Kamu mungkin pernah menjumpai keluarga, teman, atau mungkin diri sendiri yang terkena masuk angin saat melakukan perjalanan jauh. Kira-kira kenapa hal ini bisa terjadi ya? Banyak orang yang berpikir hal ini disebabkan oleh jarak tempuh yang sangat jauh, kondisi cuaca yang tidak menentu, jalanan yang berkelok-kelok, dan hal lain yang memicu tubuh jadi mudah lelah. Umumnya kamu akan merasa tidak enak badan, pusing, mual dan ingin muntah, atau perut tidak nyaman saat mengalaminya. Lalu bagaimana cara mengatasi masuk angin saat sedang bepergian? Tidak perlu khawatir, kali ini Enervon telah merangkum cara-cara tepat untuk mengusir masuk angin lewat artikel berikut ini!

Cara Mengatasi Masuk Angin

Kamu pasti merasa tidak nyaman jika tiba-tiba mengalami masuk angin saat bepergian jauh. Namun, jangan panik dulu karena umumnya rasa tidak nyaman yang kamu rasakan saat masuk angin bukanlah hal yang serius. Meski begitu, hal ini tidak boleh dibiarkan dan harus segera kamu atasi ya! Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi masuk angin saat menempuh perjalanan jauh.

1. Tidur yang Cukup

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah, jika kamu sudah punya planning untuk melakukan perjalanan jauh entah dengan kendaraan pribadi atau umum, sebaiknya gunakan waktu sehari sebelum keberangkatan untuk beristirahat dan tidur yang cukup.

Meskipun selama perjalanan kamu hanya duduk diam selama berjam-jam, tapi badan akan rentan kelelahan jika kurang tidur. Istirahat yang cukup sebelum bepergian jauh akan membuat tubuhmu lebih fit sehingga terhindar dari masuk angin.

2. Perhatikan Asupan Cairan

Selain mencukupi waktu tidur, kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan harian supaya tidak gampang masuk angin. Umumnya orang dewasa memerlukan asupan air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Hal ini penting untuk menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi sehingga selalu berenergi.

Selain minum air putih sesuai anjuran, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dari buah-buahan yang kaya akan vitamin dan air seperti misalnya semangka, jeruk, melon, dan lain-lain.

3. Menyantap atau Minum Sesuatu yang Hangat

Apabila memungkinkan, kamu bisa menyantap makanan atau minuman yang hangat untuk meredakan masuk angin. Misalnya saja dengan menyantap hidangan soto, bakso, atau menikmati secangkir minuman jahe hangat yang membuat tubuh menjadi lebih baik.

4. Jangan Lupa Memakai Masker

Bagi kamu yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan umum, maka wajib mengenakan masker selama berkendara ya! Hal ini bisa mengantisipasi tubuh terpapar kuman atau polusi yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, cara ini juga bisa menjagamu supaya tidak tertular penyakit dari penumpang lain yang mungkin sedang dalam keadaan sakit.

5. Beri Tubuh Sedikit Pijatan

Cara mengatasi masuk angin berikutnya adalah dengan memijat tubuh di area tertentu yang terasa pegal-pegal. Pijatan yang cukup akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks. 

Biasanya ada jasa sewa kursi pijat yang bisa kamu temukan di rest area tertentu selama perjalanan. Apabila kamu menemukannya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini.

6. Mengoleskan Minyak Angin 

Jangan lupa untuk membawa minyak angin saat melakukan perjalanan jauh. Benda tersebut sewaktu-waktu akan sangat berguna terutama jika kamu mudah terkena mabuk perjalanan. Beberapa olesan minyak angin di area punggung, perut, atau lainnya sangat efektif untuk meredakan masuk angin.

7. Memakai Jaket

Pakailah jaket untuk membuat tubuhmu tetap hangat selama melakukan perjalanan jauh, terutama jika berkendara atau menumpang kendaraan ber-AC. Selain itu, memakai jaket yang cukup tebal akan mencegah gejala masuk angin menjadi semakin parah.

Hal ini pun berlaku saat kamu melakukan perjalanan jauh pada waktu malam hari. Dengan menggunakan jaket tebal selama berkendara, tubuh akan tetap hangat dan terhindar dari masuk angin.

8. Minum Multivitamin

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin tambahan untuk memperkuat daya tahan tubuh supaya tidak rentan terkena masuk angin. Dari sekian banyaknya merek multivitamin yang beredar di pasaran, Enervon C Tablet  jadi pilihan yang tepat untuk kamu konsumsi. Kenapa harus Enervon C Tablet?

Kandungan di dalamnya mencukupi semua kebutuhan tubuh yang efektif untuk meningkatkan sistem imunitas. Selain mengandung vitamin C 500 mg, terdapat juga vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12.

Vitamin C di dalamnya akan bekerja secara efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, sedangkan vitamin B kompleks berperan dalam pembentukan energi melalui proses metabolisme. Menariknya, konsumsi rutin Enervon C Tablet saat sakit akan mempercepat proses penyembuhan lho!

Enervon C Tablet tersedia dalam kemasan botol isi 30 tablet dan strip isi 4 tablet yang bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu. Dapatkan produk Enervon C Tablet dengan berbelanja di official store terpercaya ya! Klik di sini untuk mendapatkan produknya sekarang!