Sudah bukan rahasia lagi kalau vitamin C menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, tak hanya itu saja, konsumsi rutin vitamin C/asam askorbat juga akan merawat kulitmu dari dalam lho! Makanya tak jarang banyak produk kecantikan atau skincare yang menjadikan vitamin C sebagai salah satu komponennya. Ingin tahu apa saja manfaat vitamin C untuk kulit? Simak jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini ya!

Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Jika vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, lalu apa saja manfaatnya untuk kulit? Banyak produk-produk perawatan kulit yang mengklaim bahwa kandungan vitamin C di dalamnya bisa mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan dini. Apa benar demikian? Berikut berbagai manfaat vitamin C untuk kulit yang wajib kamu tahu!

1. Bantu Cerahkan Kulit

Vitamin C secara efektif mengatasi permasalahan kulit kusam sehingga wajah jadi terlihat lebih cerah. Selain itu, kulit juga terasa lebih halus dan glowing dari sebelumnya. Jadi, masih mau melewatkan manfaat asam askorbat yang satu ini.

2. Menjadikan Kulit Lebih Rata

Salah satu masalah kulit yang cukup menjengkelkan buat kaum wanita adalah hiperpigmentasi, apa itu? Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang terlihat lebih gelap di area atau bagian tertentu. Umumnya, hiperpigmentasi pada wajah meliputi bekas jerawat, sun spots, hingga bintik-bintik di kulit akibat penuaan dini.

3. Menyamarkan Mata Panda

Nah, buat kamu yang punya masalah di area seperti mata panda, maka wajib mengonsumsi vitamin C. Pasalnya, vitamin C cukup ampuh untuk mengurangi lingkaran hitam di area mata lho! Jadi, tunggu apalagi, yuk penuhi asupan vitamin C di tubuh mulai dari sekarang!

4. Mengurangi Kerutan 

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini seperti misalnya paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, dan lain-lain. Nah, selain menghindari hal-hal tersebut, kamu bisa mencukupi kebutuhan vitamin C yang mampu mengurangi garis-garis halus atau kerutan di wajah.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah senyawa yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Dalam hal ini, vitamin C akan menghambat bahkan menghilangkan radikal bebas yang berasal dari polusi lingkungan dan radiasi sinar UV. Antioksidan yang ada di vitamin C sangat berguna untuk mempertahankan kulit wajah dari kerusakan yang akibat sinar UV.

 

 

6. Mendorong Produksi Kolagen

Tahukah kamu bahwa vitamin C dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen? Kolagen sendiri merupakan protein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit karena selain bisa mencerahkan, kolagen juga bersifat anti-aging, dan mempercepat proses penyembuhan luka di kulit.

7. Mengatasi Peradangan Kulit

Peradangan pada kulit bisa dipicu oleh banyak hal seperti dermatitis atopik, psoriasis dan jerawat, yang diikuti rasa sakit, kekeringan, hingga gatal. Cara mengatasi hal tersebut juga berbeda-beda, tergantung dari kondisi kulit masing-masing.

Dalam hal ini, vitamin C berperan penting karena berfungsi sebagai anti inflamasi dalam lingkungan patologis.

8. Mengatasi Kemerahan di Kulit

Manfaat lain dari vitamin C adalah menghilangkan kemerahan akibat sinar radiasi UV. Selain ampuh dalam mengatasi masalah kemerahan pada kulit, vitamin C juga akan membuat warna kulit jadi lebih merata lho!

9. Hilangkan Bekas Jerawat

Vitamin C yang kamu dapatkan dari asupan makanan bergizi, injeksi serum, hingga suplemen asam askorbat juga sangat ampuh untuk mempercepat penyembuhan luka. Bahkan, vitamin C juga terbukti mampu menghilangkan bekas luka.

 

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C di tubuh, yaitu mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, mengaplikasikan serum asam askorbat, injeksi vitamin C, dan minum suplemen vitamin C. Penjelasannya dapat kamu simak di bawah ini.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Tips pertama yang paling direkomendasikan dalam memenuhi kebutuhan vitamin C di tubuh adalah dengan mengonsumsi berbagai sumber makanan yang kaya akan vitamin C. Perlu diketahui bahwa sumber-sumber pangan yang mengandung asam askorbat bisa kamu temukan pada buah-buahan dan juga sayuran.

Beberapa jenis buah yang mengandung banyak vitamin C adalah jambu biji, stroberi, kiwi, pepaya, jeruk, lemon, leci, dan blackcurrant. Untuk sayuran, kamu bisa memilih brokoli, kembang kol, bayam, kale, dan juga paprika.

2. Mengaplikasikan Serum Asam Askorbat

Selain mengupayakan asupan makanan alami yang mengandung vitamin C, kamu juga bisa mengaplikasikan serum asam askorbat pada kulit. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit atau ahli aesthetic terpercaya untuk mendapatkan serum vitamin C dengan dosis yang tepat.

Pasalnya, serum vitamin C merupakan jenis serum yang bahannya sangat kuat sehingga cukup berisiko untuk kulit sensitif. Apabila kamu merasa gatal-gatal, muncul kemerahan, atau merasa terbakar saat mengaplikasikan serum tersebut, bisa jadi kulitmu mengalami iritasi.

3. Injeksi Vitamin C

Injeksi vitamin C saat ini banyak diminati terutama oleh kaum hawa karena menjanjikan perubahan warna kulit yang lebih cerah secara instan. Namun, lagi-lagi kamu harus berkonsultasi terlebih dulu kepada ahlinya untuk meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi seperti mual, nyeri pada bekas suntikan, hingga infeksi di area yang disuntik.

 

 

4. Minum Suplemen Vitamin C

Cara lain yang lebih aman untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada kulit cantikmu yaitu dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Dari sekian banyaknya merek suplemen asam askorbat di pasaran, Enervon-C Effervescent menjadi pilihan yang terbaik.

Di dalam satu tablet larut air Enervon-C Effervescent terkandung 1000 mg vitamin C dan juga kombinasi B kompleks yang akan menambah energi di tubuh. Jadi tak hanya menjadikan kulit lebih sehat, multivitamin yang satu ini juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.

Dapatkan produknya sekarang juga dengan berbelanja di official store terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia berikut!