Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang perlu dijadikan rutinitas sehari-hari, karena dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Tidak hanya di pagi, sore, atau malam hari saja, tetapi aktivitas fisik pun juga bisa dilakukan di sela-sela kegiatan lain, misalnya sehabis makan.

Biasanya setelah makan perut akan terasa penuh. Untuk mengurangi rasa begah tersebut, maka kamu pun bisa melakukan aktivitas fisik yang ringan. Namun ingat, jangan terburu-buru – atau salah waktu, ya, karena alih-alih mengurangi begah, kamu malah bisa muntah!

Idealnya, kamu perlu menunggu selama 30 menit sampai 1 jam setelah makan snack sebelum berolahraga. Sedangkan, jika makan besar, kamu disarankan menunggu selama 1 sampai 2 jam setelah makan.

Lalu, bagaimana dengan jenis olahraga yang bisa dilakukan setelah makan? Seperti yang sudah disebutkan, kamu disarankan melakukan aktivitas fisik yang ringan saja, termasuk kelima jenis olahraga di bawah ini. Yuk, simak informasinya!

 

 

1. Jalan Kaki Sembari Bersantai Sekaligus Buat Relaksasi

Credit Image - popbela.com

Pilihan olahraga setelah makan yang pertama, yaitu berjalan kaki. Sudah bukan rahasia lagi, kalau jenis aktivitas fisik yang satu ini memiliki banyak manfaat baik – termasuk menguatkan imunitas tubuh, asalkan dilakukan dengan benar yaitu memiliki ritme yang teratur dan tidak banyak berhenti. 

Olahraga ini juga bisa langsung dilakukan sesaat setelah makan. Kamu bisa jalan keliling komplek atau keliling kantor jika ingin warm workout di jam kerja.

 

2. Jogging untuk Mengurangi Rasa Kenyang

Setelah makan menu yang berat, kamu bisa melakukan jogging untuk membantu proses pencernaannya, demikian menurut Health Guide. Jogging bisa meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di tubuh. 

Nah, jogging juga jadi pilihan yang lebih sehat dari sekadar tiduran setelah makan siang, atau duduk diam sambil main ponsel saja. 

 

3. Olahraga Lari, Tapi Dilakukan 30 Menit Setelah Makan

Credit Image - liputan6.com

Ingin olahraga yang lebih banyak menghasilkan keringat? Cobalah lari setelah makan. Tentu tidak bisa langsung, kamu harus menunggu setidaknya 30 menit setelah makan. Kamu bisa memulainya dengan jalan santai dan dilanjutkan dengan jogging. Jika merasa sudah cukup 'panas', maka bisa mulai berlari. 

 

4. Bersepeda pun Tak Kalah Seru, Lho!

Setelah sarapan pagi di hari libur, tak ada salahnya keliling area sekitar dengan naik sepeda. Tak hanya menyegarkan mata dan paru-paru, namun bersepeda juga bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh. 

Untuk olahraga yang satu ini, kamu perlu menunggu 30 menit hingga 1 jam sebelum mulai bersepeda. Buat menentukan rutenya, pilih yang sesuai dengan kemampuan tubuhmu, ya. 

 

5. Berenang yang Bikin Tubuh Makin Bugar

Credit Image - insider.com

Yang terakhir adalah berenang. Kamu bisa mulai berenang 1 jam setelah makan. Berenang sangat menguntungkan karena termasuk olahraga yang melatih semua otot di tubuh. Olahraga yang satu ini juga bisa membantu menjaga kestabilan mental kamu dan mengurangi perasaan cemas serta stres, lho.

 

Yuk, Rajin Berolahraga! Ini Manfaat yang Bisa Diperoleh

CDC menjelaskan bahwa salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan adalah melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik merupakan hal yang penting agar tetap sehat di masa tua dan dapat mengurangi beban penyakit kronis serta mencegah kematian dini.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur memiliki berbagai manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan kebugaran otot, jantung, dan paru-paru.
  • Meningkatkan kesehatan tulang.
  • Menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, beberapa jenis kanker, dan depresi.
  • Mengurangi risiko jatuh dan patah tulang pinggul atau tulang belakang.
  • Mengendalikan berat badan.

Untuk mengoptimalkan aktivitas fisik, termasuk olahraga sekaligus menjaga kesehatan tubuh, kamu juga perlu menerapkan kebiasaan sehat lainnya, seperti menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Yang tak kalah pentingnya, kamu pun perlu mendapat asupan vitamin dan mineral. Keduanya berperan penting dalam proses metabolisme untuk membentuk energi, lho.

Tak hanya dari makanan, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

Jadi, itulah berbagai jenis olahraga yang dapat kamu lakukan setelah makan. Ingat, jika ingin melakukannya, jangan buru-buru, ya. Tetap beri jeda terlebih dahulu agar perut tidak terasa mual.

 

 

Featured Image – pharmacoline.com

Source – popmama.com