Saat ini, penyakit cacar monyet tengah menjadi kekhawatiran dunia, apalagi di Indonesia sudah terdeteksi kasus pertamanya. Bahkan, pada 27 Juli silam, WHO secara resmi telah menetapkan monkeypox sebagai darurat kesehatan masyarakat global.

Sebenarnya, cacar monyet bukanlah penyakit baru. Kasus pertama pada manusia dialami oleh bayi laki-laki berusia 9 bulan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970 silam. Namun, di tahun ini, cacar tersebut kembali ditemukan di berbagai negara.

Cacar monyet bisa menimbulkan berbagai macam gejala, termasuk gejala utamanya yang penting untuk kamu perhatikan. Apakah tanda utama tersebut? Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Gejala Utama Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Credit Image - today.com

Ada beberapa gejala cacar monyet yang umum muncul dialami banyak pasien. Yang utamanya, yaitu bintik dan lenting bernanah pada bagian kulit. Gejala ini mirip dengan cacar biasa, hanya saja ada perbedaan yang tetap bisa kamu perhatikan.

Lenting dan bintik bernanah pada cacar monyet kebanyakan muncul di bagian wajah, bahkan, sekitar 50 persen virus penyebab monkeypox umumnya memang menyerang bagian tersebut. Selain itu, cacar monyet juga bisa muncul pada bagian tubuh lainnya seperti telapak tangan dan kaki, perut, badan, punggung, dan area genital.

Kemudian, lenting dan bintik bernanah juga dapat muncul di mukosa, yakni di dalam mulut dan mata. Munculnya saling bergerombol dengan jarak yang saling berdekatan.

 

Hati-hati, Monkeypox Berisiko Menyebabkan Komplikasi

Credit Image - halodoc.com

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, namun, cacar monyet juga berpotensi menyebabkan komplikasi. Terbanyak yang dialami pasien adalah menyerang kulit. Terutama selulitis, yaitu infeksi bakteri yang berat, bahkan sampai ke jaringan di bawah kulit. Komplikasi lainnya berupa bekas. Ketika infeksi sudah selesai, maka akan meninggalkan scar, berupa bercak-bercak hitam maupun putih.

Bisa juga komplikasi di area gastrointestinal seperti muntah atau diare yang berpotensi menimbulkan dehidrasi berat. Pada kasus yang langka, mungkin terjadi luka yang menetap di kornea mata dan menyebabkan kebutaan.

Selain itu, mungkin menyerang paru-paru dan menyebabkan bronkopneumonia. Terakhir, bisa menyebabkan sepsis yang mana infeksinya menyebar ke seluruh tubuh, bahkan sampai ke otak atau ensefalitis.

 

Tips Menghindari Cacar Monyet

Credit Image - vanicream.com

Untuk menghindari infeksi monkeypox, apalagi penyakit ini sudah terdeteksi di Indonesia, maka pastikan kamu terus menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Berhati-hatilah ketika melakukan kontak dengan hewan – apalagi jika hewan tersebut sakit atau mati di lokasi yang ditemukan kasus virus monkeypox, hindari kontak dengan benda yang pernah terkontaminasi dengan hewan yang sakit, serta rutin mencuci tangan dengan bersih.

Selain menjaga kebersihan diri, mencegah infeksi virus penyebab penyakit juga harus dilakukan dengan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan mencukupi asupan vitamin serta mineral.

Kedua nutrisi tersebut dapat kamu peroleh dari menu makanan harian – dan dilengkapi dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Nah, kamu direkomendasikan untuk meminum multivitamin dari Enervon secara rutin, ya.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum , atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C 1000 mg.

Untukmu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan produk Enervon pilihan kamu dengan mengunjungi official store-nya di sini, ya.

 

Jadi, itulah gejala utama dari cacar monyet yang wajib kamu waspadai. Karena di Indonesia sudah ditemukan kasus monkeypox, maka dari itu, terus lakukan langkah pencegahan!

 

 

Featured Image – viva.co.id

Source – cnnindonesia.com