetapi juga garam. Tingginya kadar garam dalam tubuhmu dapat meningkatkan risiko hipertensi. Bagi usia emas yang sudah memiliki riwayat hipertensi, konsumsi garam berlebih bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya komplikasi, seperti penyakit jantung.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan garam berlebih pada masakan. Bukan hanya garam dapur, kamu pun perlu membatasi bahan makanan lain yang mengandung garam tinggi, seperti penyedap rasa atau saus olahan.

Untuk menambah rasa makanan, cobalah menggunakan rempah-rempah, seperti lada atau ketumbar, atau menambahkan minyak yang sehat, seperti minyak zaitun.

 

7. Cukupi Kebutuhan Nutrisi dengan Konsumsi Multivitamin

Credit Image - klikdokter.com

Asupan gizi yang cukup dibutuhkan usia emas untuk mendukung kesehatan, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan maksimal. Hal ini juga penting guna menjaga imunitas agar kuat melawan virus penyebab penyakit.

Jika nutrisi dari makanan tidak terpenuhi dengan baik, maka ada baiknya mengonsumsi suplemen tambahan untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, terutama pada usia emas, ya.

Cara meningkatkan imun tubuh yang satu ini pun dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan pada orang tua, lho. Dalam hal ini, direkomendasikan memilih multivitamin yang punya kandungan vitamin dan mineral yang lengkap.

Akan lebih baik lagi, kalau multivitamin untuk usia emas juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C, maupun jenis nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan mata dan daya ingat.

Tak perlu bingung lagi, kok, dalam memilih multivitamin lengkap untuk usia emas, kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung deretan nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan di usia lanjut.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Enervon Gold juga punya kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Nah, multivitamin andalan usia emas yang satu ini sudah dapat diperoleh di sini, ya.

 

Untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi usia emas, pemilihan makanan harus diperhatikan dengan baik. Untuk itu, terapkan 7 tups di atas agar malnutrisi pada usia emas bisa dihindari!

 

 

Featured Image – bluecal-ingredients.com

Source – hellosehat.com