Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, Pulau Kalimantan sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata serta pemandangan alam yang indah, namun belum diketahui oleh banyak orang. Salah satunya, adalah wisata di daerah Kalimantan Selatan.

Saat ini, Kalimantan Selatan memiliki tempat wisata yang bertaraf internasional. Apa saja wisata tersebut? Yuk, simak ulasannya.

1. Geopark Meratus

Credit: merahputih.com

Tempat wisata ini merupakan tempat untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati. Beberapa vegetasi yang ada di Geopark Meratus adalah meranti putih, meranti merah, agathis, kanari, dan nyatoh.

Lokasi Geopark Meratus sendiri meliputi tiga wilayah yaitu Kalimatan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Jangan lupa berkunjung kesini ya kalau lagi berlibur ke Kalimantan!

2. Pasar Terapung Lok Baintan

Credit: befren.com

Pasar terapung menjadi salah satu daya Tarik utama wisatawan domestic maupun internasional. Setiap pagi, kamu bisa melihat kegiatan jual beli di atas perahu.

Kamu bisa menyewa perahu mengaruhi Sungai Martapura dari Banjarmasin. Jarak tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat kota. Beberapa titik untuk menyewa perahu berada di Kodim, Siring Sungai Martapura, dan Kuin.

3. Danau Biru Pengaron

Credit: tribunnews.com

Alam yang indah membuat Kalimantan Selatan menjadi pilihan wisatawan untuk berkunjung. Bagi kamu yang ingin melihat danau, kamu bisa mengunjungi Kabupaten Banjar. Disana, kamu akan melihat air berwarna biru yang bisa membuatmu takjub.

Namun, karena tempat ini bekas tambang, jadi struktur tanahnya labil dan cukup berbahaya. Meski begitu, Danau Biru Pengaron punya perpaduan formasi tebing dan pepohonan yang bagus untuk dijadikan spot foto, lho.

4. Festival Budaya Wisata Pasar Terapung

Credit: hasanzainuddin.wordpress.com

Festivas Budaya WIsata Pasar Terapung merupakan salah satu festivas unggulan yang masuk dalam Calendar of Event Kemenpar.

Festival ini dirancang dengan memadukan kebudayaan dan pariwisata. Dalam acara ini, kamu akan disuguhkan budaya sungai di Kalimantan Selatan. Dan festival ini dilaksanakan dalam rangka mendukung gerakan Visit Kalsel 2020, lho.

5. Sungai Barito

Credit: kumparan.com

Sungai di Kalimantan Selatan ini cukup indah untuk dieksplorasi. Di Sungai Barito kamu bisa melihat jembatan megah yang sering digunakan untuk bridge jumping. Selain itu, terdapat warung makan yang siap memanjakan perutmu ketika lapar.

Dan kamu bisa singgah ke sebuah pulai kecil yang berada di bawah jembatan. Kamu bisa mengunjunginya dengan naik perahu motor.

6. Pulau Kembang

Credit: kumparan.com

Jika kamu mengunjungi Sungai Rangas, jangan lupa mampir ke Pulau Kembang. Cukup dengan naik perahu selama 15 menit, kamu akan sampai ke tujuan. Disana terdapat sebuah kuil dan altar berbentuk monyet di dalamnya. Tiket masuk Pulau Kembang juga relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.000 per orangnya.

 

Itu dia tujuan wisata di Kalimantan Selatan yang bertaraf internasional. Yuk, jangan lupa untuk selalu menjaga dengan baik daerah wisata tersebut.

 

Featured Image - tribunnews.com