Sudah bukan rahasia lagi kalau vitamin C menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya organ dalam, konsumsi rutin vitamin C juga akan merawat wajahmu dari dalam lho! Makanya tak jarang banyak produk kecantikan atau perawatan wajah yang menjadikan vitamin C sebagai salah satu komponennya. Ingin tahu apa saja manfaat vitamin C untuk wajah? Simak jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini ya!

Sebelum masuk dalam pembahasan utama, sudahkah kamu memahami bahwa wajah yang sehat tidak hanya untuk kebutuhan estetika saja? Kulit wajah yang sehat merupakan perlindungan pertama kali dan paling luar dari kuman, bakteri, dan paparan sinar matahari. Memiliki kulit wajah yang sehat berarti memiliki benteng sistem imun yang lebih optimal. Sedangkan wajah yang bercahaya (glowing) adalah salah satu tanda dari kulit wajah yang sehat tersebut. Tanda lainnya adalah kelembapan wajah yang terjaga, tidak terlalu kering, dan tidak terlalu berminyak.

Kulit wajah yang tidak sehat bisa lebih rentan mengalami infeksi serta gangguan fungsi saraf dalam merasakan dingin, panas, dan rasa sakit. Padahal kulit juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh agar tetap stabil. Banyak sekali jenis penyakit yang menyerang seseorang karena masuknya patogen pembawa penyakit melalui kulit yang tidak sehat, baik itu dalam bentuk virus, jamur, maupun parasit. Karena itulah menjaga kesehatan kulit dan wajah adalah hal penting dan vitamin C adalah nutrisi yang tepat untuk mendukungnya.

Cara Kerja Vitamin C pada Kulit dan Wajah

Vitamin C atau asam askorbat merupakan mikronutrien yang menjadi komponen utama dalam proses sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, mencerahkan kulit wajah, bersifat anti-aging, hingga mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian, kamu telah mendukung produksi kolagen tanpa harus mengonsumsi suplemen kolagen tambahan.

Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas yang sulit kita hindari, seperti polusi udara, asap rokok, sinar UV, dan lain-lain. Vitamin C mampu mengirimkan elektron untuk memadamkan reaktivitas dari radikal bebas. Untuk lebih detail soal manfaat vitamin C pada wajah akan dijelaskan di bawah ini.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Banyak produk-produk perawatan kulit yang mengklaim bahwa kandungan vitamin C di dalamnya bisa mencegah penuaan dini. Apa benar demikian? Berikut berbagai manfaat vitamin C untuk kulit wajah yang wajib kamu tahu!

1. Menjadikan Warna Kulit Lebih Rata

Salah satu masalah kulit yang cukup menjengkelkan buat kaum wanita adalah hiperpigmentasi, yaitu kondisi kulit yang terlihat lebih gelap di area atau bagian tertentu dibanding area lainnya. Umumnya, hiperpigmentasi pada wajah meliputi bekas jerawat, flek hitam, hingga bintik-bintik di kulit akibat penuaan dini. Berdasarkan satu studi ditemukan bahwa menggunakan produk kulit dengan kandungan vitamin C selama 16 minggu mampu mencerahkan area kulit wajah yang gelap secara signifikan.

2. Menyamarkan Mata Panda

Nah, buat kamu yang punya masalah di area mata seperti mata panda dan kerutan di ujung mata (crow’s feet), maka konsumsi vitamin C mampu membantu mencerahkan area yang gelap. Nutrisi ini juga dapat melembutkan area mata dengan kerutan sehingga memberikan kesan mata yang segar dan lebih cerah.

3. Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Perlu dipahami bahwa kerutan kulit wajah itu normal akibat penuaan, namun bisa datang lebih cepat (penuaan dini) jika kamu terpapar radikal bebas dengan intensitas tinggi tanpa perawatan kulit bersama vitamin C. Beberapa studi menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan vitamin C harian selama 12 minggu mampu mengurangi munculnya kerutan dan garis halus. Studi lain yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition dan melibatkan 4.025 perempuan usia 40-74 tahun, menunjukkan asupan vitamin C yang cukup berkaitan erat dengan rendahnya kemunculan kerutan dan tampilan kulit yang lebih baik saat menua.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Masih dari hasil penelitian American Journal of Clinical Nutrition di atas, vitamin C juga terbukti mampu menurunkan risiko terjadinya kulit kering. Hal ini juga berkaitan erat dengan produksi kolagen yang terjadi dalam tubuh. Tentu saja manfaat ini akan lebih optimal jika kamu juga memenuhi asupan cairan tubuh sehari-hari.

5. Mengatasi Peradangan Kulit

Peradangan pada kulit bisa dipicu oleh banyak hal seperti dermatitis atopik, psoriasis dan jerawat yang diikuti rasa sakit, kulit terlalu kering, hingga gatal. Cara mengatasi hal tersebut juga berbeda-beda, tergantung dari kondisi kulit masing-masing dan penyebab utamanya. Dalam hal ini, vitamin C berperan penting karena berfungsi sebagai anti inflamasi dalam lingkungan patologis. Termasuk menghilangkan kemerahan akibat paparan sinar radiasi UV. Selain ampuh dalam mengatasi masalah kemerahan pada kulit, vitamin C juga akan meredakan kulit yang teriritasi.

6. Menyamarkan Bekas Luka

Dalam sebuah studi pada 80 orang dengan luka bekas jahitan pada kulitnya, vitamin C dalam bentuk gel terbukti mampu menyamarkan bekas luka. Setengah dari responden menggunakan gel tersebut setiap hari selama 6 bulan dan setengahnya lagi tidak. Ternyata bekas luka pada orang yang mengoleskan vitamin C kurang terlihat dibanding yang tidak mengoleskannya. Hal ini berkaitan erat dengan produksi kolagen yang tercukupi sehingga kulit cepat melakukan perbaikan sel.

Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, yaitu mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, mengaplikasikan serum, injeksi, dan minum suplemen vitamin C. Penjelasannya dapat kamu simak di bawah ini.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Tips pertama yang paling direkomendasikan dalam memenuhi kebutuhan vitamin C adalah dengan mengonsumsi berbagai sumber makanan yang kaya akan vitamin C. Perlu diketahui bahwa sumber-sumber pangan yang mengandung asam askorbat bisa kamu temukan pada buah-buahan dan sayuran yang umumnya berwarna cerah. Beberapa jenis buah yang mengandung banyak vitamin C adalah jambu biji, stroberi, kiwi, pepaya, jeruk, dan lemon. Untuk sayuran, kamu bisa memilih brokoli, kembang kol, bayam, tomat, dan paprika.

2. Mengaplikasikan Serum Asam Askorbat

Selain mengupayakan pola makan bergizi seimbang, kamu juga bisa mengaplikasikan serum asam askorbat pada kulit dan wajah. Namun sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit atau ahli estetik terpercaya untuk mendapatkan serum vitamin C dengan dosis yang tepat.

Pasalnya, serum vitamin C merupakan jenis serum yang bahannya sangat kuat sehingga cukup berisiko untuk kulit sensitif. Apabila kamu merasa gatal-gatal, muncul kemerahan, atau merasa terbakar saat mengaplikasikan serum tersebut, bisa jadi kulitmu mengalami iritasi.

Satu lagi, tetaplah aplikasikan tabir surya meskipun vitamin C mampu melindungi kulit dari sinar UV. Hal ini karena peran tabir surya berbeda dengan vitamin C dan fungsi perlindungan akan jauh lebih optimal ketika keduanya digunakan bersamaan.

3. Injeksi Vitamin C

Injeksi vitamin C saat ini banyak diminati terutama oleh perempuan karena menjanjikan perubahan warna kulit yang lebih cerah secara instan. Pastikan kamu telah berkonsultasi terlebih dulu kepada ahlinya untuk meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi seperti mual, nyeri pada bekas suntikan, hingga infeksi di area yang disuntik.

4. Minum Suplemen Vitamin C

Cara lain yang lebih aman untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada kulit cantikmu yaitu dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Saat akan membeli produk suplemen, pilih merek terpercaya dengan kandungan dosis vitamin C yang tidak berlebihan. Batas aman asupan vitamin C per hari adalah 1.800-2.000 mg bagi orang dewasa. Jadi lihat dan cermati aturan pakai dan informasi kandungan pada kemasan.

Dari sekian banyaknya merek suplemen asam askorbat di pasaran, Enervon-C Effervescent menjadi pilihan yang terbaik. Di dalam satu tablet larut air Enervon-C Effervescent terkandung 1000 mg vitamin C dan juga kombinasi vitamin B kompleks yang akan menambah energi tubuh. Jadi tak hanya menjadikan kulit lebih sehat, suplemen multivitamin dan mineral yang satu ini juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit. Dapatkan produknya sekarang juga dengan berbelanja di official store yang ada di Shopee dan Tokopedia berikut!

Referensi:

  1. Alicia Barney. 2022. The Benefits of Vitamin C for Your Skin. Diakses dari https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-benefits-of-vitamin-c-for-skin
  2. Kiehl’s Australia. 2024. The Truth About Vitamin C In Skincare & Its Benefits For Skin. Diakses dari https://www.kiehls.com.au/skincare-advice/the-truth-about-vitamin-c-skin-care.html
  3. Kathleen M. Zelman. 2024. The Benefits of Vitamin C. Diakses dari https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c
  4. National Institutes of Health. 2021. Vitamin C. Diakses dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-Consumer/