Management Trainee: Manfaat dan Perannya dalam Dunia Kerja

Management Trainee: Manfaat dan Perannya dalam Dunia Kerja

Pernah mendengar istilah management trainee – atau yang disebut sebagai MT? Ya, mungkin masih ada yang bertanya-tanya mengenai pekerjaan satu ini. Banyak lulusan baru yang memilih masuk dunia MT sebagai batu loncatan dalam dunia karir, lho.

Dengan mengikuti MT, kamu akan belajar mengenai banyak hal yang rinci, sehingga hard skill, soft skill, dan interpersonal skill semakin terasah. Nah, untuk kamu yang belum mengenai betul management trainee serta manfaat, tugas, dan keuntungannya, yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Apa Itu Management Trainee?

Management Trainee: Manfaat dan Perannya dalam Dunia Kerja

Credit Image - ekrut.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tugas management trainee, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa sebenarnya MT. Tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk melatih orang-orang yang bekerja bersamaan dengan para manajer dan executive lainnya.

Nantinya, para lulusan MT ini diharapkan akan menjadi manager dan mengurus segala urusan kantor tersebut. Trainer di program tersebut biasanya adalah seorang manager atau executive yang sudah memiliki banyak pengalaman dan terbiasa membagikan ilmunya kepada para junior.

Training yang dilakukan beramai-ramai ini nantinya akan diseleksi kembali menjadi kelompok-kelompok kecil. Maka dari itu, ketika training pun kamu tak hanya mendapatkan pelatihan saja. Kamu juga akan mendapatkan ujian tertulis seperti psikotes atau tes evaluasi lainnya.

Dari pelatihan yang kamu dapatkan ini, kamu nantinya akan mendapatkan beragam pengetahuan dan skill baru. Kemampuan ini seperti menangani komplain, skill customer service, melakukan riset dan uji coba, mempersiapkan dokumen, bahkan menyediakan saran serta solusi.

Biasanya perusahaan yang mengadakan MT adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, marketing, sales, dan retail.

 

Apa Saja Manfaatnya?

Dengan banyaknya pelatihan yang lama dan sulit, apa sebenarnya manfaatnya? Apakah hanya untuk sekedar mempertajam hard skill saja? Tentu tidak. Berikut ini deretan hal baik yang bisa diperoleh dari mengikuti program MT.

  • Dapat menilai, mengevaluasi dan menyaring calon manajemen yang berkualitas.
  • Menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang handal dan terampil yang akan dipromosikan ke jenjang eksekutif perusahaan.
  • Memberikan wawasan dan pengembangan karakter calon manajerial.
  • Memberikan pelatihan tentang standar operasional prosedur perusahaan yang baku.
  • Pelatihan dan pengelolaan SDM di perusahaan.
  • Sarana peningkatan kemampuan manajemen.
  • Peningkatan produktivitas perusahaan.

 

Tugas dan Tanggung Jawab dari Management Trainee

Management Trainee: Manfaat dan Perannya dalam Dunia Kerja

Credit Image - glints.com

Untuk menjalani program tersebut diperlukan skill multitasking yang luar biasa. Dilansir dari The Balance Small Business, MT diharapkan terlibat dalam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan manajerial.

Adapun tugas dan tanggung jawab dari MT, yaitu:

  • Menyelesaikan tugas-tugas dan membantu pekerjaan lainnya setiap hari
  • Berpartisipasi dalam meeting, workshop, dan juga kelas-kelas lainnya
  • Mengamati dan belajar dari pengalaman-pengalaman rekan kerja lainnya
  • Menyerap informasi dan pengetahuan tentang peraturan perusahaan, proses kerja, serta SOP yang berlaku
  • Mendengarkan secara rinci masukan-masukan yang diberikan oleh manajer, supervisor, dan senior lainnya
  • Memenuhi semua persyaratan dan ikut semua meetin yang diadakan dalam training
  • Mengikuti semua peraturan perusahaan serta protokol keamanan dan kesehatan
  • Menyiapkan dokumen dan membuat laporan
  • Belajar mengenai resolusi dari sebuah permasalahan dan mendengarkan dengan baik semua pembicara yang ada di dalam meeting atau training
  • Bersedia pergi ke kantor atau cabang lain dan ikut serta untuk terjun langsung dalam proses latihan
  • Ikut ujian dan evaluasi di akhir sesi training

 

Keuntungan Mengikuti Management Trainee

Apakah kamu masih ragu untuk masuk ke dalam program MT? Sepertinya perasaan ini kerap dirasakan banyak orang, ya. Mengingat pelatihannya yang cukup lama – dan ada pula yang belum tentu ingin menjadi manajer.

Selain itu, tidak sedikit juga yang ragu saat melihat tugas dalam program tersebut.

Tapi tenang, kamu sebaiknya tidak perlu takut, ya. Karena, program MT akan memberikan keuntungan yang banyak bagimu khususnya untuk fresh graduate. Berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Meningkatkan kemampuan bekerja sama

Untuk menjadi seorang manajer yang baik, tentunya kita dituntut untuk bisa bekerja sama dengan baik. Tak hanya dengan rekan kerja seprofesi, namun juga dengan para customer. Dengan mengikuti pelatihan ini, kemampuan untuk bekerja sama akan terus dilatih sampai kamu bisa dilepas dan lulus training.

Cara melatih kemampuan bekerjasama dalam management trainee adalah para pelatih akan membagi peserta dalam beberapa kelompok selama beberapa bulan. Kemudian, para peserta harus bisa menyelesaikan masalah-masalah serta ujian yang diberikan oleh trainer.

 

2. Mengajarkan kepemimpinan

Salah satu fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan adalah kepemimpinan. Maka dari itu, dalam pelatihan ini semua peserta akan dilatih bagaimana menjadi manajer yang baik.

 

3. Bekerja sesuai minat dan bakat

Kebanyakan, perusahaan memakai sistem generalisasi untuk proses MT, sehingga dalam program ini akan diajarkan dan disuguhkan dengan berbagai jenis divisi pekerjaan.

Misalnya, kamu akan mencoba berbagai pekerjaan dalam berbagai bidang mulai dari financemarketing, komunikasi, hingga supply chain. Dengan begitu, supervisor bisa mengetahui, di mana kemampuan terbaik kamu. Kamu pun juga bisa ikut berdiskusi, dan menjelaskan peran mana yang paling kamu senangi di bisnis tersebut.

 

Maksimalkan Produktivitas Harian, Yuk, Boost Energimu!

Management Trainee: Manfaat dan Perannya dalam Dunia Kerja

Credit Image - info.populix.co

Untukmu yang tertarik mengikuti management trainee, agar program tersebut dapat dijalani dengan baik – dan membantu meningkatkan produktivitas, kamu perlu boost energi agar tubuh tidak mudah merasa lelah saat beraktivitas.

Pastikan kamu sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup, rutin berolahraga, serta mendapat asupan makanan bergizi yang kaya vitamin dan mineral.

Kedua mikronutrien tersebut penting untuk menjaga energi tubuh, sehingga kamu dapat beraktivitas secara optimal, lho.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dari mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan lengkap.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak gampang lelah, serta menjaga daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Tenang, kandungan vitamin C dalam Enervon Active ramah di lambung yang sensitif, kok!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas seharian.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, itulah deretan informasi mengenai management trainee. Apakah kamu tertarik memulai karir sebagai seorang MT? Sama seperti profesi lainnya, pekerjaan ini juga memiliki banyak keuntungan, lho!

 

 

Featured Image – pelangifortunaglobal.com

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!