Sekarang ini, banyak kantor yang didesain dengan konsep open plan atau meja terbuka. Di area open space, meja tersebut berukuran besar dan digunakan oleh banyak orang tanpa adanya sekat pemisah.

Para karyawan bisa mengobrol sembari bertatap muka sepanjang waktu. Keseluruhan desain ruang kerja model open plan ini lebih minimalis dan modern. Tapi, tidak semua kantor cocok menerapkan konsep ini.

Lalu, bagaimana cara lain untuk menata ruang kerja kantor yang sesuai dengan kebutuhan masing- masing? Berikut ini ulasannya.

1. Konsep cubicle serbagai alternative

Credit: interiorconcepts.com

Kunsep cubicle ini bisa dibilang yang paling umum digunakan kantor- kantor. Di antata pekerja, terdapat sekat pemisah, dan biasanya masing- masing cubicle dilengkapi dengan rak dan tempat penyimpanan barang pribadi.

Konsep desain ini bisa membuat pekerja lebih berkonsentrasi dan dokumen penting pun bisa disimpan dengan baik. Selain itu, pemilik cubicle juga bisa menghias areanya sesuka hati.

Namun sayangnya, kantor dengan konsep cubicle ini membuat para pekerja jadi lebih sulit untuk berkomunikasi satu sama lainnya dan ruangan pun terlihat lebih sempit. Kantor dengan cubicle saat ini sudah ada banyak piliha, seperti model kotak- kotak, melingkar, dan ada juga yang segi enam. Jadi, jangan takut desain ruang kerja kantor akan terlihat jadul atau monoton.

2. Kantor dengan desain panorama

Credit: alluremedia.com.au

Sesuai dengan namanya, desain ruang kerja kantor model panorama ini memang dibuat jadi seindah mungkin. Panorama yang dimaksud adalah taman dalam ruangan. Bentuknya dapat berupa taman vertikal, deretan pot, kolam air terjun mini, dan lain sebagainya.

Keunggulan dari ruang kerja kantor berkonsep panorama ini adalah suasana jadi lebih rileks dan menyegarkan. Para karyawan pun jadi semakin semangat. Tapi, biaya perawatannya cukup tinggi dan ada kemungkinan karyawan yang alergi terhadap tanaman tersebut.

Apa pun desain ruang kerja kantornya, tetap perhatikan hal berikut ini

Credit: inc.com

Saat kamu menggunakan konsep tata ruang kerja kantor open plan, cubicle, atau bahkan panorama pastikan untuk tetap menempatkan pekerja dengan tepat. Satukan para karyawan dari satu divisi di area yang berdekatan agar komunikasi lebih efisien.

Selain itu, gunakan furniture yang ringan namun tetap kuat. Jadi, jika nanti tata ruang kantornya akan diubah, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Dan jangan lupa untuk mengatur posisi kabel serta colokan listrik pada tempat yang strategis. Jangan sampai menghalangi jalur lalu- Lalang atau tertimpa furniture.

 

Featured Image - crewcare.co.nz