Badan Lemah Gampang Sakit? Atasi dengan 7 Cara Tepat Berikut

Badan Lemah Gampang Sakit? Atasi dengan 7 Cara Tepat Berikut

font size A Ǎ

Badan lemah gampang sakit bisa disebabkan oleh banyak faktor baik yang berhubungan dengan kondisi fisik, pola hidup, keadaan psikis, hingga mengidap penyakit tertentu. Di dalam dunia medis sendiri, badan lemah kerap disebut dengan istilah asthenia. Umumnya, hal ini memiliki tanda-tanda seperti energi yang berkurang dan kehilangan motivasi. 

Apabila kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan sepelekan dan segera berkonsultasi kepada ahlinya. Nah, di bawah ini kamu akan diajak untuk memahami berbagai penyebab, gejala, dan beberapa tips mengatasinya! Simak baik-baik ya!

 

Apa Penyebab Badan Lemah Gampang Sakit?

Merasakan tubuh yang lemah dan gampang sakit tentu membuatmu tak nyaman. Namun, kira-kira apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Beberapa faktor di bawah ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

1. Kurang Tidur

Kekurangan tidur bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan badan terasa lemah. Oleh sebab itu, kamu harus berusaha mencukupi jam tidur harian supaya bisa menghindari hal tersebut.

Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 hingga 8 jam dalam sehari. Jika jam tidurmu belum mencukupi waktu tersebut, maka mulailah mengatur pola tidur yang benar mulai dari sekarang!

2. Terkena Anemia

Tubuh yang kekurangan zat besi bisa menyebabkan seseorang terkena anemia. Saat kamu terkena anemia, biasanya badan jadi lemah karena tubuh kekurangan zat besi yang berfungsi menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Saat tidak mendapatkan cukup oksigen, maka tubuh tidak bisa membentuk energi sehingga jadi mudah lemas.

Umumnya anemia lebih banyak dialami oleh wanita terutama bagi yang pola menstruasinya berat atau sedang berbadan dua. Nah, untuk mencegah hal ini, kamu bisa menerapkan pola makan sehat dengan menyantap makanan tinggi zat besi seperti daging, tahu, kentang, brokoli, beras merah, dan lain-lain.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen tambahan zat besi sesuai dengan anjuran dokter ya!

3. Mengalami Depresi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kondisi badan lemah juga bisa disebabkan oleh faktor psikis seperti misalnya mengalami depresi. Depresi merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perasaan sedih berkepanjangan dan hilang minat untuk melakukan berbagai aktivitas apapun.

Kondisi tersebut biasanya akan membuat seseorang mengalami gejala fisik tertentu seperti gampang lelah, susah tidur, merasakan nyeri, hingga mudah sakit. Oleh sebab itu, jangan abaikan hal ini dan segera mencari pertolongan medis untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

4. Konsumsi Kafein secara Berlebihan

Konsumsi kafein memang efektif membuat tubuh tetap terjaga, tapi jika diminum secara berlebihan justru bisa menjadi bumerang bagi tubuh. Pasalnya, konsumsi kafein berlebih justru bisa meningkatkan denyut jantung serta tekanan darah, cemas, dan juga insomnia. 

Bahkan, saat efek kafein yang sudah hilang akan membuat tubuh menjadi lemah. Jadi, mulai sekarang perhatikan asupan kafein yang kamu minum dan segera berhenti setelah efeknya mulai terasa di tubuh.

5. Dehidrasi/Kekurangan Cairan

Faktor lain yang bisa menyebabkan badan lemah adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Pasalnya, asupan cairan yang tidak tercukupi akan membuat organ tubuh tidak berfungsi secara maksimal sehingga tidak berenergi.

Untuk menghindari hal ini, penuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari atau lebih jika kamu memiliki aktivitas yang berat.

6. Shift Kerja yang Berubah-ubah

Pola kerja shifting yang jadwalnya tak tentu atau sering berubah-ubah juga bisa menyebabkan tubuh mudah lelah. Pergantian jam kerja yang tak menentu tersebut akan mengganggu jam biologis sehingga tubuh akan kebingungan dalam menentukan kapan waktunya bangun atau tidur.

Apabila kamu harus berjibaku dengan jam kerja shifting, maka pastikan untuk mencukupi waktu tidur harian. Selain itu, bangun suasana yang sejuk, sepi, dan gelap saat akan tidur siang. Sebaliknya, buat tempat kerja tetap terang saat bekerja pada malam hari. Namun, akan lebih baik jika kamu bekerja pada shifting yang tetap dalam jangka waktu yang lama.

7. Sindrom Kelelahan Kronis/Fibromyalgia

Kondisi lain yang bisa menyebabkan tubuh terasa lemah adalah fibromyalgia atau sindrom kelelahan kronis. Hal ini tidak boleh kamu abaikan karena umumnya mengganggu kegiatan sehari-hari dan membuat tubuh sering lemas dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih.

Hal ini umumnya terjadi karena pola hidup yang tidak sehat sehingga kamu harus mengubah kebiasaan sehari-hari untuk bisa mengatasinya. Mulailah untuk membatasi konsumsi kafein, makan makanan bergizi, melakukan aktivitas fisik, mempraktikkan teknik relaksasi, dan memastikan tidur dalam suasana yang sunyi dan gelap.

Namun, jika Anda tidak yakin dengan penyebab tubuh sering merasa lemas meski tidak melakukan aktivitas berat, sebaiknya konsultasikan hal ini kepada dokter. 

 


Tanda-Tanda Badan Lemah Gampang Sakit

Badan Lemah Gampang Sakit? Atasi dengan 7 Cara Tepat Berikut

Kondisi badan lelah gampang sakit bisa disebabkan oleh faktor fisik maupun psikis. Secara umum, beberapa gejalanya bisa kamu kenali sebagai berikut.

  1. Bibir terasa kering.
  2. Wajah terlihat pucat.
  3. Sering atau mudah berkeringat.
  4. Tubuh mengalami demam.
  5. Mengalami nyeri otot.
  6. Hilang motivasi untuk melakukan aktivitas seperti biasanya.
  7. Gampang ngantuk dan merasa lelah di siang hari.
  8. Kesulitan dalam berkonsentrasi atau mempelajari hal-hal baru.
  9. Ada gangguan pencernaan seperti perut begah, nyeri perut, susah BAB, hingga diare.
  10. Merasakan sakit kepala.
  11. Mood gampang berubah-ubah.
  12. Memberikan respon yang lambat.  

 

 

Atasi dengan Cara Ini!

Badan Lemah Gampang Sakit? Atasi dengan 7 Cara Tepat Berikut

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengupayakan beberapa cara sederhana yang telah terangkum di bawah ini.

1. Mencukupi Waktu Tidur

Tidur adalah cara mudah dalam mengatasi rasa lelah. Memiliki jam tidur teratur sesuai anjuran juga efektif untuk mengatasi badan lemah gampang sakit. Jadi pastikan untuk memenuhi waktu tidur 7 hingga 8 jam setiap harinya ya!

2. Rutin Berolahraga

Badan lemah juga bisa disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Oleh sebab itu, mulailah mengatur jadwal untuk berolahraga secara rutin. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging saat memulainya.

3. Penuhi Asupan Cairan

Salah satu penyebab badan lemah adalah karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh sebab itu, pastikan tubuh menerima asupan air putih 8 gelas per hari atau lebih jika memiliki aktivitas yang lebih berat dari orang-orang pada umumnya.

4. Batasi Asupan Gula

Banyak yang salah sangka bahwa konsumsi makanan yang manis bisa menambah energi atau tenaga. Padahal, faktanya justru sebaliknya. Terlalu banyak makan makanan yang tinggi gula justru akan membuatmu mudah merasa lelah. Oleh sebab itu, mulailah untuk membatasi konsumsi gula dari sekarang!

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Selain berolahraga, gaya hidup sehat lainnya yang harus kamu biasakan supaya tidak mudah lelah adalah makan makanan yang bergizi. Beberapa makanan yang efektif dalam pembentukan energi di dalam tubuh adalah ikan, telur, alpukat, pisang, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan lain-lain.

6. Bersosialisasi 

Bagi kamu yang merasa depresi dan kelelahan, cobalah untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang positif. Lingkungan yang suportif tentu akan membuatmu lebih bersemangat dan kembali antusias untuk melakukan aktivitas seperti biasanya.

7. Obat-obatan dan Terapi

Pada kasus tertentu, kamu mungkin membutuhkan penanganan berupa obat-obatan atau menjalani terapi. Konsultasikan hal ini kepada dokter atau ahlinya untuk mendapatkan rujukan dan penanganan tepat dalam mengatasi badan lemah yang kamu alami.

 

 

Selain ketujuh hal di atas, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan seperti Enervon-C Effervescent. Kandungan vitamin C 1000mg di dalamnya akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak gampang sakit. Selain itu, multivitamin yang satu ini juga mengandung vitamin B-kompleks yang bantu pembentukan energi di dalam tubuh.

Enervon-C Effervescent bisa kamu konsumsi dengan melarutkannya ke dalam segelas air sehingga lebih praktis dan membantu penuhi asupan cairan di tubuh. Miliki gaya hidup aktif, enerjik, dan tidak mudah sakit dengan rutin mengonsumsi Enervon-C Effervescent dari sekarang! Dapatkan produknya hanya di official store Enervon di Shopee dan Tokopedia berikut!
 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!