Ibadah puasa bukan alasan untuk tidak melakukan agenda traveling selama bulan Ramadan. Meski harus menahan lapar dan haus, kamu tetap bisa kok berpetualang ke tempat-tempat wisata yang kamu inginkan. Kunci pentingnya adalah, kamu harus bisa menjaga stamina traveling saat berpuasa secara tepat. Caranya pun cukup mudah dan bisa kamu terapkan tanpa persiapan apa pun. Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini ya!

Cara Menjaga Stamina Traveling saat Berpuasa

Pergi traveling saat puasa? Kenapa tidak? Namun, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan terutama tentang menjaga stamina tubuh. Pasalnya, traveling di bulan Ramadan tentu lebih melelahkan dan cukup menguras tenaga karena kamu tetap harus menahan makan dan minum sampai tiba waktunya berbuka. Eits, tenang! Lakukan beberapa tips di bawah ini supaya daya tahan tubuhmu tetap terjaga meski bertamasya di saat sedang berpuasa.

1. Konsumsi Makanan Bergizi saat Sahur dan Berbuka

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga stamina traveling saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan buka. Utamakan untuk memilih hidangan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi protein dan juga serat.

Kenapa harus makanan yang mengandung karbohidrat kompleks? Perlu kamu tahu bahwa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan berubah menjadi gula dalam darah dan membentuk energi untuk tubuh. Jadi, kamu akan tetap bertenaga sepanjang hari jika memilih jenis makanan tersebut.

Kamu bisa menemukan sumber karbohidrat kompleks dengan menyantap jenis makanan seperti nasi, oatmeal, gandum, dan juga kacang-kacangan. Sama halnya dengan karbohidrat kompleks, makanan yang kaya akan protein juga akan membuat bertenaga sepanjang hari. Sumber makanan yang mengandung protein di antaranya adalah daging ayam, daging sapi, ikan, dan juga telur.

Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan serat di tubuh, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan juga sayur ya! Menyantap makanan yang tinggi serat juga sangat penting karena akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Meski berpuasa sehari penuh, jangan sampai abai untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya ya. Meski selama berpuasa, kamu memiliki waktu yang terbatas untuk mengonsumsi cairan, hal tersebut bisa disiasati dengan mengatur jadwal minum secara teratur.

Tetap menjaga asupan cairan selama berpuasa ini penting, sebab bisa menjaga daya tahan tubuh supaya tetap prima. Buat jadwal secara sistematis dengan tidak melewatkan minum sebelum tidur, saat bangun sahur, selesai sahur, saat berbuka, setelah sholat maghrib, setelah santap malam, dan selesai sholat isya dan tarawih.

 


3. Kurangi Konsumsi Gula

Menyantap makanan manis memang dianjurkan saat berbuka puasa, tapi jangan sampai kebablasan ya! Konsumsi yang manis-manis dalam porsi yang wajar tidak jadi masalah, tapi jika berlebihan, hal ini akan memberikan efek negatif bagi tubuh. Selain itu, terlalu banyak makan makanan manis justru bisa membuat mudah lelah

4. Membawa Bekal atau Camilan untuk Berjaga-jaga

Waktu berbuka puasa mungkin tiba saat kamu masih ada di dalam perjalanan. Supaya tidak terlalu lama menahan lapar, sebaiknya siapkan camilan untuk berjaga-jaga jika hal tersebut kamu alami.

Namun, jangan asal memilih camilan ya! Utamakan untuk membawa camilan yang bisa menambah energi di tubuh seperti biskuit, roti, kurma, atau buah-buahan. Baru setelah nanti berhenti di suatu tempat, kamu bisa menyantap makanan berat supaya tetap bertenaga.

 


5. Jangan Bawa Banyak Barang!

Saat melakukan traveling di bulan puasa, hindari untuk membawa terlalu banyak barang. Sortir barang-barang yang paling penting supaya kamu tidak akan kewalahan saat membawanya kesana kemari. Hal ini untuk menghindari kecapekan selama traveling sehingga kamu tidak akan kecapekan atau terpikir untuk membatalkan puasa.

6. Konsumsi Suplemen Vitamin C

Tips terakhir dalam menjaga stamina traveling saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin C setelah santap sahur. Vitamin C merupakan zat yang baik bagi tubuh karena dapat membantu menjaga sistem imunitas terutama di bulan puasa.

Bahkan, vitamin C juga ampuh untuk melawan peradangan yang disebabkan oleh infeksi lho! Perlu kamu tahu bahwa vitamin C bersifat anti virus, anti bakteri, anti-inflamasi, hingga imunostimulan. Dengan rutin mengonsumsi suplemen vitamin, daya tahan tubuhmu senantiasa prima dan tetap berenergi selama melakukan traveling.

 


Jangan lupa untuk rutin konsumsi Enervon Active demi menjaga stamina traveling saat puasa sehingga tubuh tidak gampang lelah dan tetap aktif! Enervon Active adalah multivitamin dan mineral yang di dalamnya mengandung perpaduan Vitamin C, Vitamin B kompleks, dan juga Zinc yang efektif bantu pembentukan energi.

Ayo #BersamaMenujuKemenangan dengan Enervon Active! Order sekarang juga hanya di official store di Shopee atau Tokopedia ya!