Mengalami stress kerja adalah hal yang sering terjadi. Namun, jika dibiarkan kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas kerja dan kehidupan sehari- harimu, lho. Bahkan stress kerja dapat menyebabkan gangguan saraf, menyebabkan insomnia, dan menyebabkan penyakit jantung serta depresi.

Jika kamu sedang mengalami hal ini, kamu harus segera menemukan sumber stress tersebut. Berikut ini tipe stress kerja yang harus kamu kenali.

1. Selalu sibuk tanpa jeda

Credit: magazine.job-like.com

Ciri- ciri tipe stress kerja ini dapat dilihat dari kamuy ang selalu sibuk dari datang hingga pulang kantor. Bahkan, kamu sering lembur. Saat satu pekerjaan sudah selesai, lalu kamu mendapat tugas berikutnya dari atasan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa lebih terlibat dalam pengambilan keputusan suatu pekerjaan. Sehingga, kamu tidak terus menerus dikendalikan oleh orang lain.

2. Pekerjaan yang kurang dihargai

Credit: liputan6.com

Tipe stress kerja ini timbul ketika kamu sudah bekerja keras, tetapi merasa tidak menerima kompensasi yang sepadan. Walaupun sudah banyak berkorban, tapi kamu belum menerima kenaikan gaji, promosi, atau pengakuan dari atasan.

Kamu bisa mengatasi dengan mendiskusikan hal ini dengan atasanmu. Mungkin kamu tidak akan mendapatkan imbalan yang diingkan dalam waktu dekat. Namun, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang cara mengatur strategi kariermu kedepannya.

3. Tempat kerja yang tidak adil dan tidak hormat pada karyawan

Credit: duniakaryawan.com

Keputusan manajemen yang tidak adil dapat menjadi sumber stress dalam bekerja. Tempat kerja yang tidak memiliki rasa hormat pada karyawan cenderung membuat para pekerjanya tertekan.

Kamu bisa mengatur suasana di tempat kerja jika ada masalah seperti ini, namun kamu juga bisa membicarakannya dengan bagian HR yang dapat dipercaya.

4. Merasa tersingkir

Credit: kabarhandayani.com/

Karyawan yang merasa tersingkir pasti membuat mereka seperti sendirian. Kamu merasa tidak mendapat bantuan yang cukup dari atasan. Dan saat ingin mencurahkan isi hati, tidak ada orang yang dapat kamu percaya.

Cobalah untuk memperbaiki hubungan sosial di kantor dengan mengkomunikasikan kebutuhanmu pada atasan dan berbicara lebih personal dengan rekan kerjamu.

5. Stress kerja karena takut

Credit: bppk.kemenkeu.go.id

Tipe stress yang satu ini muncuk karena kamu merasa terintimidasi dengan besarnya tanggung jawab pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Gejala yang muncul akibat stress ini seperti otot yang tegang dan kaku, gangguan tidur, hingga tidak nafsu makan.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, diperlukan adanya dukungan dari orang terdekat. Selain itu, kamu juga bisa berbagi pikiran dengan rekan kerja yang kamu percaya, keluarga, maupun temanmu.

 

Itu dia 5 tipe stress kerja yang dapat terjadi. Jika kamu sedang merasakan salah satunya, jangan segan untuk mengkomunikasikan masalahmu kepada atasan atau rekan kerja yang dapat kamu percaya, agar kamu tidak lama mengalami stress yang dapat membahayakan kesehatan.

 

Featured Image - gallerycollection.com