Bagi seorang mahasiswa atau pelajar pasti memerlukan uang saku lebih. Karena tidak bisa dipungkiri, kamu pasti ingin memiliki ini dan itu. Untuk itu, kebanyakan mahasiswa melakukan kerja paruh waktu untuk mendapatkan uang lebih.

Kerja paruh waktu sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa, dan banyak manfaat yang dapat kamu peroleh, terutama jika kamu ingin memiliki pengalaman kerja. Apa saja keuntungan kerja paruh waktu bagi para mahasiswa atau pelajar? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Menambah uang saku

Credit: hipwee.com

Ini merupakan hal yang utama. Dengan bekerja, kamu tentu akan mendapatkan tambahan uang. Jumlah yang didapat biasanya lumayan untuk ukuran mahasiswa. Dan biasanya kamu akan dibayar berdasarkan lama waktu bekerja misalnya per jam, per hari, atau per shift.

2. Waktu kerja fleksibel

Credit: magazine.job-like.com

Sebagian orang takut kalau kerja paruh waktu nanti terganggu waktu kuliahnya. Tapi jangan khawatir, karena banyak yang menyediakan kerja dengan waktu fleksibel. Jadi kamu bisa menyesuaikan waktu kerja dengan jadwal kuliah. Dan biasanya kamu akan diberikan dispensasi kalau ada ujian atau kepentingan kampus.

3. Belajar memasuki dunia kerja

Credit: workflexibility.org

Ketika sudah menjadi mahasiswa, artinya kamu sudah harus mulai berpikir dan bertindak dewasa. Dengan merasakan kerja paruh waktu, kamu bisa belajar lebih awal untuk berada di dalam lingkungan kerja. Dan kamu dapat merasakan bagaimana kehidupan di dunia kerja.

4. Belajar mandiri

Credit: idntimes.com

Jika kamu sudah bekerja paruh waktu dan mendapatkan hasil dari kerja keras kalian. Berbangga lah, karena dengan begitu kamu bisa belajar menjadi mandiri sedikit demi sedikit, sampai nantinya kamu harus benar- benar mandiri dan menanggup hidup orangtua atau keluargamu.

5. Belajar memahami manajemen

Credit: corporatefinanceinstitute.com

Ketika kamu kuliah sambil kerja paruh waktu, kamu harus bisa mengatur waktu dan prioritasmu. Jika kamu sudah mulai melamar kerja, kamu harus bisa berkomitmen dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang kamu lakukan. Tetapi, jangan karena sudah kerja, kamu jadi lupa sama tugas dan hal Pendidikan lainnya, ya!

6. Menambah pengalaman

Credit: careeraddict.com

Kamu akan tahu bagaimana sulitnya mencari uang dan kamu juga akan lebih menghargai cara menggunakan uang tersebut karena tahu gimana sulitnya mencari uang.  Selain itu, pengalaman kerjamu akan bertambah, sehingga saat kamu kerja full time nanti kamu sudah memahami situasi di dunia kerja.

Jadi bagi kamu yang sedang kuliah sambil kerja paruh waktu, jangan malu ya! Justru kamu harus bangga karena sudah bisa mencari uang sendiri. Tetapi, jangan lupa untuk tetap memprioritaskan kuliah dan tanggung jawabmu ya.

 

Featured Image - proofhub.com