Bintan merupakan pulau terbesar di provinsi Kepulauan Riau dan bisa dikatakan sebagai salah satu pulau utama di gugusan Kepulauan tersebut. Namun, dibalik hiruk-pikuknya pulau Bintan yang berlokasi cukup dekat dengan Singapura ini juga terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijalani. Penasaran? Cek langsung rekomendasi destinasi tempat wisata Bintan di bawah ini.

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Paling Hits di Bintan

1. Crystal Lagoon

Crystal Lagoon, atau juga dikenal dengan Treasure Bay, memiliki kolam renang spektakuler. Kolam renang ini adalah kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Luasnya 6,3 hektar dengan panjang sekitar 800 meter. Ini setara dengan 50 kolam ukuran olimpiade jika digabungkan.

Kolam renang ini merupakan bagian dari penginapan mewah yang dibangun di tepi pantai Bintan. Terdapat berbagai macam wahana air yang bisa Anda coba, juga olahraga air yang seru. Panorama alam yang ditawarkan juga indah. Crystal lagoon menjadi kolam renang terbesar di Asia Tenggara hingga saat ini.

Satu hal yang unik, dari Crystal Lagoon adalah kolam raksasa ini berisi air laut. Jadi kita seperti berenang di pantai walaupun tanpa ombak. Air laut dimasukkan setelah melalui proses penyulingan sehingga kondisi air sempurna sepanjang tahun.

Karena itu, air kolam renang tampak membiru sebagaimana laut, menyajikan pemandangan yang indah. Padahal di belakang (background) adalah pantai yang asli, yang juga tak kalah bagusnya. Pemandangan dobel yang memanjakan mata.

2. Gurun Pasir Busung

Sumber: Tempatwisata.pro

Ingin menikmati gurun pasir khas Bintan? Kamu bisa mengunjungi Gurun Pasir Busung yang indah ini. Gurun ini dulunya bekas penambangan bauksit dan berubah menjadi gurun pasir yang cantik.

Berlokasi di Kecamatan Tanjung Uban di sebelah barat laut Pulau Bintan, padang pasir Busung dapat ditempuh selama 45 menit berkendara dari Tanjung Pinang. Kamu dapat menyewa mobil atau jasa travel yang tersedia di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah atau Pelabuhan Sri Bintan Pura. Sesampainya di sana, Kamu akan disambut oleh penduduk desa dengan ramah dan antusias.

Berkelana di padang pasir yang tak kalah cantik dengan yang ada di Timur Tengah ini tentunya bakal bikin kamu terkesima. Kamu pasti tidak percaya jika dulunya ini adalah  bekas tambang pasir yang disulap menjadi destinasi wisata.

Ketika mengunjungi gurun pasir Busung, kamu dapat menyusuri panorama gurun seluas 6,000 hektare ini dan ambil foto serta video sebanyak mungkin agar bisa jadi inspirasi buat teman lain untuk ikut segera berkunjung!

3. Danau Biru

Sumber: Kepripromotion.com

Meskipun bukan sebagai objek wisata, danau biru masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menemukan tempat wisata yang sepi tanpa pengunjung.Danau Biru memiliki Pemandangan yang indah dengan air kolam berwarna biru muda terang.

Di sekelilingnya kamu akan mendapati gumuk pasir berwarna putih bersih. Danau Biru merupakan bekas tambang galian yang penambangannya masih dilakukan hingga sekarang, tidak jauh dari Danau Biru.

Sebagai informasi tambahan, di sini pengunjung dilarang mencelupkan kaki hingga berenang di area danau karena bisa tenggelam. Sebab, danau hanya terdiri dari pasir dan lumpur. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan di wisata Bintan ini antara lain berfoto-foto karena disediakan beberapa spot foto, seperti dek jembatan hingga spot foto berbentuk bingkai love.

4. Pulau Beralas Pasir (White Sands Island)

Sumber: len-diary.com

Pulau Beralas Pasir atau disebut juga dengan White Sands Island adalah sebuah pulau yang terletak di dalam wilayah Teluk Bakau, kabupaten Bintan. Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya ada penjaga pulau saja yang merawatnya. Namun pulau ini menjadi tujuan utama tamu-tamu yang menginap di resort-resort yang ada di sekitaran Kawal, Teluk Bakau dan juga Trikora.

Aktivitas di pulau ini tidak jauh-jauh dari kegiatan air terutama snorkeling. Perairan di sekitar Pulau Beralas Pasir ini memang dikenal sangat jernih dengan karang-karang yang terawat dengan baik. Spot snorkeling biasanya dilakukan di sekitar perairan dangkal pulau ini atau di dekat Pulau Nikoi yang letaknya tidak jauh dari Pulau Beralas Pasir.

Selain itu, terjaganya ekosistem perairan laut di sekitar pulau ini membuatnya dihuni banyak spesies ikan. Dengan begitu pulau ini juga sangat cocok digunakan sebagai spot memancing. Namun bagi yang tidak berani snorkeling bisa juga mendarat ke pantainya dan melakukan kegiatan seperti voli pantai atau sekedar bermain pasir dan bermain air di pinggir pantai.

 

 

5. Pantai Trikora

Sumber: Merahputih.com

Bintan juga terkenal akan Pantai Trikora yaitu pantai pasir putih yang berpadu dengan lautan biru dan bebatuan granit raksasa di sekitarnya. Pantai Trikora memiliki garis pantai yang sangat panjang yaitu mencapai 25 kilometer.

Tempat wisata di Bintan ini dibagi menjadi empat kawasan yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4. Di kawasan Pantai Trikora 1 dan Trikora 2, kamu bisa bermain di pantai lepas. Sementara di kawasan Trikora 3 dan Trikora 4 merupakan kawasan penginapan sehingga harus memesan kamar terlebih dahulu untuk menikmati keindahan pantai.

6. Lagoi Bay

Sumber: destinasian.com

Masih berada dalam satu area dengan Treasure Bay Bintan, tepatnya di Bintan Resort, Lagoi Bay menawarkan pantai pasir putih dengan deretan pohon kelapa yang memberikan pemandangan eksotis. Selain bersantai dengan duduk di bean bag warna-warni yang dilengkapi payung, kamu bisa mencoba aneka watersport seperti speed boat dan jetski atau memancing. Lagoi Bay juga dilengkapi berbagai spot foto menarik untuk kamu yang gemar selfie!

6 Destinasi wisata Bintan paling populer di atas  memang sayang dilewatkan dan wajib dikunjungi saat bepergian ke Riau. Namun jangan lupa,  selama bepergian, kondisi kesehatan menjadi hal yang terpenting. Pastikan saat traveling badanmu dalam kondisi fit dan bugar. Untuk menunjang kebugaran selama bepergian sebaiknya rutin mengonsumsi multivitamin dan mineral tambahan seperti Enervon Active!

Enervon Active adalah multivitamin terbaik dengan kandungan ENERZINC, yang bisa kamu konsumsi setiap hari lho! Selain jadi gak gampang capek, multivitamin yang satu ini juga efektif bantu pembentukan energi di tubuh karena mengandung Non-acidic Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan juga Zinc.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena Enervon Active gak akan buat ketagihan serta aman bagi lambung. Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan produk Enervon Active sekarang juga dan miliki gaya hidup aktif setiap hari! Dapatkan produk-produk aslinya dengan mengunjungi official store di Shopee atau Tokopedia berikut!