Bukan rahasia lagi kalau flu dan batuk merupakan penyakit langganan yang dapat menyerang siapa saja. Apalagi, di musim yang tak menentu – jika kamu tak menjaga kesehatan dengan baik, wah, penyakit satu ini bisa lebih mudah menyerang, lho.

Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Tenang, ada berbagai cara mencegah flu yang dapat kamu lakukan, kok!

Sebenarnya, flu maupun batuk bisa muncul secara bersamaan, karena ekstra lendir yang diproduksi paru sudah naik hingga ke tenggorokan. Kalau sudah begini, tentu saja tidak nyaman – dan akan mengganggu aktivitas harian.

Nah, berikut ini 7 cara mencegah flu yang penting untuk diketahui. Yuk, simak ulasannya!

 

 

1. Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun

Credit Image - houstonmethodist.org

Wajib kamu ketahui bahwa tangan mampu menjadi rumah bagi kuman penyebab penyakit. Tercatat, terdapat kurang lebih 5 ribu bakteri yang hidup di permukaan tangan. Oleh karena itu, seseorang bisa saja rentan jatuh sakit kalau jarang cuci tangan.

Cuci tangan adalah salah satu cara paling jitu untuk mencegah penularan flu dan batuk. Namun caranya tentu tidak cukup hanya dengan membasuh menggunakan air saja, lho. Cara tepat mencuci tangan, yaitu dengan menggosokkan telapak tangan dengan sabun selama 60 detik, atau 30 detik dengan hand sanitizer berbasis alkohol.

Salah satu tips sederhana lainnya adalah tidak berjabat tangan dengan orang yang sakit karena terdapat kemungkinan bahwa orang yang batuk dan bersin akan menutup mulut dengan kedua telapak tangan mereka.

Untuk itu, hindari berjabat tangan dengan orang yang sakit batuk atau pilek untuk mencegah penularan batuk dan pilek, ya!

 

2. Istirahat yang Cukup

Cara mencegah flu berikutnya, yaitu dengan mendapat waktu istirahat yang cukup setiap malamnya.

Beraktivitas boleh saja, tapi sebisa mungkin jangan sampai memforsir tubuh tanpa rehat sama sekali. Selain membuatmu cepat stres, kesibukan tanpa batas akan menyebabkan kamu kekurangan waktu tidur. Memang, kesibukan berlebihan seringkali memicu kurangnya jam tidur. ya?

Kurangnya jam tidur memicu stres yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan akibat turunnya kinerja sistem imunitas tubuh.

Studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam hampir tiga kali lebih rentan terhadap pilek dibandingkan dengan orang yang tidur cukup delapan jam sehari.

Jadi, pastikan kamu cukup tidur setiap malam sebagai salah satu cara mencegah tertular penyakit, termasuk flu. Tidur cukup akan membantu tubuh mengisi ulang stamina untuk keesokan hari. Dengan demikian, kamu bisa lebih kebal dari berbagai macam penyakit.

 

3. Rutin Berolahraga, Yuk!

Credit Image - astronauts.id

Olahraga satu menit setiap hari saja bisa membawa dampak positif yang nyata dalam hidupmu, lho. Gak percaya?

Rutin melakukan aktivitas fisik dapat membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan metabolisme, membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan, dan meningkatkan mood sehingga pada akhirnya ikut meningkatkan stamina tubuh.

Selain menjadi bagian dari cara mencegah terserang flu dan batuk, olahraga membantu mengurangi stres emosional, meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat wajah dan tubuh lebih segar.

Ada banyak olahraga ringan yang bisa kamu pilih jika ingin mulai mencoba hidup lebih sehat, misalnya joging atau jalan kaki. Semakin rutin berolahraga, semakin besar manfaat yang didapat. Durasi olahraga yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI adalah 30-45 menit sehari, sebanyak 3-5 kali seminggu.

 

4. Konsumsi Makanan Bergizi dan Hidrasi Tubuh

Cara mencegah flu lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi sekaligus mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lengkapilah kebutuhan gizi harianmu dengan asupan nutrisi seperti antioksidan yang didapatkan melalui vitamin C, buah, maupun sayur.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi jamur dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Orang yang makan jamur shitake yang dimasak setiap hari selama satu bulan menunjukkan adanya peningkatan produksi sel limfosit T yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, jamur bisa menjadi makanan yang baik untuk mencegah gejala flu, lho.

Kemudian, cukup minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah gejala-gejala flu. Kebutuhan cairan yang direkomendasikan bagi orang dewasa sehat adalah dua liter per hari, ya!

 

5. Hindari Menyentuh Area Wajah, Ya!

Credit Image - klikdokter.com

Cara mencegah flu lainnya yang sering diremehkan beberapa orang adalah dengan tidak sering-sering menyentuh wajah, terlebih lagi jika kamu belum cuci tangan. Virus flu memasuki tubuh melalui lapisan mukosa di mata, hidung, dan mulut.

Itu sebabnya, kamu tidak dianjurkan untuk menyentuh wajah, karena kamu tidak mengetahui apakah di tangan terdapat virus penyebab batuk dan pilek atau tidak.

Jika ada teman atau anggota keluarga di rumah yang sedang sakit, ada baiknya batasi interaksi langsung dengan orang tersebut. Kamu bisa meminta mereka memakai masker saat flu dan beristirahat dulu sampai benar-benar pulih.

 

6. Mendapat Vaksinasi Influenza

Cara mencegah flu lainnya yang tidak kalah penting adalah mendapatkan vaksinasi influenza.

Sesuai rekomendasi Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) tahun 2017, vaksin influenza merupakan vaksin yang direkomendasikan sebanyak 1 dosis setiap tahunnya kepada kelompok usia 19 tahun hingga usia di atas 65 tahun.

Mendapat vaksin flu memang penting, namun, karena saat ini vaksinasi Covid-19 masih digencarkan. Pastikan kamu mendapatkannya secara bergantian, ya. Selain itu, jika sedang flu ada baiknya kamu menunda vaksinasi Covid-19 hingga kembali pulih.

 

7. Konsumsi Vitamin untuk Memaksimalkan Imunitas

Credit Image - eatthis.com

Yang terakhir, jangan lupa penuhi kebutuhan vitamin agar daya tahan tubuh semakin kuat. Tentunya, hal ini salah satu cara mencegah flu yang tak kalah pentingnya, lho. Imunitas berperan untuk melawan virus yang ada di dalam tubuh, sehingga kamu bisa menjadi cepat sembuh.

Untuk meningkatkan kekebalan, pastikan kamu sudah mendapat asupan nutrisi lengkap. Tidak hanya dari makanan saja, namun kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya yang memiliki kandungan vitamin C. Nah, kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon Active secara rutin, ya!

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Deretan cara mencegah flu di atas sepertinya mudah diterapkan – dan bisa dijadikan kebiasaan sehat, kan? Yuk, lakukan tips di atas agar kamu terhindar dari berbagai penyakit, termasuk flu dan batuk!

 

 

Featured Image – halodoc.com

Source – hellosehat.com