Bagi kamu pegawai kantor pasti sudah paham tentang aturan bekerja 8 jam sehari. rutinitas ini harus dijalani sebagai bentuk tanggung jawab. Tetapi, ternyata di jaman sekarang ini bekerja selama 8 jam sehari sudah dianggap tidak efektif.

Mengapa demikian? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Lama kerja tidak menentukan produktivitas

Credit: swara.tunaiku.com

Saat ini teknologi sudah mengubah banyak hal. Perkembangan teknologi inilah yang menjadi salah satu sebab produktivitas tidak terkait dengan berapa lama bekerja. Dengan kata lain, lama kerja tidak berbanding lurus dengan produktivitas yang dihasilkan.

Seorang pekerja harus bisa fokus terhadap apa yang ia kerjakan. Jika bisa menghasilkan kualitas yang sama hanya dengan 4 jam kerja, maka tidak perlu menghabiskan waktu 8 jam. manSelama tugas yang diberikan bisa selesai, maka karyawan seharusnya bebas untuk mengerjakannya kapan saja dan dimana saja.

2. Jam produktif setiap orang berbeda

Credit: dream.co.id

Manusia memiliki ciri yang tidak bisa disamaratakan, termasuk untuk waktu kerja yang paling produktif untuk dirinya. Menyamakan setiap karyawan untuk datang ke kantor pagi hari dan pulang sore hari sudah dianggap tidak lagi efektif.

Dunia kerja membutuhkan kualitas dan kecepatan, sheingga tidak perlu kapan kamu punya waktu dan kapan kamu bisa menyelesaikan pekerjaan, yang akan dinilai adalah hasilnya.

3. Konsentrasi otak manusia untuk bekerja tidak sampai 1 jam

Credit: doktetsehat.com

Setiap manusia memiliki kapasitas. Kamu tentu tidak akan mampu bekerja terus menerus tanpa jeda. Menurut penelitian, rasio idel konsentrasi otak manusia untuk bekerja adalah 52 menit, sedang 17 menit setelahnya dibutuhkan untuk beristirahat.

Menerapkan rasio kerja seperti standar diatas, dapat meningkatkan fokus pada karyawan. Dan hal ini akan berdampak pada efektiftas waktu dan produktivitas kerjanya.

4. Mengatur energi lebih penting daripada mengatur waktu

Credit: liputan6.com

Pekerja seharusnya mengatur energi yang mereka miliki, bukan jam kerja yang harus dialokasikan. Ini artinya, setiap pekerja harus bisa menempatkan dirinya, kapan untuk bekerja dan kapan untuk mengisi energi.

 

Kerja 8 jam sehari di jaman sekarang ini memang sudah tidak lagi efektif. Selain karena sudah ada perkembangan teknologi, kebutuhan manusia diluar urusan kerja juga menjadi perhatian. Yang perlu diingat adalah manusia bukan mesin yang bisa bekerja sepanjang waktu dan manusia memiliki siklus tubuhnya sendiri.

Jadi, bukan lagi soal waktu yang dibutuhkan saat ini, tetapi kinerja yang maksimal atau seberapa efektifnya pekerjaan itu bisa diselesaikan.

 

Featured Image - dailysocial.id