Jajanan di pinggir jalan memang terlihat menggoda, terutama ketika kamu sedang lapar. Namun sayangnya, jajanan pinggir jalan ini lekat dengan image yang tidak bersih dan tidak sehat. Jika salah memilih jajanan, kamu malah bisa terkena penyakit.

Berbagai kuman penyakit, terutama yang menyerang saluran pencernaan sangat mungkin ada di dalam jajanan di pinggir jalan yang tidak bersih.

Tapi jangan khawatir! Kamu tetap bisa kok membeli jajanan yang bersih dan sehat. Mau tau bagaimana tips memilih jajanan sehat dipinggir jalan? Simak ulasannya.

1. Pilih lokasi

Credit: dream.co.id

Hal pertama untuk memilih jajanan sehat di pinggir jalan adalah dengan memastikan makanan dijual di tempat yang higienis. Kalau memungkinkan pilihlah makanan yang tertutup. Karena jika makanan tidak ditutup sama sekali dengan kain atau boks kaca, debu akan sanat mudah masuk dan menempel ke dalam makanan.

2. Cek kebersihan makanan

Credit: utakatikotak.com

Jika memungkinkan, coba intip setiap bahan makanan yang diolah atau yang akan disajikan. Apabila bahan makanan yang digunakan terlihat kotor atau berjamur, sebaiknya segera hindari membeli makanan tersebut. Makanan yang terbuat dari bahan kurang bersih dapat menyebabkan masalah serius pada sistem pencernaan.

3. Bawa peralatan makan sendiri

Credit: kumparan.com

Tips berikutnya untuk memilih jajanan sehat di pinggir jalan adalah membawa peralatan makan sendiri. Jika si penjual memiliki tempat mencuci dengan air mengalir dan sabun, maka tidak apa jika kamu menggunakan alat makan dari penjual.

Namun, jika peralatan makan hanya dicuci dalam ember yang airnya jarang diganti, sebaiknya kamu gunakan peralatan makan sendiri. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuhmu.

4. Lihat proses memasaknya

Credit: today.line.me

Beberapa jajanan dipinggir jalan dimasak langsung begitu kamu memesan. Nah, jadi kamu bisa melihat proses memasaknya. Mulai dari alat yang digunakan sampai cara si penjual memasak. Jika terlihat bersih dan benar, tidak ap ajika kamu membeli jajanan tersebut. Namun, kalau kuali atau sodet yang dipakai sudah gosong dan terlihat jarang dibersihkan, sebaiknya hindari membeli jajanan tersebut.

 

Jika kamu penggemar jajanan di pinggir jalan, maka sebaiknya lakukan tips tersebut agar tetap sehat. Meski begitu, kamu juga harus membatasi kebiasaan jajan di pinggir jalan, karena pada umumnya jajanan pinggir jalan banyak mengandung gula dan pewarna makanan. Jadi, lebih baik konsumsi makanan yang diolah sendiri di rumah yang tentunya lebih sehat dan kebersihannya terjamin.

 

Featured Image - tribunnews.com