Salah satu permasalahan yang sering dialami ketika traveling, yaitu badan mudah pegal-pegal. Pastinya kamu pernah merasakan hal satu ini, kan? Jarak tempuh yang cukup jauh sering kali menyebabkan pegal dan tidak nyaman pada tubuh.

Pada akhirnya, rasa pegal tersebut pun kerap mengganggu aktivitas liburan yang dilakukan. Kemudian, tubuh menjadi kurang bugar, sehingga tak sehat dalam melakukan traveling. Jadi, jangan biarkan rasa pegal ini mengganggu agenda traveling kamu, ya.

Untuk mencegah rasa pegal yang melanda selama liburan, berikut ini tips yang perlu diterapkan. Simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

1. Tentukan Posisi yang Nyaman untuk Duduk

Credit Image - pegipegi.com

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari posisi terbaik untuk duduk. Posisi duduk menjadi hal penting untuk kamu perhatikan, sebab jika salah bisa memicu rasa pegal pada bagian bokong hingga punggung.

Selain itu, kamu juga dapat berpindah-pindah posis untuk menemukan titik ternyaman. Jangan hanya duduk pada satu titik saja, sebab akan membuatmu pegal jika terlalu lama – dan akhirnya tubuh pun terasa kurang nyaman.

 

2. Gunakan Bantal untuk Alas Duduk

Kadang kala kendaraan yang kamu gunakan untuk traveling tidak memiliki tempat duduk yang nyaman. Kamu dapat menyiasati hal tersebut dengan menggunakan bantal sebagai solusinya. Bantal tersebut bisa digunakan untuk menjadi alas tempat dudukmu selama di perjalanan.

Setidaknya penggunaan bantal tersebut akan membuat tempat dudukmu menjadi terasa lebih empuk, lho. Dengan demikian, kamu pun tidak akan merasa pegal lagi selama menghabiskan waktu di perjalanan, kan?

 

3. Memakai Bantal Leher

Credit Image - cnnindonesia.com

Bantal leher mungkin menjadi salah satu yang akan sering kamu lihat di berbagai transportasi. Orang-orang memang kerap membawa bantal ini, apalagi untuk jarak tempuh yang jauh.

Fungsi bantal ini adalah untuk memberikan kenyamanan pada leher selama berada di perjalanan. Dengan demikian, meski pun kamu mungkin ketiduran di perjalanan, namun tetap membuat lehermu merasa nyaman dan tidak pegal.

 

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian juga menjadi bahan pertimbangan yang harus dipikirkan saat melakukan traveling. Apalagi jika kamu harus menempuh destinasi tujuan yang jauh, sehingga membutuhkan waktu yang lama di perjalanan.

Kenakan pakaian yang sekiranya memang nyaman untukmu. Mengenakan pakaian yang tidak nyaman seperti bahan jeans atau pakaian ketat lainnya akan membuatmu merasa pegal. Oleh sebab itu, pilihlah pakaian yang longgar dan bahan yang lembut.

 

5. Lakukan Peregangan Secara Rutin

Credit Image - blog.tiket.com

Peragangan merupakan solusi utama untuk mencegahmu mengalami rasa pegal selama di perjalanan. Hal ini sebetulnya penting, sebab tubuhmu membutuhkan pergerakan secara konsisten agar peredaran darah pun menjadi lancar.

Jika kamu ada waktu break di perjalanan, maka gunakan momen singkat tersebut untuk peregangan. Dengan demikian, kamu akan menikmati perjalanan secara lebih maksimal, tanpa khawatir akan risiko pegal.

 

6. Konsumsi Vitamin B Kompleks

Nah, tidak hanya dengan tips alami di atas, mengatasi tubuh atau tangan terasa pegal dan sakit selama bepergian juga dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi vitamin B kompleks, lho.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menjelaskan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks berguna untuk memperbaiki fungsi saraf.

Hal ini disebabkan karena vitamin B dapat mempercepat proses regenerasi jaringan dan memperbaiki fungsi saraf. Jadi, minum vitamin terbukti efektif dan boleh dikonsumsi saat badan sedang pegal-pegal.

Vitamin B kompleks terdiri dari berbagai jenis, tapi yang berperan penting untuk membantu melemaskan otot-otot, yaitu vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 yang berfungsi mengatasi peradangan pada saraf dan otot.

Selain itu, ada pula vitamin B3 (niasin) yang berfungsi berfungsi memperbaiki pergerakan sendi-sendi dan membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan. Dalam beberapa penelitian terbaru, vitamin B3 ditemukan dapat membantu mencegah terjadinya radang sendi dan meningkatkan produksi steroid untuk meredakan rasa nyeri di tubuh.

Terlebih, vitamin B kompleks punya manfaat untuk memproduksi tenaga, sehingga otot mendapatkan cadangan energi cukup untuk memperbaiki kerusakan di dalam tubuh. Dan vitamin B kompleks berkhasiat mendistribusikan asam amino dan protein guna membantu regenerasi sel otot yang rusak akibat duduk yang terlalu lama.

Untukmu yang punya aktivitas padat – dan kerap mengalami masalah tangan terasa pegal dan sakit setelah bekerja, direkomendasikan mengonsumsi suplemen Enervon Active yang kaya akan kandungan vitamin

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Nah, untuk kamu yang masih suka merasa pegal-pegal ketika traveling, yuk, coba atasi permasalahan tersebut dengan menerapkan tips di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com