Siapa di sini yang sering mengalami masalah hidung tersumbat ketika tidur? Wah, kondisi tersebut tentu tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu kualitas istirahatmu di malam hari, ya. Jika kamu merasakannya, ada berbagai cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa kamu lakukan.

Hidung tersumbat di malam hari dapat membuat tidurmu menjadi tidak nyenyak. Penyebabnya pun beragam, seperti terpapar alergen, infeksi virus, hingga adanya masalah kesehatan tertentu, misalnya sinusitis.

Secara umum, hidung tersumbat muncul karena pembengkakan pada jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung. Kondisi tersebut dapat muncul, akibat adanya cairan berlebih di bagian tersebut. Agar istirahatmu lebih nyaman, berikut ini cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

Simak jawaban lengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Mengatur Posisi Tidur

Credit Image - lifepack.id

Perlu diketahui, hidung tersumbat di malam hari dapat disebabkan banyak hal, termasuk flu, terkena zat alergen, hingga sinusitis. Gejala yang timbul dapat mengganggu – bahkan membuat tidur menjadi tidak berkualitas. Untuk itu, kamu wajib mencari cara mengatasinya, termasuk mengatur posisi tidur.

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur pertama, yaitu mengatur posisi tidurmu. Cobalah tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi. Hal ini dapat mencegah cairan lendir menumpuk di hidung, yang bisa memperparah sumbatan. Tidur dalam posisi duduk atau setengah duduk juga bisa dicoba sesekali. 

 

2. Menggunakan Pelembap Udara

Udara yang terlalu kering menjadi salah satu penyebab gangguan pernapasan memburuk, termasuk hidung tersumbat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memasang pelembap udara alias humidifier

Nah, alat yang satu ini dapat membantu menjaga kelembapan udara dan mengurangi penyebaran debu di udara, sehingga saluran napas lebih terbuka dan napas menjadi lega. Jadi, kalau kamu mengalami hidung tersumbat ketika tidur, cara ini bisa diterapkan untuk mengatasinya, lho.

 

3. Mandi Air Hangat

Credit Image - alodokter.com

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur berikutnya adalah mandi air hangat. Melakukan trik ini sebelum tidur juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Uap hangat membantu mengencerkan lendir sehingga bisa keluar dengan lebih mudah. 

 

4. Cuci Hidung dengan Air Steril

Sebelum tidur, kamu bisa melakukan cuci hidung dengan air steril atau larutan salin (NaCl 0.9%) yang dijual di apotek atau toko obat. Cara ini bisa membantu meredakan hidung tersumbat, terlebih yang disebabkan oleh iritasi atau sinus bengkang.

 

5. Dapat Mengonsumsi Madu

Credit Image - healthline.com

Cara mengatasi hidung tersumbat yang tak kalah efektifnya, yaitu rutin mengonsumsi madu. Mengalami hidung tersumbat memaksa penderitanya bernapas lewat mulut. Cara ini dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan terasa sakit sehingga membuatmu sulit tidur.

Untuk itu, kamu bisa mencoba mengonsumsi madu untuk mengatasi masalah ini. Selain bisa menyelimuti tenggorokan dan menghilangkan ketidaknyamanan, madu juga dianggap efektif dalam mengatasi batuk.

 

6. Konsumsi Vitamin atau Obat-obatan Tertentu

Mengonsumsi vitamin maupun obat memang dikenal menjadi cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang juga dapat kamu terapkan.

Untuk obat-obatan, misalnya kamu dapat menggunakan dekongestan dalam bentuk semprotan hidung. Tapi sebelum menggunakannya, pastikan kamu sudah membaca keterangan di kemasan – atau berkonsultasi ke ahlinya terlebih dahulu, apalagi jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Kemudian, hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh virus yang menyebabkan penyakit tertentu. Untuk membantu proses pemulihannya, pastikan kamu sudah menjaga imunitas yang berperan untuk melawan virus di dalam tubuh.

Untuk meningkatkan kekebalan, pastikan kamu sudah mendapat asupan nutrisi lengkap. Tidak hanya dari makanan saja, namun kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya yang memiliki kandungan vitamin C. Nah, kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon Active secara rutin, ya!

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Credit Image - cnnindonesia.com

Memang, berbagai cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur di atas dapat membantu meredakan kondisi yang satu ini. Namun, jika tidak kunjung sembuh – atau gejalanya terus hilang dan timbul ada baiknya kamu periksakan ke ahlinya, ya.

Sebenarnya, hidung tersumbat sesuatu yang dikhawatirkan. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh alergi atau penyakit umum seperti pilek, flu, dan sinusitis.

Namun ingat, jika hidung tersumbat di malam hari terjadi pada bayi, orang lanjut usia (lansia) 65 tahun ke atas), dan orang dengan sistem imun lemah, segeralah datang ke dokter.

Selain itu, waspadai gejala-gejala di bawah ini:

  • Sulit bernapas
  • Demam tinggi
  • Ingus yang berwarna kuning atau hijau disertai demam dan nyeri pada sinus
  • Ingus berdarah
  • Ingus yang seperti nanah.

Datanglah ke dokter untuk memeriksakan diri dan mencari tahu apa penyebab dari kemunculan gejala di atas.

 

Jadi, itulah cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang dapat kamu terapkan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – detik.com

Source – halodoc.com