Pengalaman Kerja Itu Penting Buat Karir! Ini 5 Alasannya

Pengalaman Kerja Itu Penting Buat Karir! Ini 5 Alasannya

Kalau kamu melihat lowongan pekerjaan, memiliki pengalaman kerja merupakan salah satu syarat yang seringkali diberikan perusahaan. Memangnya kenapa sih harus memiliki pengalaman sekian tahun dalam melamar pekerjaan?

Jangan salah, punya pengalaman kerja bisa memberikan nilai tambah bagi pelamar, lho. Semakin lama pengalaman yang dimiliki, maka semakin besar pula kemungkinan perusahaan akan melirik lamaran kamu.

Tapi, gimana buat fresh graduate? Mungkin ini unek-unek pencari kerja yang baru saja akan menginjakkan kakinya di dunia kerja. Nah, maka magang bisa menjadi salah satu alternatif bagimu yang ingin mendapatkan mengalaman – atau bisa juga dengan melamar di perusahaan kerja terlebih dahulu. Istilahnya, sebagai batu loncatan.

Terlepas dari itu, ada beberapa alasan mengapa banyak perusahaan menjadikan pengalaman kerja sebagai salah satu syarat untuk merekrut pegawai. Simak informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Meningkatkan Kemampuan di Bidangmu

Pengalaman Kerja Itu Penting Buat Karir! Ini 5 Alasannya

Credit Image - sleekr.co

Keahlian dalam suatu bidang pekerjaan merupakan salah satu hal penting dalam dunia kerja. Di mana hal tersebut bisa didapatkan ketika seseorang memiliki pengalaman khusus dalam bidang pekerjaan yang ditekuninya. Seseorang yang berpengalaman, tentu sudah mampu mengarahkan dirinya untuk terus maju menekuni bidang yang digeluti.

Hal ini jelas bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan karir di masa depan. Nah, karir yang semakin meningkat karena keahlian yang juga meningkat, maka sudah pasti perusahaan pun akan semakin berkembang.

Selain itu, punya pengalaman dalam bekerja juga akan membantumu mengetahui seluk-beluk bidang yang digeluti. Bagimu yang pernah mencicipi dunia kerja yang selaras dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar – maka, kamu dinilai telah banyak mengetahui hal dalam bidang tersebut.

Kamu pun lebih tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, sehingga dianggap tidak akan terlalu kesulitan dalam menyesuaikan diri pada perusahaan yang dituju.

 

2. Punya Soft Skill yang Dicari oleh Perusahaan

Tentunya bukan hanya nilai akademik yang menjadi tolak ukur perusahaan dalam merekrut pegawai. Soft skill merupakan salah satu yang juga penting dalam dunia kerja. Calon pegawai yang pernah bekerja sebelumnya pasti setidaknya telah memiliki soft skill yang dibutuhkan, seperti public speaking, bekerja sama dalam tim, berfikir kreatif, dan sebagainya.

 

3. Sebagai Bukti Kompetensi yang Kamu Miliki

Pengalaman Kerja Itu Penting Buat Karir! Ini 5 Alasannya

Credit Image - banksinarmas.com

Boleh jadi kamu memiliki IPK bagus saat kuliah, namun itu hanya bisa menjadi acuan kemampuan pengetahuan kamu. Kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja dianggap telah memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mumpuni untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai aturan yang ditetapkan.

 

4. Menunjukkan Komitmen untuk Berkarir di Bidang Tersebut

Sudah jelas terlihat, jika kamu melamar pekerjaan dalam bidang yang sama dengan pekerjaan kamu sebelumnya dan juga memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, maka kamu telah menunjukkan komitmen kamu dalam berkarier di bidang tersebut.

 

5. Mudah Dalam Memecahkan Masalah di Bidang Pekerjaan

Pengalaman Kerja Itu Penting Buat Karir! Ini 5 Alasannya

Credit Image - sampoernauniversity.ac.id

Permasalahan dalam dunia kerja itu akan selalu ada, bisa karena perbedaan pendapat maupun faktor lainnya. Inilah sebabnya kamu harus bisa menjadi pemecah masalah yang handal. Memiliki pengalaman kerja, itu secara gak langsung dapat melatihmu dalam memecahkan berbagai permasalahan yang sering terjadi dalam suatu pekerjaan.

Seiring dengan banyaknya pengalaman yang kamu miliki dalam sebuah penyelesaian masalah. Kamu akan mampu bertahan dan meningkatkan kualitas diri. Orang yang seperti ini merupakan sosok yang banyak dicari oleh sebuah perusahaan.

Intinya, karena telah bergelut di bidang tersebut, kamu pun pasti pernah menghadapi sebagai masalah – dan dipercaya akan lebih mudah memecahkan permasalahan tersebut sekaligus menemukan solusi yang terbaik.

 

6. Biar Perjalanan Karir Makin Lancar, Boost Terus Energi Tubuhmu!

Tak hanya soal memiliki pengalaman kerja saja, namun menjaga fokus serta produktivitas juga akan membantu perjalanan karir semakin lancar, lho. Untuk tetap produktif, pastikan kamu sudah selalu boost energi tubuh, ya!

Jagalah energi tubuhmu dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara rutin, dan penuhi kebutuhan vitamin dan mineral – yang dapat membantu proses metabolisme.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral pun bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Tenang, kandungan di dalamnya aman dikonsumsi bagimu yang memiliki lambung sensitif, kok!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Jadi, masih mau menyepelekan pengalaman kerja? Hal ini bisa memberikanmu berbagai keuntungan dalam urusan mencari kerja, lho!

 

 

Featured Image – immerse.education

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!