Untuk mencegah penularan virus, termasuk Covid-19, ada berbagai langkah yang dapat dilakukan. Selain menerapkan protokol kesehatan serta menjaga kebersihan diri, maka kamu juga perlu menguatkan perlindungan tubuh.

Dalam melawan berbagai macam penyakit, tentu diperlukan sistem kekebalan yang baik. Dalam penelitian yang dilakukan oleh WHO, virus akan memakan imunitas – dan hal inilah yang mengakibatkan tubuh menjadi lebih rentan.

Untuk menguatkan kekebalan, penerapan pola hidup sehat sangat dianjurkan, termasuk mencukupi asupan mineral, seperti zinc. Nutrisi yang satu ini menjadi mineral terpenting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, zinc pun dikenal dapat membantu mencegah virus menduplikasi diri, sehingga tidak semakin banyak. Berikut ulasannya.

 

 

Zinc, Mineral Penting untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Credit Image - honestdocs.id

Zinc merupakan mineral yang juga sering ditemukan dalam sumber makanan, maupun multivitamin. Mineral satu ini – juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga memiliki peran penting dalam respons tubuh terhadap inflamasi.

Kekurangan asupan zinc dapat memengaruhi imunitas, hingga dapat meningkatkan risiko infeksi serta penyakit, termasuk pneumonia dan virus corona. Sejumlah penelitian mengungkapkan, bahwa zinc dapat melindungi dari infeksi saluran pernapasan – serta, mempercepat proses penyembuhannya.

 

Memiliki Peran untuk Menghambat Perkembangan Virus

Credit Image - clickondetroit.com

Meskipun hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit setiap harinya, namun zinc mampu mempercepat penyembuhan penyakit pada pasien, termasuk pada pasien Covid-19.

Lebih dari itu, zinc dapat membantu pemulihan pada seseorang yang menderita infeksi saluran pernapasan, luka bakar, pembedahan, berbagai traumatis akibat kecelakaan, dan penyakit lainnya yang sangat membutuhkan kinerja penyembuhan yang baik.

Meningkatkan konsumsi zinc dengan kandungan seng-ionofor seperti Pyrithione (PT), secara efisien dapat mengganggu replikasi dari berbagai virus, termasuk influenza dan polio. Untuk beberapa kasus, hal ini sudah dikaitkan dengan gangguan pemrosesan polyprotein virus.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi zinc dan Pyrithione konsentrasi rendah dapat menghambat penyebaran virus, termasuk virus corona penyebab Covid-19 dan equine arteritis virus dalam sel tubuh manusia.

Nah, karena itu zinc sangat penting untuk menghambat penyebaran dan mencegah kita terserang virus corona. Terlebih lagi, mineral yang satu ini baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh, jadi ketika sistem imun tubuhmu sudah baik, maka kemungkinan terserang virus ataupun penyakit akan menurun.

 

Sumber Terbaik Zinc

Credit Image - indiafoodnetwork.in

Zinc merupakan makronutien penting yang dapat mendukung imunitas selama pandemi Covid-19. Untuk mendapatkan asupan yang satu ini pun tidak sulit. Zinc terkandung dalam berbagai sumber makanan yang mudah ditemui, seperti:

  • Daging sapi tanpa lemak
  • Kerang
  • Tiram
  • Kepiting
  • Udang
  • Telur
  • Kentang
  • Susu dan produk olahannya
  • Sayuran berwarna hijau, seperti kangkung
  • Biji-bijian utuh

Namun, untuk kamu yang sibuk dan lebih menyukai hal yang praktis – bisa memenuhi kebutuhan zinc harian dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Berbagai vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, serta mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat beraktivitas.

Tapi, apakah mengonsumsi multivitamin Enervon Active setiap hari aman dilakukan? Aman, kok! Karena kandungannya yang termasuk dalam jenis vitamin larut air, jadi mudah diserap tubuh dan sisa zat yang tidak diperlukan akan di keluarkan melalui urin.

Selain itu, kandungan non-acidic vitamin C juga aman dikonsumsi bagi kamu yang memiliki perut sensitif. Jadi, tak perlu khawatir lambung terasa nyeri!

 

Jadi, itulah informasi mengenai zinc yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan virus, termasuk Covid-19. Pastikan kamu sudah mendapatkan asupannya secara rutin, terlebih ketika sakit.

 

 

Featured Image – plantbasedjuniors.com