I hate Monday!

Sepertinya ungkapan tersebut sering dilontarkan oleh para pekerja, ya? Memang, bukan rahasia lagi kalau Senin menjadi hari yang tidak disukai oleh sebagian orang.

Dikutip dari Kumparan, menurut informasi yang dilansir dari Huffington Post, ahli neuroscience dan penulis buku ‘Life With Breath’ Ed Harrold mengatakan bahwa sebenarnya bukan hari Senin itu sendiri, lho. Melainkan persepsi orang-orang mengenai apa yang akan mereka jalani di hari tersebut.

Yap, Senin identik dengan hari dimulainya suatu siklus pekerjaan atau siklus kehidupan baru setelah menikmati akhir pekan.

Tapi, jangan sampai kamu terlena dalam Monday blues, ya! Hari Senin tidak selamanya buruk, kok. Di waktu tersebut kamu bisa memulai pekerjaan baru – bahkan, membuat diri lebih produktif dan semangat dalam bekerja.

Berikut ini tips produktif di hari Senin, biar kamu gak sering bilang ‘I hate Monday’ lagi!

 

 

1. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hal Tanpa Terburu-buru

Credit Image - goodrx.com

Ada banyak hal yang harus dilakukan pada Senin pagi. Misalnya saja membuat sarapan, menyiapkan bekal untuk anak sekolah atau memeriksa dokumen rapat mingguan. Terkadang, hal ini semua dilakukan dengan terburu-buru sehingga menyulitkan Anda untuk beraktifitas.

Dilansir Fast Company, ada baiknya luangkan waktu sekitar satu jam untuk melakukan hal yang harus diselesaikan sebelum kamu berangkat kerja. Dengan demikian, kamu pun bisa mengatur waktu lebih cermat dan membuat Senin lebih produktif.

Jika ada waktu lebih untuk mempersiapkan diri, maka, kamu juga bisa melakukan sedikit me-time, misalnya menyeruput kopi sambil membaca berita, merias wajah tanpa terburu-buru, atau mempersiapkan pakaian yang ingin dipakai. Ini merupakan cara yang baik untuk mengawali hari Senin, kan?

 

2. Membuat Daftar Pekerjaan yang Harus Diselesaikan

Dilansir dari Kumparan, penulis buku 'Awaken the Giant Within' sekaligus motivator Tony Robbins memiliki satu teknik yang bisa membuat Senin kamu lebih produktif, 'Chunking' namanya. Apa maksudnya?

Nah, teknik tersebut mengharuskan kamu membuat daftar pekerjaan atau semacam to-do list yang harus kamu lakukan di hari Senin hingga Jumat. Setelah itu, kelompokkan hal-hal yang bisa dilakukan bersamaan agar lebih menghemat waktu.

Membuat daftar ini memudahkanmu dalam menyelesaikan pekerjaan dan memacu semangat Anda agar lebih produktif. Bonusnya, pekerjaan bisa terselesaikan di hari Jumat, dan kamu bisa menikmati akhir pekan dengan tenang tanpa 'dihantui' pekerjaan yang belum selesai.

 

3. Membuat Agenda Usai Jam Kerja

Credit Image - jefit.com

Dalam satu minggu, cobalah untuk merencanakan agenda yang ingin kamu lakukan setelah pulang kerja. Misalnya bertemu teman lama sambil makan malam, pergi ke gym untuk mengikuti kelas olahraga, atau langsung pulang ke rumah sambil berendam air hangat dengan campuran essential oil yang menenangkan.

Intinya, apapun agenda yang akan kamu lakukan, jadikanlah itu sebagai pemicu semangat dalam menyelesaikan pekerjaan yang kamu kerjakan, ya!

 

4. Lakukan Hal yang Menyenangkan dengan Tim

Berkumpul dengan tim satu divisi tak hanya dilakukan saat rapat saja, lho. Kamu bisa mengajak mereka untuk makan siang bersama, makan malam yang dilanjutkan dengan menonton bioskop, atau berolahraga bersama di hari Senin.

Dengan demikian, kamu pun menjadi lebih produktif dan kekompakan tim tetap terjaga, kan?

 

5. Istirahat Selama 10 Menit Setiap 2 Jam Kerja

Credit Image - liputan6.com

Di hari Senin, biasanya banyak pekerjaan baru berdatangan yang harus segera diselesaikan. Agar kamu tetap produktif, cobalah ambil waktu istirahat selama 10 hingga 15 menit setiap dua jam sekali.

Waktu istirahat tersebut bisa kamu manfaatkan untuk meregangkan tubuh, membuat kopi, menghirup udara segara atau berbincang dengan rekan kerja. Usahakan untuk tidak melihat laptop dan handphone selama istirahat agar pikiranmu tidak terdistraksi.

 

6. Mendapatkan Asupan Bergizi Biar Makin Semangat

Ketika menghadapi hari Senin, sepertinya kamu dituntut untuk lebih maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan adanya rasa malas – atau sebel akibat Monday blues, hal ini mungkin lebih sulit untuk dilakukan, ya?

Tenang, sebagai solusinya, kamu dianjurkan untuk mendapat asupan makanan bergizi kaya vitamin dan mineral. Karena, kedua mikronutrien tersebut memiliki peran penting dalam menjaga energi tubuh, sehingga kamu bisa beraktivitas secara optimal.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dari mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan lengkap.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak gampang lelah, serta menjaga daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Tenang, kandungan vitamin C dalam Enervon Active ramah di lambung yang sensitif, kok!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas seharian.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Masih suka malas bekerja di hari Senin – dan akhirnya menjadi kurang produktif? Yuk, jangan biarkan hal tersebut terulang lagi. Terapkan tips di atas biar produktivitas tetap terjaga sepanjang hari kerja. Jadi, sudah siap menghadapi hari Senin, kan?

 

 

Featured Image – glamourmagazine.co.uk

Source – kumparan.com