Liburan akhir tahun telah tiba! Apakah kamu memiliki rencana untuk bepergian bersama keluarga atau kerabat dekat?

Memang, libur dipenghujung tahun menjadi momen yang begitu menyenangkan bagi setiap kalangan. Durasi liburan yang cukup panjang memberi kesempatan bagimu untuk berekreasi sekaligus melepat penat dari rutinitas sehari-hari. Dari sini, kamu juga diharapkan dapat memompa semangat baru, lho.

Tapi biar aktivitas liburan semakin maksimal, pastikan juga kamu sudah menjaga kesehatan. Jangan sampai agenda berlibur jadi berantakan – dan akhirnya rencana pun banyak yang gagal. Yuk, simak berbagai tips menjaga kesehatan yang dapat diterapkan.

 

 

1. Tetap Sempatkan Diri untuk Berolahraga

Credit Image - mensjournal.com

Olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu melindungi tubuh dari berbagai paparan penyakit selama liburan.Tidak memandang waktu, olahraga tetap harus dilakukan secara rutin, termasuk saat sedang liburan.

Sayangnya, kebanyakan orang melupakan olahraga ketika sedang liburan. Padahal, berolahraga selama liburan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana seperti berjalan kaki antar tempat wisata yang kamu kunjungi.

Bila tempat penginapan menyediakan fasilitas pusat kebugaran atau kolam renang, manfaatkanlah untuk berolahraga. Sebisa mungkin kurangi penggunaan transportasi bila jarak area wisata yang dikunjungi berdekatan. Berjalanlah ke tempat wisata yang dikunjungi. Hal tersebut dapat meningkatkan aktivitas fisikmu, lho!

 

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Berlibur bukan alasan untuk tidak mencukupi kebutuhan cairan harianmu, ya. Air dibutuhkan untuk kelancaran proses metabolisme tubuh. Kamu dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau setara 8 gelas dalam sehari.

Nah, kamu bisa membawa botol air minum selama perjalanan liburan sehingga dapat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan cairan harian. Jika akan melakukan banyak aktivitas di luar ruangan dan terpapar matahari, kebutuhan cairan dapat meningkat. Selain itu, hindari konsumsi alkohol dan minuman berkafein yang berisiko menyebabkan dehidrasi.

 

3. Istirahat yang Cukup

Credit Image - halodoc.com

Tubuh bisa begitu lelah setelah tenaga dikuras oleh aktivitas liburan selama seharian.Untuk mengatasi hal tersebut, tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat mengisi kembali energi. Ketika tubuh kurang istirahat, daya tahan tubuh pun berkurang sehingga lebih berisiko terserang berbagai penyakit.

Pastikan juga kamu memiliki waktu tidur selama 7-8 jam pada malam hari sebelum bersiap melakukan aktivitas esok harinya. Jika sempat, kamu pun juga bisa melakukan tidur siang dalam waktu 45 menit.

 

4. Menjaga Kebersihan Diri

Selama liburan biasanya kamu bisa pergi ke berbagai tempat umum dan bertemu banyak orang. Keadaan tersebut membuat seseorang menjadi lebih rentan terpapar kuman.

Untuk itu, kamu harus lebih menjaga kebersihan diri. Selain mandi dua kali sehari, usahakan lebih rajin mencuci tangan dengan sabun. Hal ini perlu dilakukan karena tangan merupakan media penularan berbagai penyakit, misalnya diare atau infeksi saluran pernapasan atas.

Cuci tangan dapat dilakukan pada saat sebelum dan sesudah makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah dari toilet, dan setelah menyentuh benda yang kotor. Bila perlu, kamu menyiapkan cairan antiseptik untuk mengantipasi jika tidak air bersih tidak tersedia.

 

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Credit Image - healthnavigator.org.nz

Pastikan makanan yang dikonsumsi bergizi dan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu bisa menyiapkan makanan sendiri atau membawa bekal saat pergi liburan sehingga pola makan lebih terkontrol.

Aktivitas memasak saat liburan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Siapkan makanan sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, dan serat yang seimbang, ya.

Jangan sampai aktivitas liburan membuatmu melewatkan jadwal makan. Pola makan tidak teratur dapat menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya asam lambung, lho. Selain itu, pola makan yang teratur dan bergizi dibutuhkan untuk mengganti energi yang terbuang selama liburan sehingga tubuh tetap bugar.

Kemudian, hindari mengonsumsi camilan tidak sehat karena biasanya mengandung gula dan kalori dalam jumlah banyak yang dapat membuat berat badan meningkat.

 

6. Konsumsi Multivitamin untuk Maksimalkan Energi

Selama liburan biasanya kegiatan menjadi lebih padat, kan? Hal ini tentu membuatmu membutuhkan lebih banyak energi. Selain dengan mendapat asupan makanan bergizi, optimalkan energi tubuh dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin lengkap – yang juga bisa menjaga daya tahan tubuh.

Dapatkan asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas, terlebih selama liburan.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Nah, itulah berbagai tips menjaga kesehatan selama liburan agar rencana aktivitas tidak ada yang terganggu. Happy holiday, Enervoners!

 

 

Featured Image – emedihealth.com

Source – klikdokter.com