Bagi kamu yang tinggal di kawasan Jateng DIY, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah padusan. Ya, padusan adalah salah satu tradisi jelang Ramadan yang sudah ada sejak dulu dan diteruskan secara turun-temurun sampai sekarang. Lalu sebenarnya apa itu padusan? Kenapa orang-orang melakukan ini? 

Imbas dari tradisi yang diturunkan nenek moyang tersebut, banyak objek wisata yang diserbu banyak orang untuk dijadikan tempat padusan sehari sebelum puasa Ramadan berlangsung. Kalau kamu mau tahu informasi lebih jauh tentang padusan dan tempat-tempat mana saja yang umum dikunjungi orang-orang untuk padusan, maka jangan lewatkan informasinya berikut ini.

Padusan sebagai Tradisi Jelang Ramadan

Dari sekian banyaknya tradisi jelang Ramadan, padusan jadi salah satu yang cukup populer terutama bagi masyarakat Jawa. Padusan sendiri adalah tradisi mandi di sumur atau sumber-sumber mata air lainnya dengan tujuan menyucikan atau membersihkan diri dari dosa dan kesalahan yang telah dilakukan setahun sebelumnya. 

Tradisi ini juga dianggap sebagai bentuk ibadah yang bisa mendekatkan diri dengan Tuhan, sehingga beberapa orang melakukan padusan sambil berzikir dan berdoa. Menariknya, budaya padusan juga memiliki nilai kearifan lokal seperti mempererat tali silaturahmi antar warga. 

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tradisi padusan mengalami pergeseran nilai dan menyebabkan banyak tempat tertentu berubah jadi objek wisata padusan. Ingin tahu objek wisata mana saja yang umum didatangi masyarakat untuk padusan sebelum Ramadan? 

 


Objek Wisata yang Ramai Jelang Ramadan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tradisi padusan biasanya dilakukan di sumur-sumur atau sumber mata air yang ada di alam terbuka. Di Yogyakarta sendiri, kawasan pantai, air terjun, dan waterpark adalah tempat-tempat yang paling ramai dikunjungi untuk melakukan padusan. Kira-kira objek wisata mana ya yang paling banyak didatangi masyarakat saat padusan sebelum puasa Ramadan? Temukan jawabannya dengan membaca ulasan berikut.

1. Pantai Parangtritis 

Sumber: jogjavacation.com

Wisata pantai menjadi tempat ideal yang banyak dipilih untuk melangsungkan ritual padusan. Salah satu pantai di Yogyakarta yang tak pernah sepi pengunjung saat H-1 puasa Ramadan adalah Pantai Parangtritis.

Pantai yang satu ini memang memiliki magnet tersendiri baik bagi warga Jogja maupun luar kota. Bahkan, saat hari-hari biasa pun pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jika tertarik untuk melakukan padusan di pantai ini, kamu bisa berkendara menuju kawasan Desa Parangtritis Kretek Bantul.

Tiket masuknya juga sangat terjangkau, kamu hanya perlu membayar tiket seharga 10 ribu untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Parangtritis. Menariknya, anak-anak tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis lho!

Umumnya, orang-orang akan berdatangan mulai jam 3 sore hingga jam 6 sore untuk melangsungkan tradisi padusan tersebut. Namun, kamu harus hati-hati saat berada di sana. Usahakan untuk berada di pinggiran pantai saja karena ombaknya yang cukup tinggi. Meskipun ada beberapa tim SAR yang bertugas, tapi lebih baik menjaga keamanan diri sendiri supaya tidak terseret ombak.

 

2. Blue Lagoon 

Sumber: explorewisata.com

Kalau tadi di kawasan Bantul, sekarang waktunya beralih ke kawasan Sleman yang ada di utara kota Yogyakarta. Salah satu sumber mata air yang cukup terkenal dan ramai didatangi untuk melakukan tradisi padusan adalah Blue Lagoon.

Lebih tepatnya, objek wisata yang satu ini terletak di Desa Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Sesuai dengan namanya, mata air yang berasal dari kaki Gunung Merapi tersebut memiliki sumber air berwarna biru yang sangat jernih. Di sekelilingnya ditumbuhi pepohonan yang membuat suasana menjadi sangat rindang dan sejuk.

Selain keindahan alamnya, tempat ini juga menawarkan beberapa fasilitas umum yang cukup lengkap seperti musala, kamar bilas, gazebo, dan juga pendopo kecil.

 


3. Pantai Baron

Sumber: pantainesia.com

Daerah Gunung Kidul memang sangat populer memiliki banyak pantai pasir putih dengan pemandangan yang luar biasa indah. Dari sekian banyaknya pantai-pantai cantik di sana, Pantai Baron menjadi objek wisata yang paling menarik minat masyarakat untuk menjalankan tradisi padusan.

Pantai Baron berlokasi di Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Jika kamu berangkat dari kota Jogja, maka butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai ke pantai tersebut. Berbeda dengan Pantai Parangtritis, Pantai Baron justru memiliki ombak yang cukup tenang sehingga aman untuk dipakai berendam. Namun, pastikan untuk tetap waspada dan selalu berhati-hati ya!

 

4. Air Terjun Sri Gethuk

Sumber: google maps/artine indonesia

Selain memiliki deretan pantai pasir putih yang sangat indah, kawasan Gunung Kidul juga punya air terjun yang tak kalah cantik. Salah satu air terjun yang banyak menarik minat masyarakat untuk berkunjung adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Tak hanya ramai saat hari libur saja, air terjun yang satu ini juga jadi langganan banyak orang untuk menjalankan tradisi padusan lho! Jika kamu tertarik untuk datang ke tempat ini langsung saja menuju Bleberan, Playen, Gunung Kidul.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki ketinggian 50 meter dan aliran air yang cukup deras. Sumber mata airnya berasal dari 3 tempat yaitu Dong Poh, Ngandong, dan juga Ngumbul.
 

 

5. Air Terjun Kedung Pedut

Sumber: paketwisatadijogja.net

Buat kamu yang ingin mengeksplorasi kawasan Kulon Progo, maka wajib mampir nih ke Air Terjun Kedung Pedut. Lokasinya ada di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Air terjun yang satu ini banyak membuat orang penasaran karena memiliki dua warna yang unik yaitu biru tosca dan putih jernih. Tempatnya juga sangat menarik karena dibuat mirip seperti taman air tradisional dengan pancuran bambu dan papan seluncur kayu di sekitarnya. Meski harus menempuh perjalanan yang jauh, tapi kamu akan puas saat melihat pesona keindahan air terjun ini sesampainya di sana.

 

6. Jogja Bay

Sumber: mamikos.com

Meski bukan merupakan sumber mata air dari alam, tapi Jogja Bay juga jadi salah satu objek wisata yang dituju banyak orang saat ingin melakukan padusan. Jogja Bay sendiri merupakan spot wisata waterboom terbesar yang ada di Yogyakarta.

Lokasinya pun cukup terjangkau dan bersebelahan dengan Stadion Maguwoharjo. Jika kamu ingin melakukan tradisi padusan bersama keluarga di tempat yang cukup nyaman dan tak jauh dari kota, maka Jogja Bay bisa jadi salah satu opsi terbaik.

 

 

Tradisi jelang Ramadan seperti padusan memang sudah jadi budaya yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Jawa terutama yang tinggal di daerah Jateng DIY. Nah, selain melakukan padusan, persiapkan juga staminamu supaya kuat dalam menjalani puasa Ramadan selama sebulan penuh!

Jangan lupa untuk rutin konsumsi Enervon Active selama bulan Ramadan supaya tubuh tidak gampang lelah dan tetap aktif! Enervon Active adalah multivitamin dan mineral dengan kandungan Vitamin C, Vitamin B kompleks, dan juga Zinc yang efektif bantu pembentukan energi.

Ayo Bersama Menuju Kemenangan dengan Enervon Active! Order sekarang juga hanya di official store Enervon di Shopee atau Tokopedia ya!