Jenis-jenis Reward Kerja, Bantu Tingkatkan Motivasi Karyawan!

Jenis-jenis Reward Kerja, Bantu Tingkatkan Motivasi Karyawan!

Dalam urusan pekerjaan, sebagai karyawan tentunya kamu akan senang kalau dapat penghargaan dari perusahaan, kan, Enervoners? Tak ayal, banyak orang yang makin giat – bahkan bertambah produktif kalau mendapatkan penghargaan dari perusahaannya.

Tak bisa dipungkiri, reward adalah salah satu hal esensial yang baiknya diberikan perusahaan bagi karyawan yang telah berkontribusi. Meski dikenal diberikan dalam bentuk uang, namun, lebih dari itu, penghargaan dari perusahaan memiliki berbagai macamnya.

Nah, ingin tahu apa saja ragam reward yang mungkin kamu dapatkan dari tempat bekerja? Yuk, simak informasinya di bawah ini, ya, Enervoners!

 

 

Mengapa Penghargaan Penting Diberikan?

Jenis-jenis Reward Kerja, Bantu Tingkatkan Motivasi Karyawan!

Credit Image - kantorkita.co.id

Bukan rahasia lagi kalau reward adalah salah satu hal yang dapat memacu semangat karyawan. Dilansir dari EMP Global, penghargaan bisa meningkatkan kesuksesan bisnis hingga 25 persen, lho. Tentu menguntungkan bagi perusahaan, kan?

Biasanya, pemberian semacam ini diberikan ketika seorang pekerja berhasil memenuhi target atau sukses meraih suatu pencapaian yang baik bagi kemajuan perusahaan. Jika tahu ada penghargaan yang bisa didapatkan dari hasil kinerja yang bagus, tentu kamu akan semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik, ya.

Ketika merasa dihargai oleh tempatmu bekerja, maka kamu pun akan semakin betah dan mau bertahan lama. Jadi, hal ini pun juga menguntungkan bagi perusahaan.

Akan tetapi, ini pun bisa menjadi hal yang bagus untuk CV, lho. Kok bisa?

Tidak hanya akan memiliki masa kerja yang cukup lama di satu perusahaan, kamu pun bisa mencantumkan pencapaian-pencapaian yang kamu raih karena terdorong motivasi dari reward yang diberikan kantor.

Selain itu, lingkungan kerja pun menjadi lebih positif dengan adanya bentuk penghargaan ini.

 

Apa Saja Jenis-Jenis Penghargaan di Dunia Kerja?

Jenis-jenis Reward Kerja, Bantu Tingkatkan Motivasi Karyawan!

Credit Image - sleekr.co

Dikutip dari Glints – yang melansir dari Chron, menyebutkan bahwa ada berbagai macam bentuk reward yang dapat diberikan perusahaan untuk karyawannya. Jadi, tidak hanya diberikan uang bonus saja, lho.

Berikut ini beberapa jenisnya:

1. Kompensasi

Kompensasi adalah salah satu jenis dari macam-macam penghargaan yang diberikan perusahaan untuk karyawan ketika hasil kerjanya memuaskan. Ada banyak rupa kompensasi yang bisa diterima karyawan, seperti kenaikan gaji maupun bonus.

Selain itu, ada juga profit sharing, yaitu tambahan uang yang bisa didapatkan berdasarkan besar keuntungan yang diperoleh perusahaan berkat kinerja karyawannya. Biasanya, sistem ini berlaku bagi para pekerja di bidang sales.

Dan terakhir, terdapat kompensasi dalam bentuk pemberian sejumlah saham perusahaan dengan harga yang biasanya lebih murah.

 

2. Penghargaan

Penghargaan sebagai salah satu dari macam-macam reward untuk karyawan tidak harus mahal atau dilakukan secara besar-besaran.

Sekadar ucapan terima kasih ataupun pujian dari atasan bisa menjadi sebuah bentuk terima kasih, lho. Penghargaan pun tentunya bisa diberikan lebih formal dengan bentuk sertifikat pencapaian.

Beberapa perusahaan pun memberi reward ini dengan mengumumkan pencapaian sang karyawan yang berprestasi ketika meeting. Untuk banyak orang, penghargaan ini merupakan hal yang sangat bernilai secara moral dan tentunya menimbulkan semangat kerja yang lebih lagi.

 

3. Hadiah

Bentuk penghargaan berikutnya adalah hadiah. Hal ini juga termasuk yang sering diberikan perusahaan bagi karyawannya. Hadiah yang diberikan pun bisa berupa barang atau juga uang.

Biasanya, hadiah diberikan di waktu-waktu tertentu, misalnya setelah mencapai target, pada akhir tahun, atau tanggal-tanggal penting, seperti perayaan keagamaan – misalnya lebaran maupun pada sat natal.

Jenis apresiasi ini diberikan untuk menghargai kontribusi karyawan pada perusahaannya.

 

4. Apresiasi

Ada macam-macam bentuk apresiasi sebagai reward untuk karyawan di sebuah perusahaan. Beberapa di antaranya adalah selebrasi atau perayaan, kegiatan-kegiatan yang dibiayai perusahaan, traktir makan siang oleh perusahaan, dan masih banyak lagi.

Tak jarang kegiatan-kegiatan ini bersifat kelompok dan bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja dan kerja sama dalam tim.

 

Reward dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas, Tapi Jangan Lupakan Hal Ini!

Jenis-jenis Reward Kerja, Bantu Tingkatkan Motivasi Karyawan!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Memberikan penghargaan, dalam bentuk apapun pada karyawan memang dapat membantu memacu semangat kerja – dan tentunya meningkatkan produktivitas, ya? Dari hal ini, baik karyawan maupun perusahaan memang saling diuntungkan, lho.

Namun yang tidak boleh kamu lupakan, nih, Enervoners. Menjaga produktivitas juga perlu didukung dengan gaya hidup yang sehat, seperti sudah mendapat asupan makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hal ini akan membantu menjaga energi, sehingga aktivitas pun tidak terganggu.

Untuk memaksimalkan produktivitas – dan biar makin aktif, pastikan kamu juga sudah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsmsi multivitamin Enervon Active yang punya kandungan lengkap, ya!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak gampang lelah, serta menjaga daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Tenang, kandungan vitamin C dalam Enervon Active ramah di lambung yang sensitif, kok!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas seharian.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, mudah, bukan?

 

Reward adalah hal yang penting diberikan oleh perusahaan pada karyawan sebagai bentuk penghargaan. Apakah perusahaan tempatmu bekerja sudah rutin memberikan apresiasi yang satu ini, Enervoners?

 

 

Featured Iimage – entrepreneurcamp.id

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!