Menjaga kekebalan tubuh menjadi hal yang penting, apalagi selama masa pandemi. Dengan menjaga imunitas, maka risiko terkena penyakit pun semakin rendah.

Salah satu cara meningkatkan imunitas, yaitu memerhatikan asupan makanan. Dilansir dari Verywell Family, kandungan gizi dalam makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan, yaitu antioksidan – seperti makanan kaya vtamin C, protein, vitamin B12, dan folat.

Antioksidan merupakan zat penting untuk memelihara kesehatan sistem kekebalan yang baik untuk membantu mencegah infeksi dan penyakit. Sementara itu, protein, vitamin B12, dan folat berperan penting untuk mendukung sel darah putih dalam melakukan tugasnya melawan bakteri dan virus dalam tubuh.

Jadi, apa saja makanan yang mengandung sejumlah nutrisi tersebut? Berikut ini ulasannya.

 

 

Ikan

Credit Image - parenting.firstcry.com

Beberapa jenis ikan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu tuna, salmon, dan makarel. Ketiganya memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan lemak sehat lainnya yang membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih.

Selain itu, omega-3 juga memiliki peran penting dalam produksi senyawa yang mengatur kekebalan dalam tubuh dan membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat reaksi berlebihan terhadap infeksi.

 

Yogurt

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan aktif di dalam yoghurt dapat melindungi saluran usus dari penyakit gastrointestinal dan meningkatkan ketahanan terhadap penyakit yang berhubungan dengan kekebalan, seperti infeksi hingga kanker.

Tak hanya itu, yoghurt juga menjadi sumber protein yang baik dan bermanfaat bagi tubuh untuk membuat sel darah putih.

 

Kacang-kacangan

Credit Image - healthline.com

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral, seperti vitamin E, asam lemak omega-3, dan zinc. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang dapat menurunkan risiko penyakit kronis.

 

Buah Berries

Buah beri-berian, seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan lain sebagainya memiliki kandungan vitamin C dan bioflavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan mencegah cedera pada sel tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih tinggi, kamu dapat mencampurkan berbagai jenis beri dalam satu porsi dibanding hanya mengonsumsi satu jenis saja.

 

Cokelat

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat secara positif mempengaruhi berbagai aspek sistem kekebalan tubuh serta bertindak sebagai antioksidan kuat.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat dapat mengurangi risiko penyakit jantung, membantu meningkatkan kolesterol baik, dan mungkin memulihkan pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes.

 

Makanan Tinggi Vitamin C

Yang terakhir, kamu juga dapat mengonsumsi makanan tinggi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti diketahui, vitamin C memiliki manfaat dalam menguatkan kekebalan tubuh, serta melindunginya dari stres oksidatif. Tentunya ini sangat bermanfaat ya, apalagi di musim dengan cuaca yang tidak menentu sekarang ini.

Menurut penelitian, stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antioksidan sehat dan zat berbahaya yang disebut radikal bebas dalam tubuh kita. Stres oksidatif ini dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan, diantaranya stroke, kanker, dan diabetes.

Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti lemon, stroberi, blueberry, tomat, brokoli, paprika, serta sayuran hijau, seperti dilansir dari National Institute of Health.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin C juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi multivitamin kandungan lengkap, seperti rangkaian multivitamin dari Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Dengan kandungan vitamin C di dalam Enervon Active, ini akan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa disebabkan oleh polusi udara.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Jadi, itulah deretan makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain mengonsumsi makanan tersebut, imbangi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

 

 

Featured Image – 1news.co.nz

Source – kumparan.com