Untuk mempertahankan kondisi kesehatan, salah satu rutinitas yang penting dilakukan seseorang adalah tidur yang cukup. Sayangnya, masih banyak yang suka meremehkan hal satu ini, lho, bahkan sering begadang – atau mendapat tidur yang kurang berkualitas.

Permasalahannya tidak semua orang memiliki kesempatan untuk tidur yang cukup. Padatnya aktivitas sehari-hari dapat membuat seseorang hanya memilkiki beberapa jam saja untuk beristirahat. Jika terjadi terus-menerus, maka tubuh dapat terganggu dan merasakan beberapa dampak negatif.

Berikut ini dampak negatif dari kurang tidur.

 

 

1. Emosi Kurang Stabil

Credit Image - halodoc.com

Kekurangan waktu tidur berdampak pada suasana hati seseorang. Biasanya, kurang tidur menyebabkan emosi jadi tidak stabil, sehingga lebih mudah merasa marah, bahkan untuk sesuatu yang kecil.

Harvard Medical School menyebutkan bahwa jam tidur yang terlalu minimal dapat menimbulkan rasa stres, sehingga menyebabkan suasana hati mudah berubah-ubah. Oleh karena itu, pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup, sehingga emosi akan menjadi lebih stabil.

 

2. Mudah Lapar

Kamu tentu setuju bahwa orang yang kurang tidur, terutama di malam hari, akan merasa mudah lapar. Akibatnya, muncul keinginan untuk banyak makan. Jika tidak segera diatasi, hal seperti ini dapat meningkatkan potensi obesitas.

Healthline melansir, hormon leptin, yaitu hormon yang memberi informasi bahwa tubuh merasa kenyang, ternyata produksinya turun saat tidak cukup tidur. Sebaliknya, produksi hormon ghrelin yang menyebabkan lapar justru meningkat, sehingga timbul keinginan untuk mengonsumsi makanan.

 

3. Gampang Lupa

Credit Image - health.detik.com

Apakah kamu sering melupakan sesuatu, seperti janji, menaruh benda, atau tidak ingat sudah mematikan lampu atau belum? Jika iya, mungkin kamu perlu mengoreksi kualitas tidurmu.

WebMD melansir, otak memproses seluruh informasi dan menyimpannya sebagai memori di saat seseorang sedang tidur. Kalau aktivitas tidur ini terganggu, maka otomatis pembentukan memori juga tidak maksimal, sehingga menyebabkan sering lupa.

 

4. Kesehatan Kulit Menurun

Mungkin banyak yang menggunakan produk perawatan kulit, tetapi merasa tidak memberikan banyak efek seperti yang diharapkan. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata penggunaan berbagai jenis skin care tersebut tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat, salah satunya tidur yang cukup.

Faktanya, dilansir WebMD, kurang tidur menyebabkan tubuh merilis lebih banyak cortisol, suatu hormon stres, yang dapat merusak kolagen, sehingga kulit kehilangan elastisitas dan kelembutannya. Oleh sebab itu, pastikan kamu mendapat cukup waktu untuk tidur agar kesehatan kulit tetap terjaga.

 

5. Mudah Jatuh Sakit

Credit Image - rsud.sawahluntokota.go.id

Tidak cukup tidur ternyata juga membawa dampak buruk seperti membuat seseorang jadi lebih rentan terserang berbagai jenis penyakit. CDC melaporkan, kurang tidur dapat menurunkan aktivitas sel-sel tertentu dalam sistem imunitas, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler, penyakit metabolik, kanker, dan penyakit infeksius.

Supaya semua itu dapat dihindari, maka kamu harus berusaha untuk memperbaiki jadwal tidur agar bisa cukup dan teratur. Dengan begini, kamu akan lebih sehat dan hidup bahagia.

Selain dengan tidur yang cukup, menjaga daya tahan tubuh juga perlu diimbangi bersama gaya hidup sehat lainnya. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, dan mencukupi asupan vitamin dan mineral.

Baik itu vitamin maupun mineral dapat kamu peroleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah di lambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamin B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Masih suka kurang tidur? Yuk, coba perbaiki mulai sekarang, ya. Jika tidak, hati-hati, sejumlah kondisi di atas bisa mengintai kesehatanmu, lho.

 

 

Featured Image — beritagar.id

Source — idntimes.com