Sudah bukan rahasia kalau beberapa makanan maupun minuman kerap ditambahkan gula untuk menambahkan cita rasa. Namun, jika asupan tersebut dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka ini bisa melewati batas anjuran gula harian.

Nah, kalau kamu sudah terbiasa makan makanan manis dalam jangka waktu lama, tentu saja hal tersebut akan memicu masalah kesehatan. Untuk itu, penting sekali mengurangi – dan membatasi asupan gula sejak dini.

Berikut ini tips mengurangi asupan gula berlebih yang dapat kamu lakukan.

 

 

1. Kurangi Konsumsi Gula Secara Bertahap

Credit Image - wellversed.in

Menurut Medical News Today, mengubah kebiasaan pola makan memerlukan waktu bertahap. Sebab, beralih dari kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman dengan jumlah gula berlebih menjadi lebih sedikit gula memerlukan proses perlahan.

Jika terbiasa menambahkan gula pada minuman seperti teh atau kopi, maka kurangi jumlah gulanya sedikit demi sedikit. Mengurangi jumlah gula secara perlahan lebih mudah daripada langsung menghilangkan gula pada minuman favorit.

 

2. Mengurangi Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga mengandung jumlah gula yang cukup banyak. Jika memungkinkan, kurangi konsumsi minuman bersoda untuk mengurangi asupan gua harian.

Mengurangi asupan gula tambahan dapat membantu mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan. Beberapa pilihan minuman yang lebih sehat antara lain air putih, teh, atau kopi. Tentunya teh tawar dan kopi tanpa gula jauh lebih disarankan, ya!

 

3. Teliti dalam Membaca Label Kemasan Makanan dan Minuman

Credit Image - soulofjakarta.com

Healthline menjelaskan bahwa produsen makanan biasanya menuliskan gula tambahan pada label kemasan apabila produknya mengandung gula. Biasanya, kandungan gula tertulis pada informasi nilai gizi. Selain itu, kandungan gula tambahan juga tercantum pada komposisi produk.

Gula tambahan memiliki banyak nama yang berbeda-beda. Menambahkan penjelasan Medical News Today, beberapa nama gula tambahan yang terdapat pada label kemasan makanan dan minuman diantaranya:

  • Gula tebu
  • Gula merah atau brown sugar
  • Sirup jagung
  • Gula bit
  • Gula kelapa
  • Sukrosa
  • Glukosa
  • Dekstrosa
  • Fruktosa

 

4. Perhatikan Kandungan Gula Tersembunyi pada Produk

Sebagian besar sudah mengetahui bahwa gula terdapat pada produk dengan rasa manis, seperti permen dan cokelat. Namun, gula tidak selamanya hanya terdapat pada produk tersebut.

Healthline menyebutkan bahwa saos tomat, saos barbeku, saos spageti, dan saos sambal juga mengandung gula di dalamnya. Jika memungkinkan, memilih produk yang mengandung gula lebih sedikit.

 

5. Konsumsi Protein Lebih Banyak

Credit Image - livescience.com

Mengonsumsi makanan dengan gula tambahan dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan berat badan. Di sisi lain, mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat dapat mengurangi rasa lapar dan membuat lebih kenyang.

Seperti dijelaskan Healthline, protein secara langsung menunjukkan efek mengurangi keinginan untuk makan. Beberapa jenis makanan berprotein tinggi antara lain, telur, ikan, produk susu tinggi lemak, alpukat, kacang-kacangan, dan lainnya.

 

6. Perbanyak Makan Buah-buahan

Makanan olahan cenderung mengandung bahan olahan atau gula tambahan. Mengurangi makanan dengan gula berlebih dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan.

Salah satu cara untuk mengurangi asupan gula berlebih yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Sebisa mungkin memilih buah-buahan atau kacang-kacangan sebagai pengganti camilan yang manis-manis. Selain mengandung gula alami di dalamnya, buah juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Tak hanya dengan mengonsumsi buah-buahan, mencukupi vitamin dan mineral juga bisa direkomendasikan dengan rutin minum multivitamin Enervon Active secara rutin.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah di lambung dan zinc akan membantu menjaga imunitas, dan vitamin B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Mengonsumsi gula boleh saja, asalkan tidak melebihi batas, ya. Jika kamu masih sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, maka cobalah batasi asupan gula dengan menerapkan tips di atas.

 

 

Featured Image – newportinstitute.com

Source – idntimes.com