Siapa bilang punya tubuh sehat dan bugar harus mahal? Nyatanya, dengan rutin berolahraga jalan kaki saja kamu sudah dapat merasakan berbagai manfaat buat kesehaan tubuh, lho. Dilansir dari Prevention, kamu disarankan meluangkan waktu setidaknya 30 menit per hari.

Sederhana dan tidak mengeluarkan biaya, jika dilakukan secara rutin, maka tekanan darah dapat menurun, sekaligus mencegah berbagai penyakit kronis. Selain itu, masih ada manfaat lainnya yang bisa diperoleh.

Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

 

1. Membantu Memperbaiki Suasana Hati

Credit Image - health365.com.au

Ada sebagian orang yang melampiaskan suasana hati mereka yang buruk dengan banyak makan, makan-makanan tinggi gula dan lemak, minum-minuman beralkohol, bahkan menggunakan obat-obatan terlarang. Padahal, ada cara yang jauh lebih sehat, yakni jalan kaki. Bahkan, cara ini tidak melibatkan tambahan kalori yang masuk ke dalam tubuh, lho.

Menurut Dr. Jampolis, berdasarkan studi, jalan kaki akan memodifikasi sistem saraf yang kemudian mampu meredakan rasa marah serta permusuhan. Apalagi jika aktivitas ini dilakukan di tengah pemandangan alam dengan sinar matahari menyinari, sangat membantu memperbaiki suasana hati kamu saat suasana hari down.

 

2. Membantu Membakar Kalori – Menurunkan Berat Badan

Kalori sebenarnya dibutuhkan sebagai sumber energi, sehingga tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Sayangnya, sering kali asupan kalori tidak seimbang; lebih banyak kalori yang masuk daripada yang dibakar. 

Gaya hidup mager alias sedenter turut berpengaruh terhadap surplus kalori dalam tubuh, menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Sports Medicine mengungkap berbagai manfaat jalan kaki. Di antaranya adalah membakar kalori, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan, serta menguatkan tulang.

 

3. Mencegah Stroke

Credit Image - kompas.com

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI, menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, dr. Cut Putri Arianie, MHKes, 1 dari 4 orang di dunia menderita stroke. Padahal, menurutnya penyakit berbahaya ini bisa dicegah.

Di Indonesia sendiri, stroke termasuk penyakit yang menjadi beban negara. Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, biaya penanganan stroke semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2016 menghabiskan Rp1,43 triliun, lalu naik menjadi Rp2,18 triliun di tahun 2017, dan menjadi Rp2,56 triliun pada tahun 2018.

Melansir Prevention, berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Boulder Colorado dan University of Tennessee, Amerika Serikat, rutin jalan kaki mampu menurunkan tekanan darah. Efek tersebut dapat menurunkan risiko terkena stroke hingga 20-40 persen.

Selain itu, penelitian dalam jurnal The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa perempuan yang jalan kaki setidaknya 2,5 jam per minggu memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah 30 persen, dibanding mereka yang tidak rutin berjalan kaki.

 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Arthritis Research & Therapy melibatkan partisipan lansia dengan kondisi artritis reumatoid, yakni peradangan pada sendi. Hasilnya, setelah 10 minggu melakukan latihan interval jalan kaki dengan intensitas tinggi, didapat hasil peningkatan daya tahan tubuh.

Penelitian lain dalam jurnal Chronic Respiratory Disease menunjukkan bahwa olahraga berupa jalan kaki bisa membantu para penderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dalam mengurangi risiko kematian.

Kesulitan bernapas yang umum dialami oleh para pasien PPOK cenderung membuat mereka jarang bergerak dan berisiko mengalami obesitas. Jalan kaki, selain dapat meningkatkan kondisi kesehatan mereka, juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular serta sindrom metabolik.

 

5. Meningkatkan Angka Harapan Hidup

Credit Image - alodokter.com

Siapa pun pastinya ingin berumur panjang. Nah, salah satu "investasi" yang bisa dilakukan sejak muda adalah memperbanyak aktivitas fisik. Salah satunya adalah dengan jalan kaki secara teratur.

Sebuah penelitian dalam Journal of the American Geriatrics Society tahun 2019 menunjukkan bahwa lansia berusia 70-90 tahun yang rutin ke luar rumah dan melakukan aktivitas fisik bisa hidup lebih lama dibanding mereka yang kurang aktif.

 

Cara Membiasakan Jalan Kaki

Dari hasil penelitian di atas, disebutkan bahwa berjalan kaki dapat membantu memperpanjang usia. Agar bisa melawan rasa malas – dan terbiasa jalan kaki, ada beberapa tips yang dapat diterapkan, yaitu:

  • Gunakan pedometer untuk membantu menghitung langkah kaki.
  • Kalau kamu masih suka membawa kendaraan pribadi, cobalah parkir di tempat yang sedikit jauh dari tempat tujuanmu, ya.
  • Cobalah sesekali menaiki tangga.
  • Gunakan waktu makan siang untuk memperbanyak langkah kaki.
  • Jika kamu lebih suka berbelanja via online, untuk membiasakan jalan kaki, coba kembali ke cara belanja konvensional. Jadi, kamu bisa berjalan kaki sembari mencari barang.

Dan jangan lupa untuk memaksimalkan manfaat berjalan kaki, pastikan kamu sudah mengimbanginya dengan pola hidup sehat lainnya, seperti mendapatkan asupan makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghidrasi tubuh dengan baik, serta mencukupi kebutuhan mikronutrien, seperti vitamin dan mineral.

Kedua nutrisi tersebut diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat dalam melawan penyakit. Kedua nutrisi ini bisa dimaksimalkan kebutuhannya dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C serta zinc dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

Sudahkah kamu rutin berjalan kaki? Berbagai manfaat di atas bisa diperoleh jika kamu rajin beraktivitas fisik, ya. Dengan begitu, kesehatan pun dapat terjaga hingga tua nanti.

 

 

 

Featured Image – fibercreme.com

Source – idntimes.com