Baru! Ini Syarat Naik Kereta Api, Wajib Sudah Booster

Baru! Ini Syarat Naik Kereta Api, Wajib Sudah Booster

font size A Ǎ

Seperti diketahui, mendapatkan vaksin booster menjadi salah satu syarat baru bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN). Ingat, sudah tidak ada lagi pengecualian kebijakan syarat tes antigen dan PCR bagi warga yang belum disuntik dosis ketiga, termasuk untuk PPDN yang melakukan perjalanan kereta api jarak jauh, lho.

Di masa transisi, memang diperlukan berbagai penyesuaian, begitu pula mengenai syarat perjalanan. Nah, biar kamu sudah melengkapi sejumlah kebijakan sebelum melakukan perjalanan, berikut ini persyaratan lengkap bepergian menggunakan kereta api.

Simak informasinya secara seksama biar tak ada yang terlewatkan, ya!

 

 

Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh

Baru! Ini Syarat Naik Kereta Api, Wajib Sudah Booster

Credit Image - economy.okezone.com

Bagi penumpang kereta api jarak jauh perlu memperhatikan beberapa syarat naik kereta api jarak jauh terbaru. Menurut Surat Edaran Kemenhub, syarat naik kereta api terbaru bagi perjalanan jarak jauh yang perlu diketahui dapat disimak melalui informasi berikut ini.

  1. Penumpang kereta api berusia 18 tahun ke atas wajib sudah mendapatkan vaksin booster – atau dosis ketiga
  2. Penumpang kereta api berstatus WNA dari perjalanan luar negeri berusia 18 tahun ke atas wajib sudah vaksin dosis kedua
  3. Penumpang kereta api berusia 6-17 tahun wajib sudah mendapatkan vaksin dosis kedua
  4. Penumpang kereta api berusia 6-17 tahun dari perjalanan luar negeri tidak wajib vaksinasi
  5. Penumpang kereta api berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksinasi, namun wajib dengan pendamping
  6. Penumpang kereta api jarak jauh tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen

 

Syarat Naik Kereta Api Lokal Terbaru

Syarat perjalanan bagi penumpang kereta api jarak dekat atau lokal dan aglomerasi juga telah diatur dalam Surat Edaran Kemenhub tersebut. Adapun syarat naik kereta api terbaru untuk perjalanan jarak dekat atau lokal dan aglomerasi dapat disimak melalui informasi berikut ini.

  1. Penumpang kereta api lokal tidak wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR atau tes Antigen
  2. Penumpang kereta api jarak dekat wajib menggunakan aplikasi peduliLindungi sebagai syarat perjalanan
  3. Bagi penumpang kereta api yang tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi, maka wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama

 

Penumpang pun Wajib Menunjukkan Kartu atau Sertifikat Vaksin

Baru! Ini Syarat Naik Kereta Api, Wajib Sudah Booster

Credit Image - rumah.com

Penumpang kereta api jarak jauh juga wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin – 3 dosis agar dapat berangkat. Sementara itu, penumpang yang baru tervaksinasi 1 atau 2 dosis, tidak diperkenankan melakukan perjalanan domestik.

Bagi penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

 

Penumpang dalam Kondisi Sehat

Penumpang kereta api harus dalam kondisi sehat saat akan berangkat dan tidak menderita flu, batuk, atau demam. Suhu tubuh juga akan dicek oleh petugas dan tidak boleh melebihi batas 37,3 derajat Celcius.

Selain itu, penumpang diwajibkan menggunakan masker untuk menutupi bagian hidung dan mulut di area stasiun keberangkatan maupun kedatangan, serta saat di dalam perjalanan kereta api.

Untuk menjaga kesehatan tubuh selama bepergian, kamu juga disarankan tetap menjalani gaya hidup sehat guna mempertahankan kekebalan. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tetap mendapat istirahat yang cukup, sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Lindungi kondisi tubuh dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral dari multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C 1000 mg untuk memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Dan bagimu yang punya lambung sensitif, direkomendasikan inum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan produk multivitamin Enervon dengan mengunjungi official store-nya di sini, ya.

 

Nah, itulah sejumlah syarat yang perlu dipenuhi ketika akan menggunakan kereta api untuk perjalanan jarak jauh. Ingat, lho, jika kamu gagal memenuhinya, maka bukan tak mungkin kamu ditolak untuk berangkat.

 

Dan agar perjalanan semakin aman, pastikan kamu senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Pakailah masker, hindari berdempetan satu sama lain, dan rajin membersihkan tangan.

 

 

Featured Image – piknikdong.com

Source – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!