Untuk mencukupi kebutuhan di masa mendatang, tentu saja kamu memerlukan berbagai persiapan dalam urusan finansial, termasuk menabung. Tapi sayangnya, anak muda zaman sekarang masih banyak yang melupakan kegiatan ini, lho!

Apakah kamu termasuk yang masih malas – atau belum mulai untuk menabung?

Tapi yang perlu diketahui, menabung tidak hanya sekedar kegiatan bulanan saja, tapi hal yang rutin, bahkan wajib dilakukan setiap harinya. Memang, ini perlu dilakukan dalam jangka panjang, sehingga kamu tak merasa berat untuk menyisihkan atau mengalokasikan pendapatan tiap minggu atau bulan.

Nah, demi aliran dana yang seimbang, ada berbagai tips menabung harian, bulanan, dan tahunan yang dapat kamu terapkan. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Tips Menabung Harian

Credit Image - finance.detik.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menabung bukan hanya menyisihkan pendapatan setiap bulan. Kamu dapat mulai nabung secara harian dengan menerapkan cara berikut ini.

1. Menabung secara manual

Menggunakan kartu debit dalam pengeluaran sehari-hari memang bisa membuatmu jauh lebih boros. Untuk mengakalinya, alokasikan pengeluaranmu secara tunai sehari-hari dan gunakanlah secara bijak

Jika ada uang lebih, tabunglah di dalam celengan yang sudah kamu persiapkan. Usahakan untuk menabung berapapun sisa dari pengeluaran per hari. Menurut The Balance, menyisihkan sedikit uang saja tetap memiliki pengaruh. Jangan pernah berpikir menyisakan sedikit rupiah tak akan berarti apa-apa.

Biasakan juga untuk tidak menghabiskan seluruh pengeluaran per hari yang sudah dialokasikan. Dengan begitu, menabung tak terasa berat, kan?

 

2. Pesan makanan dalam porsi kecil

Salah satu tips menabung yang dikutip dari Nerd Wallet adalah dengan membiasakan diri untuk memesan makanan dalam porsi kecil. Jika tidak bisa, kamu bisa menyisihkan atau membungkus setengah porsi sebelum disantap.

Hal ini untuk menghindari membuang-buang makanan serta membuang uang. Makanan yang dibungkus bisa dimakan kembali di kemudian waktu.

 

3. Gunakan diskon hiburan

Ingin hangout bareng teman? Keluarga? Pasangan? Atau orang-orang terdekatmu? Tenang, kamu tetap bisa menabung meski ingin pergi, lho. Sekali-sekali pergi ke tempat yang tak membutuhkan biaya banyak atau bahkan kalau bisa yang tidak perlu mengeluarkan biaya.

Caranya carilah tempat-tempat rekreasi seperti museum yang biasanya memiliki diskon untuk pelajar, orangtua atau diskon member. Dengan begitu, sedikit pengeluaranmu aman untuk setidaknya dimasukkan ke dalam celengan.

 

4. Batasi belanja online!

Belanja online bukan lagi menjadi bagian dari keperluan, belanja online saat ini sudah menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari yang tidak bisa dihindari. Masalahnya, barang yang dijual secara daring biasanya lebih murah, sehingga kadang membuatmu tidak bisa menahan diri untuk membeli barang lain di luar kebutuhan.

Pastinya kamu tidak jarang berpikir bahwa barang yang kamu beli sebenarnya tidak penting dan hanya efek impulsif saja. Pada akhirnya barang-barang tak terpakai dan uangmu habis untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan sama sekali.

Mulai batasi diri untuk belanja online. Tulislah wishlist yang kamu ingingkan per minggu agar kamu tahu apa saja yang menjadi kebutuhan dan hanya sekadar keinginan.

Perlu diingat juga, jangan simpan atau hubungkan kartu kredit ke dalam akun e-commerce atau marketplace. Hal ini akan membuatmu menjadi impulsive buyer karena merasa uang harian tak dipakai untuk belanja.

 

Bagaimana dengan Tips Menabung Bulanan?

Nah, kalau kamu sudah tahu tips menabung harian, kini waktunya membahas trik untuk menyisihkan uang setiap bulannya, ya. Berikut deretan cara yang bisa diterapkan.

1. Tagihan internet dan TV Cable

Coba hitung-hitung lagi pengeluaran internet dan TV cable yang kamu bayarkan tiap bulan. Pikir-pikir kembali apakah kamu membutuhkan wifi atau paket internet yang mahal?

Selain itu, mungkin kamu juga harus berhenti berlangganan TV cable dan menggantinya dengan opsi yang lebih murah. Karena, kadang kamu tak menyadari tagihan-tagihan bulanan yang dianggap sebagai kebutuhan primer ternyata tak digunakan dengan baik.

Coba dicatat kembali apakah kuota di smartphone harus dikurangi karena adanya wifi di rumah? Apakah paket wifi harus diturunkan karena jarang dipakai?

 

2. Monitor tagihan listrik

Tahukah kamu bahwa penggunaan listrik bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar tiap bulannya? Ada banyak cara untuk menghemat tagihan listrik. Kalau kamu menggunakan token, kamu bisa mengontrol kontrol, sehingga meteran listrik tak terus berjalan yang akan mengakibatkan tagihan bengkak tiap bulannya.

Jika kamu berhasil memonitor seperti ini, pada akhirnya kamu akan mengurangi penggunaan listrik seperti mematikan lampu atau mematikan peralatan elektronik yang tidak dipakai.

 

3. Batalkan langganan yang tak perlu

Tips menabung bulanan yang ketiga adalah dengan memeriksa semua langganan atau subscriptions yang sudah kamu lakukan per bulan. Hal ini bisa meliputi platform streaming film, gym yang terus dibayar tapi tak pernah dikunjungi, dan segala langganan yang auto payment dari kartu kredit.

Segera periksa kembali dan stop semua yang jarang digunakan. Dengan begitu, tagihan bulanan kartu kreditmu akan sedikit berkurang sehingga jumlah tabungan bisa sedikit bertambah.

 

Tips Menabung Jangka Panjang

Credit Image - bikinmudah.com

Untuk bisa rajin menabung – dan menjadi kebiasaan tentu memerlukan konsistensi, ya? Menabung tak sekadar menyisihkan pendapatan tiap bulannya dan dihabiskan bulan berikutnya. Tapi, ini harus dilakukan dalam jangka panjang.

Berikut tips menabung jangka panjang yang perlu kamu terapkan!

1. Catat pengeluaran

Sudahkah kamu tracking atau telusuri pengeluaran per hari, per minggu bahkan per bulan? Jika belum, selalu catat dan tinjau setiap akhir bulan. Cara ini akan membantumu mengetahui pengeluaran tiap bulannya. Selain itu, juga bisa tahu apa saja yang harus dikurangi untuk dijadikan tabungan.

Bagaimana caranya untuk tracking pengeluaran? Kamu bisa men-download berbagai aplikasi untuk smarpthone. Kamu juga bisa melakukannya secara manual lewat Microsoft Excel. Kumpulkan semua bukti dan struk belanja agar pencatatan bisa lebih maksimal. Tanpa adanya catatan, kita tak akan pernah sadar apa yang sudah kita habiskan untuk hal-hal yang bukan prioritas.

 

2. Pasang target menabung

Pernah merasa berat untuk menyisihkan sebagian pendapatan buat menabung? Yuk, mulai dengan langkah kecil seperti membuat target per bulan yang jumlahnya semakin naik.

Contohnya jika dalam bulan ini kamu hanya bisa menabung Rp 500 ribu, buatlah bulan depan menjadi Rp 600 ribu dan seterusnya. Ingat, usahakan untuk meningkatkan nominalnya – jangan sampai turun, ya. Lakukan ini selama setahun dan review berapa banyak yang sudah berhasil dikumpulkan.

Jika kamu sudah terbiasa melakukan hal ini, ubahlah target mu menjadi per tahun. Misalnya kamu pasang target dalam setahun harus mengumpulkan tabungan sebanyak Rp 10 juta. Nah kamu harus atur per bulan bagaimana caranya agar target tahunanmu terpenuhi.

Lakukan ini setiap tahun sehingga targetmu semakin tinggi. Jangan pernah berpikir kalau kamu tidak sanggup. Ingat, hidupmu akan terus berkembang dan pendapatanmu akan semakin naik juga tiap tahunnya.

 

Dukung Kegiatan Menabung, Boost Energi Tubuhmu

Agar kegiatan menabung semakin maksimal – dan tentunya kamu tak mudah lemas dalam mengatur keuangan serta melakukan aktivitas harian, pastikan energi tubuhmu sudah terjaga dengan baik.

Boost energi tubuhmu dengan mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Yuk, tetap aktif bersama Enervon Active!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, segera klik di sini, ya.

 

Apakah kamu sudah rajin menabung? Tenang, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Yuk, coba sisihkan uangmu secara disiplin dan konsisten!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – glints.com