Ada urusan penting atau mendadak sehingga gak bisa datang ke kantor? Kalau begitu, kamu harus memberikan alasan izin tidak masuk kerja yang masuk akal, ya!

Nah, ada berbagai macam penyebab seseorang tidak dapat hadir di tempat kerja. Biasanya, ini dipicu oleh beragam faktor, seperti ada urusan keluarga, sakit, terjadi bencana alam, hingga kehilangan motivasi bekerja, burn out, maupun hal lainnya.

Sebenarnya, setiap karyawan memiliki jatah cuti, tapi sayangnya pengajuannya tidak selalu mulus. Benar, kan? Jadi, tak heran kalau sebagian karyawan malah mencari cara agar dapat izin kerja dengan berbagai alasan.

Lantas, apa saja sih alasan tidak masuk kerja yang dapat kamu gunakan? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Sakit atau Kecelakaan

Credit Image - health.kompas.com

Seorang karyawan yang mengalami sakit, apa pun jenis sakitnya diperbolehkan untuk tidak masuk kerja. Begitu pula bagi mereka yang mengalami kecelakaan saat hendak pergi kerja atau pada hari sebelumnya. Nah, dua alasan tidak masuk kerja ini dapat kamu gunakan – dan paling masuk akal, lho.

 

2. Haid, Melahirkan, atau Keguguran

Khusus buat para perempuan, kamu sudah tahu belum kalau ketika haid atau menstruasi, kamu diperbolehkan untuk gak hadir ke kantor? Yap, hal satu ini pun bisa kamu gunakan sebagai alasan tidak masuk kerja, ya.

Cuti yang satu ini pun sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pekerja atau buruh wanita yang mengalami haid diperkenankan untuk tidak masuk selama dua hari pertama.

Selain menstruasi, seorang pekerja wanita juga diperkenankan tidak masuk apabila akan melahirkan atau mengalami keguguran. Dua hal ini ialah alasan yang harus diterima oleh pihak perusahaan. Adapun jangka waktunya satu setengah bulan.

 

3. Bencana Alam

Credit Image - satsakenap.live

Bencana alam ialah situasi yang tidak dapat diduga oleh seseorang, terutama pekerja ataupun pihak perusahaan. Maka dari itu, seorang karyawan yang mengalami bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, kebakaran rumah, dan sebagainya dapat diizinkan untuk tidak masuk kerja.

 

4. Ada Urusan Keluarga

Nah, salah satu alasan izin tidak masuk kerja yang sudah pasti akan diterima oleh perusahaan, yakni apabila seorang pekerjanya tidak masuk karena urusan keluarga. Adapun urusan keluarga itu meliputi nikah, menikahkan anaknya, atau bahkan anggota keluarga dari pekerja ada yang meninggal dunia.

 

5. Mengurus Dokumen Penting

Credit Image - thespruce.com

Alasan izin tidak masuk kerja yang selanjutnya ialah mengurus dokumen penting yang bersifat mendesak. Misalnya mengurus SIM, STNK, KTP, kartu ATM, BPJS Kesehatan, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan lain sebagainya. Mungkin, alasan yang satu ini pun kerap digunakan untuk tak hadir ke kantor, ya.

 

6. Ada Jadwal Pemeriksaan Kesehatan dengan Dokter

Alasan izin tidak masuk kerja selanjutnya ialah ketika karyawan akan melakukan medical check-up atau pemeriksaan kesehatan di dokter. Umumnya jadwal pemeriksaan ini dibuat jauh-jauh hari, maka dari itu karyawan juga bisa mengajukan cuti jauh sebelum hari pemeriksaan tersebut.

 

7. Mengalami Masalah Kendaraan atau Kecelakaan

Credit Image - gardaoto.com

Yang terakhir, kamu pun juga dapat menggunakan alasan izin tidak masuk kerja yang satu ini. Apalagi bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi untuk berangkat ke kantor, adanya masalah kendaraan, bahkan sampai kecelakaan merupakan peristiwa yang cukup sering terjadi.

Hal ini merupakan normal jika tiba-tiba kendaraan tidak bisa digunakan di tengah jalan – maupun terjadi suatu kecelakaan. Ini juga termasuk dalam keadaan darurat yang tidak bisa diprediksi, sehingga izin untuk tidak ke kantor tersebut masih terbilang masuk akal.

 Alasan izin tidak masuk kerja di atas memang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan, terlebih jika benar-benar mendesak dan tidak bisa hadir di kantor. Namun, untuk meminimalisir hal di atas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan, pastikan kamu tetap meningkatkan proteksi diri dengan rutin mengonsumsi Enervon Active.

 Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi vitamin C dan zinc di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Yuk, dapatkan multivitamin Enervon Active dengan mengunjungi official store-nya. Kamu tinggal klik link tersebut, ya.

 

Jadi, itulah beragam macam alasan izin tidak masuk kerja yang masuk akal – dan dapat kamu gunakan.

 

 

Featured Image – nanda.ca

Source – kumparan.com