Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan kerugian bagi kesehatan tubuh. Jadi, pastikan untuk mencukupi kebutuhan asam askorbat dengan rutin mengonsumsi berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin C. Jika diperlukan, kamu juga bisa minum suplemen vitamin C tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh. Pada artikel kali ini, kamu akan kami ajak untuk mengetahui apa saja dampak kekurangan vitamin C dan cara mudah mengatasinya. 

 

Kekurangan Vitamin C Dapat Mengakibatkan Apa?

Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan masalah bagi tubuh. Umumnya kondisi ini terjadi karena kamu tidak menerapkan pola makan sehat, jarang makan buah dan sayur, atau memiliki gangguan penyerapan vitamin C. Hal ini tidak boleh diabaikan atau kamu akan mengalami beberapa masalah sebagai berikut.

1. Kulit Kering dan Kasar

Kulit kasar dan kering jadi salah satu pertanda bahwa tubuh kekurangan vitamin C. Pasalnya, vitamin C membantu pembentukan kolagen di dalam tubuh yang berfungsi untuk membentuk lapisan kulit dan jaringan ikat. Selain masalah kulit, kekurangan asam askorbat juga rentan membuat kuku mudah rapuh, muncul garis-garis putih dan juga titik-titik merah.

2. Memperlambat Proses Penyembuhan Luka

Masih ada hubungannya dengan masalah kulit, asupan vitamin C yang tidak terpenuhi juga menyebabkan proses penyembuhan luka menjadi lebih lama. Selain itu, hal ini juga bisa menimbulkan risiko lain seperti luka rentan terkena infeksi.

3. Badan Mudah Memar

Jika badan jadi mudah memar, bisa jadi tubuhmu sedang kekurangan vitamin C. Jumlah kolagen yang berkurang akibat kurang vitamin C akan mengakibatkan pembuluh darah rentan pecah sehingga membuat tubuh memar-memar.

4. Tubuh Gampang Lelah

Kekurangan vitamin C ternyata juga bikin tubuh kurang fit dan gampang lelah lho! Hal ini karena proses perubahan lemak menjadi energi jadi terganggu dan kemampuan dalam menyerap zat besi juga berkurang sehingga menyebabkan tubuh mudah capek. Tak hanya itu saja, kondisi tubuh yang kurang asupan vitamin C juga membuat suasana hati atau mood cepat berubah.

5. Gusi Berdarah dan Gigi Mudah Copot

Dampak kekurangan vitamin C ternyata juga memengaruhi kesehatan gigi lho! Lalu apa ciri-cirinya? Umumnya, kekurangan asam askorbat akan membuat gusi jadi mudah berdarah dan gigi gampang copot. Bahkan hal ini bisa lebih parah jika sebelumnya sudah memiliki gangguan kesehatan pada gigi dan gusi. 

6. Risiko Obesitas

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang kekurangan vitamin C berisiko mengalami obesitas. Rendahnya asupan vitamin C pada tubuh akan meningkatkan pembentukan lemak terutama di bagian perut.

7. Daya Tahan Tubuh Menurun

Dampak buruk lain yang akan dirasakan tubuh saat kekurangan asam askorbat adalah daya tahan tubuh jadi lemah. Apabila hal ini dibiarkan maka tubuh jadi mudah terkena infeksi dan gampang sakit.

8. Rambut Mudah Rontok

Selain kulit, gigi, dan gusi, kamu juga berisiko punya masalah pada rambut saat kekurangan vitamin C. Biasanya, kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan rambut rontok karena pertumbuhannya terhambat.

9. Nyeri Sendi

Waspada jika kamu kerap merasakan nyeri pada sendi, bisa jadi tubuh sedang kekurangan vitamin C. Pada kasus tertentu, hal ini bahkan bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk berjalan.

10. Skorbut

Skorbut merupakan gangguan kesehatan yang ditandai dengan demam, diare, mual, badan lemah, dan kehilangan nafsu makan. Jika kamu mengalami berbagai gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter. Apabila disepelekan, kondisi tersebut bisa memicu timbulnya penyakit mematikan seperti misalnya penyakit jantung.

 

 

Cara Mengatasi Kekurangan Vitamin C

Untuk menghindari dampak dari kekurangan vitamin C di atas, kamu harus mulai memperhatikan pola makan harian dan berusaha untuk mencukupi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Caranya bagaimana?

Mudah saja, kamu hanya perlu menerapkan pola makan sehat dan mengutamakan konsumsi sumber makanan yang tinggi vitamin C. Lalu, makanan apa saja yang kaya akan kandungan vitamin C? Umumnya, kebutuhan vitamin C dapat kamu penuhi dengan rajin makan buah dan sayur. Beberapa jenis buah dan sayur yang punya banyak kandungan vitamin C adalah jambu biji, jeruk, pepaya, nanas, stroberi, kiwi, mangga, brokoli, kembang kol, dan paprika.
 

 

Meski sumber vitamin C terbaik bisa didapatkan dari makan buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, tapi tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C.

Enervon-C adalah suplemen vitamin C  terbaik yang bantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, di dalamnya juga terdapat vitamin B-kompleks yang akan memudahkan pembentukan energi di tubuh sehingga kamu senantiasa fit dan tidak mudah lelah.

Selain dalam bentuk tablet, kamu juga bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang bisa dilarutkan ke dalam segelas air. Bagi kamu yang masih kesulitan dalam menelan tablet, maka opsi Enervon-C Effervescent jadi pilihan yang tepat.

Enervon juga menghadirkan produk lain seperti Enervon Gold. Enervon Active sangat cocok untuk mendukung gaya hidup aktif, sedangkan Enervon Gold jadi pilihan multivitamin yang bantu memelihara kesehatan tubuh untuk usia 50 tahun ke atas. Dapatkan semua produknya dengan mengunjungi official store Enervon di Shopee dan Tokopedia sekarang juga!