Seperti yang diketahui, gejala Covid-19 identik dengan masalah pada sistem pernapasan. Tetapi nyatanya virus tersebut juga dapat menyerang sistem tubuh lainnya, salah satunya pada saluran pencernaan.

Covid-19 memang tidak sesederhana itu. Tidak hanya menyoal saluran pernapasan saja, namun virus ini pun turut menyerang sejumlah organ tubuh lainnya. Dilansir dari CNN Indonesia, gejala yang berkaitan dengan gastrointestinal cukup sering dikeluhkan pasien belakangan waktu ini.

Tim peneliti di ZOE Covid Study di Inggris menyakini bahwa gejala Covid-19 varian Omicron memang sedikit berbeda. Stain ini dapat membuatmu kehilangan nafsu makan – dan bahkan melewatkan waktu makan yang seharunsya.

Ada pun berbagai gejala Covid-19 pada pencernaan yang harus diwaspadai, yaitu:

 

 

1. Mual

Credit Image - cnnindonesia.com

Mual diperlihatkan dengan adanya rasa tidak nyaman pada mulut dan perut. Mengutip Health, mual memang termasuk dalam gejala Covid-19 yang tidak umum.

 

2. Muntah

Mual biasanya akan disertai dengan muntah. Rasa mual yang tak terbendung bisa menyebabkan perut bergejolak dan mendorong isinya untuk kembali naik ke tenggorokan. Akibatnya, kamu  memuntahkan makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

 

3. Diare

Credit Image - lifepack.id

Diare pada orang yang terpapar Covid-19 biasanya tidak berlangsung lama. Gejala ini hanya muncul beberapa hari saja. Biasanya, diare disertai dengan gejala mual dan muntah. Diare yang disebabkan oleh Covid-19 cenderung lebih encer, berwarna kuning atau hijau. Kondisi ini mungkin disertai dengan perut kram dan kembung.

 

Terus Lakukan Langkah Pencegahan untuk Hindari Infeksi Virus

Untuk menghindari berbagai gejala dari Covid-19 yang mungkin bisa berdampak fatal, maka sejak awal kamu harus melakukan langkah pencegahan sehingga tidak terinfeksi virus tersebut.

Selain mendapat vaksinasi sekaligus menjalani protokol kesehatan, untuk menghindari risiko infeksi Covid-19 Omicron dan juga subvariannya, kamu juga harus menguatkan imunitas tubuh. Ingat, kekebalan yang baik merupakan perlindungan utama dalam mengurangi risiko paparan virus penyebab penyakit.

Optimalkan kekebalan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Serta, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya!

 

Jadi, itulah deretan gejala Covid-19 yang menyerang saluran pencernaan. Pastikan kamu terus mewaspadainya, apalagi jika dibarengi dengan indikasi lain, seperti demam, batuk, hidung tersumbat, dan badan terasa pegal.

 

 

Featured Image – honestdocs.id

Source – cnnindonesia.com