Tangan terasa pegal dan sakit setelah bekerja? Mungkin hal tersebut kerap menjadi permasalahan banyak orang, termasuk kamu yang tengah membaca artikel ini.

Pegal-pegal, nyeri sendi, dan otot kaku memang lumrah dirasakan setiap orang, khususnya kalangan pekerja. Rasa pegal tersebut akan menyebabkan ketidaknyamanan bagimu yang ingin beristirahat setelah lelah bekerja.

Jika kamu mengalaminya, tenang, ada banyak cara untuk mengatasi tangan terasa pegal dan sakit setelah bekerja, kok. Mulai dari cara alami hingga mengonsumsi vitamin-vitamin tertentu. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

1. Melakukan Peregangan

Credit Image - perpustakaan.bsn.go.id

Melakukan peregangan di sela-sela bekerja perlu dilakukan. Itu dilakukan untuk membuat otot lebih rileks. Rasa pegal pun bisa dihindari.

Lakukan peregangan singkat seperti berdiri sambil meregangkan otot tangan, pinggang, leher, dan kaki. Berjalan-jalan singkat mencari cahaya matahari juga bisa dijadikan alternatif untuk merilekskan tubuh dan pemikiran dari penatnya pekerjaan. Lakukan peregangan 5-10 menit tiap beberapa jam sekali agar otot dan sendi tidak kaku.

 

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Selain mampu menjaga kesegaran tubuh dan kulit, mengonsumsi setidaknya dua liter air putih sehari dapat membantu mencegah tubuh atau tangan terasa pegal dan sakit setelah bekerja. Itu karena air putih dapat membuat otot-otot berfungsi secara normal sehingga tidak kaku.

 

3. Berendam Air Hangat

Credit Image - carolinacountry.com

Kalau tubuh atau tangan terasa pegal dan sakit setelah bekerja, maka kamu bisa mengatasinya dengan rajin berendam maupun mandi air hangat di sore hari.

Selain dapat merilekskan pikiran, berendam air hangat dapat membantu merilekskan otot-otot tubuh yang tegang. Berendam air hangat dua kali sehari selama 20 menit dapat menyembuhkan pegal -pegal lebih cepat. Tambahkan garam epsom atau sabun aromaterapi untuk merilekskan bila perlu.

 

4. Gunakan Bahan-bahan Alami di Rumah

Menghilangkan tangan terasa pegal dan sakit juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang biasa kita temukan di rumah, seperti:

  • Pisang

Mengonsumsi pisang 2-3 buah setiap hari dapat menghilangkan pegal secara efektif. Kandungan kalium yang tinggi yang dimiliki pisang menjadi alasan buah ini perlu dipilih untuk menghilangkan pegal otot.

  • Susu

Penuhi kebutuhan kalsium pada tubuh dengan mengonsumsi 2-3 gelas susu per hari. Sebab, kandungan kalsium yang tinggi pada susu dapat mencegah dan menyembuhkan pegal-pegal.

  • Bawang putih

Selain dijadikan sebagai penyedap rasa, bawang putih ternyata memiliki zat antiradang dan antibiotik yang mampu menjadi penghilang rasa sakit dan pegal pada badan. Caranya, oleskan bawang putih ke area badan yang terasa sakit dan pegal, biarkan rasa panas dari bawang putih membebaskan rasa sakit dan pegal secara alami.

  • Jahe

Kandungan anti-inflamasi pada jahe dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan rasa pegal pada otot badan. Mengonsumsi tiga cangkir jahe setiap hari dapat membantu tubuh tetap segar dan bugar, juga terbebas dari pegal-pegal. Bila diperlukan tambahkan madu untuk menambah kenikmatan ketika minum jahe.

 

5. Baluri dengan Minyak-minyakan

Credit Image - rumah.com

Membalur badan yang pegal dan otot yang kaku dengan minyak juga dinilai dapat menghilangkan pegal dan melemaskan otot yang kaku. Kamu bisa memakai minyak alami seperti cengkeh dan minyak mustard.

Hangatkan terlebih dahulu minyak cengkeh sebelum digunakan, lalu pakai setelah agak mendingin. Kemudian baluri minyak cengkeh ke bagian tubuh yang terasa pegal-pegal.

Menghilangkan pegal dengan minyak mustard dapat dilakukan dengan menambahkan 10 siung bawah putih yang telah dicincang ditambah dengan 4 sendok makan minyak mustard. Panaskan kedua bahan tersebut dan tunggu hingga warna bawang putihnya berubah menjadi agak keemasan. Tunggu ramuan dingin lalu saring. Pakai ramuan minyak mustard tersebut untuk memijit area tubuh yang pegal.

 

6. Mengonsumsi Vitamin B Kompleks

Nah, tidak hanya dengan tips alami di atas, mengatasi tubuh atau tangan terasa pegal dan sakit setelah bekerja juga dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi vitamin B kompleks, lho.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menjelaskan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks berguna untuk memperbaiki fungsi saraf.

Hal ini disebabkan karena vitamin B dapat mempercepat proses regenerasi jaringan dan memperbaiki fungsi saraf. Jadi, minum vitamin terbukti efektif dan boleh dikonsumsi saat badan sedang pegal-pegal.

Vitamin B kompleks terdiri dari berbagai jenis, tapi yang berperan penting untuk membantu melemaskan otot-otot, yaitu vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 yang berfungsi mengatasi peradangan pada saraf dan otot.

Selain itu, ada pula vitamin B3 (niasin) yang berfungsi berfungsi memperbaiki pergerakan sendi-sendi dan membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan. Dalam beberapa penelitian terbaru, vitamin B3 ditemukan dapat membantu mencegah terjadinya radang sendi dan meningkatkan produksi steroid untuk meredakan rasa nyeri di tubuh.

Terlebih, vitamin B kompleks punya manfaat untuk memproduksi tenaga, sehingga otot mendapatkan cadangan energi cukup untuk memperbaiki kerusakan di dalam tubuh. Dan vitamin B kompleks berkhasiat mendistribusikan asam amino dan protein guna membantu regenerasi sel otot yang rusak akibat duduk yang terlalu lama.

Untukmu yang punya aktivitas padat – dan kerap mengalami masalah tangan terasa pegal dan sakit setelah bekerja, direkomendasikan mengonsumsi suplemen Enervon Active yang kaya akan kandungan vitamin

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Apakah kamu sering merasakan tangan terasa pegal dan sakit setelah bekerja? Hal tersebut tentu tidak nyaman, ya. Untuk itu, cobalah tips di atas guna mengatasinya.

 

 

Featured Image – intisari.grid.id

Source – kumparan.com