5 Ide Usaha Anak Muda, Minim Modal Tapi Menguntungkan

5 Ide Usaha Anak Muda, Minim Modal Tapi Menguntungkan

Milenial maupun Gen Z, yuk, kumpul!

Bagi kedua generasi di atas, melakoni bisnis menjadi salah satu pilihan utama dalam mendapatkan penghasilan, kan? Meski hasilnya menggiurkan, namun, masih banyak yang maju-mundur membuka hanya karena bingung dalam memilih bidang usaha.

Selain itu, banyak pula yang beranggapan kalau modal kecil tidak bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Hal tersebut salah, lho. Pasalnya, masih banyak jenis usaha anak muda dengan minim modal – dan berpotensi laku di pasaran.

Ingat, modal bukanlah satu-satunya faktor kesuksesan bisnis yang dijalani. Kini, usaha kecil pun dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Misalnya, dengan modal usaha 1 juta saja, ada banyak peluang bisnis yang dapat dijalani.

Untukmu generasi milenial dan gen Z, berikut ini deretan ide usaha anak muda minim modal yang dapat dijadikan pilihan. Simak informasinya, yuk!

 

 

1. Bisnis Makanan untuk Sarapan

5 Ide Usaha Anak Muda, Minim Modal Tapi Menguntungkan

Credit Image - hungryonion.org

Sekarang tidak sedikit orang yang memiliki rutinitas pagi yang padat. Banyak yang harus berangkat ke kantor beberapa jam sebelum waktunya masuk kantor demi tidak datang terlambat. Hasilnya, tidak ada lagi waktu untuk menyiapkan sarapan setiap pagi untuk diri sendiri maupun keluarga.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat potensial, lho. Masa sih? Ya, kamu dapat menawarkan menu sarapan pagi seperti bubur ayam, nasi uduk atau nasi kuning. Bahan-bahan yang digunakan dan cara membuat menu sarapan tidaklah sulit.

Nah, dengan modal usaha 1 juta kamu dapat meraup keuntungan yang cukup setiap harinya, kan?

 

2. Bisnis Camilan atau Makanan Ringan

Ide usaha anak muda selanjutnya adalah bisnis camilan. Seperti diketahui, makanan ringan memang diminati berbagai kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Dari mulai pelajar dan pekerja banyak yang menyukai makanan ringan untuk camilan dikala melakukan aktivitas.

Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang dan ubi pun banyak diminati. Membuat keripik singkong beraneka rasa bisa menjadi pilihan bisnis dengan minim modal usaha.

Sebagai contoh, membuat 200 bungkus keripik anda cukup membutuhkan 8-10 kg singkong yang kemudian diolah dan diberi berbagai macam bumbu. Bahkan modal usaha yang satu ini hanya memerlukan modal beberapa ratus ribu saja.

JIka kamu adalah karyawan swasta atau pelajar, maka kamu dapat mulai menjajakan dagangan kepada rekan-rekan atau teman terdekat dengan jaminan rasa dan kualitas.

 

3. Bisnis Dropship

5 Ide Usaha Anak Muda, Minim Modal Tapi Menguntungkan

Credit Image - linnworks.com

Memulai bisnis dropship bukan lagi bisnis dengan modal kecil, bahkan bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal. Siapapun bisa menjalankan bisnis ini bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot memproses pengiriman produk dan melakukan update stock. Bisnis dropship bisa menjadi pilihan untukmu yang baru memulai menjalankan bisnis kecil-kecilan dengan minim modal usaha.

Sistem dropship yang harus diketahui cukup sederhana. Kamu hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesanan serta membayarkan uang dari pembeli ke penjual.

Meskipun terlihat mudah, usaha ini tidak dapat dianggap sepele. Sebagai seorang dropshipper kamu juga harus memahami spesifikasi barang yang dijual dan memilih supplier terpercaya. Hal ini sangat mempengaruhi reputasi bisnis dan kualitas produk yang akan kamu jual.

 

4. Usaha Aneka Minuman Kekinian

Sepertinya, bisnis minuman kekinian tidak ada matinya, ya? Untuk itu, ide usaha anak muda satu ini wajib kamu jadikan pertimbangan. Tapi biar memiliki ciri khas, kamu bisa menciptakan minuman kreasi sendiri. Nah, kamu bisa mulai menciptakan trend minuman, misalnya menjual kopi khas racikan darimu.

Contohnya, ditengah maraknya beraneka ragam minuman kopi, kamu bisa memasarkan kopi racikan sendiri dengan beberapa campuran bahan lain seperti coklat, susu bahkan rasa buah-buahan. Untuk memulai bisnis minuman kekinian, kamu bisa memulai dengan modal usaha 1 juta, lho!

 

5. Menjual Aksesoris atau Pernak-Pernik Wanita

5 Ide Usaha Anak Muda, Minim Modal Tapi Menguntungkan

Credit Image - theeverygirl.com

Usaha menjual atau membuat aksesoris wanita bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan ada banyak produk yang dapat ditawarkan, mulai dari aksesoris rambut, pakaian dan perhiasan.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis aksesoris atau pernak-pernik wanita tidaklah banyak, kok! Kamu dapat memulai dengan modal usaha 1 juta atau 2 juta tergantung aksesoris yang hendak dijual. Kemudian, kamu dapat mulai memasarkan produk dari orang-orang terdekat. Pilih produk yang banyak digemari wanita atau sedang populer pada saat ini.

 

6. Tips Sukses Menjalani Bisnis

Kalau kamu sudah tahu rekomendasi ide usaha anak muda yang minim modal – dan tentunya punya peluang sukses yang besar, kini, kamu juga harus memahami cara sukses dalam menjalani bisnis itu sendiri.

Untukmu para pemula, ini beberapa tips berbisnis yang perlu diketahui.

  • Fokus pada satu peluang bisnis terlebih dahulu, ya. Dengan begitu, seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah.
  • Pilihlah jenis bisnis yang kamu sukai.
  • Kuasasi segalanya tentang bisnis yang akan kamu jalani.
  • Selalu mau belajar dari orang lain untuk menambah ilmu.
  • Tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik.
  • Belajar dari kegagalan. Ingat, jangan pantang menyerah!

Yang terakhir, untuk sukses memang harus bekerja kerja, namun jangan lupa bahwa menjaga kesehatan juga termasuk tanggung jawabmu, lho. Dengan kamu menjaga kesehatan, percayalah apapun yang kamu kerjakan akan lebih produktif. Atur pola makan, berolahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan.

Dan untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, termasuk dalam menjalani usaha anak muda, kan?

Dan yang tak kalah pentingnya, kandungan vitamin C di dalam Enervon Active bakal menguatkan kekebalan tubuhmu, sehingga tak gampang terserang penyakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah berbagai ide usaha anak muda yang dapat dijadikan pilihan. Kalau kamu, tertarik menjalani bidang bisnis yang mana, nih?

 

 

Featured Image – grab.com

Source – cimbniaga.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!