Memasuki usia 30-an, kamu pasti mulai insecure dengan berbagai tanda-tanda penuaan di wajah. Berbagai produk anti-aging pun banyak diburu untuk mengatasi hal tersebut terutama oleh kaum hawa. Bahkan, tak sedikit yang rela menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan perawatan medis demi bisa tetap muda. Meski proses penuaan tidak bisa kamu hindari, tapi ada beberapa tips awet muda yang lebih sederhana untuk kamu coba berikut ini!

Tips Awet Muda 

Menjaga wajah agar tetap awet muda tidak selalu mahal lho! Meski memberikan perawatan terbaik untuk kulit cukup penting, tapi kamu masih bisa melakukan beberapa cara lain untuk bisa tetap tampil muda. Menariknya, cara-cara ini berhubungan dengan pola hidup sehat. Jadi, tak hanya bisa tetap muda, kamu juga sekaligus akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Kira-kira apa saja ya? Simak rahasianya di bawah ini!

1.  Perhatikan Pola Makan

Tips awet muda pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan pola makan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan, daging tanpa lemak, gandum utuh, dan sebagainya.

Kamu bisa mengutamakan konsumsi buah alpukat karena di dalamnya terdapat biotin yang efektif menjaga kulit tetap lembap dan elastis secara alami. Zat penting lainnya yang cukup efektif untuk membuatmu tetap awet muda di antaranya adalah vitamin C dan E, antioksidan, hingga asam lemak tak jenuh.

Agar lebih maksimal, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi gula untuk menghindari penuaan dini.

 

 

2. Banyak Minum Air Putih

Selain memperhatikan asupan makanan, kamu juga harus banyak minum air putih supaya bisa awet muda. Umumnya, orang dewasa disarankan untuk minum 2 liter air putih setiap harinya. Namun, jika kamu punya aktivitas yang berat atau lebih padat, maka tambahkan konsumsinya supaya kebutuhan cairan harian selalu terpenuhi.

Tak hanya baik untuk kesehatan, konsumsi air putih yang banyak juga membantu kulit selalu terhidrasi sehingga tidak gampang kering dan terlihat tetap muda. Yuk perbanyak minum air putih mulai sekarang!

3. Ayo Olahraga!

Buat kamu yang mageran, yuk segera stop kebiasaan itu dan mulailah untuk rutin berolahraga! Tak hanya membuat tubuh tetap bugar, olahraga yang dilakukan secara intens juga akan membuat kulit tampak muda lho!

Dengan melakukan aktivitas fisik ringan setiap hari, hal ini akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan sistem imunitas dan juga menghambat penuaan dini sehingga wajah terlihat muda terus!

Pilih olahraga yang kamu sukai dan tidak memberatkan diri ya! Beberapa opsinya seperti jalan kaki, jogging, senam, berenang, bersepeda, dan lain-lain.

 

 

4. Jangan Begadang!

Warning nih buat kamu yang suka kerja lembur atau drakoran sampai larut malam! Ternyata, hobi begadang tidak baik untuk kulit karena akan memicu penuaan dini. Jadi, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut dan selalu tidur teratur selama 7 hingga 8 jam per hari. Tips awet mudah yang satu ini menjadi cara yang paling mudah dan pastinya menyenangkan untuk dilakukan bukan!

5. Mampu Mengelola Stres

Jangan menyepelekan stres karena selain berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental, hal ini juga bisa membuat kulit mengalami penuaan dini lho! Pasalnya, stres rentan mengganggu pola makan dan tidur seseorang yang tentu saja tidak baik untuk kulitmu. 

Tak hanya itu saja, tubuh biasanya akan mengeluarkan hormon kortisol saat stres, sehingga memicu timbulnya tanda-tanda penuaan. Jadi, saat kamu merasa stres, segera atasi hal itu dan jangan biarkan sampai berlarut-larut ya!

 

 

6. Sebaiknya Hindari Rokok dan Alkohol

Penuaan dini ditandai dengan munculnya keriput, kerutan, hingga bintik-bintik hitam di wajah. Ada banyak pemicu yang menyebabkannya muncul sebelum waktunya, salah satunya adalah merokok. 

Perlu kamu tahu, bahwa merokok bisa membuat kulit mudah berkerut hingga muncul garis-garis halus di area mulut dan mata, hingga kusam. Tak hanya itu saja, kebiasaan minum alkohol juga tidak baik untuk kulit karena akan membuat kering sehingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

7. Pakai Sunscreen saat Keluar Rumah

Sinar UVA dan UVB punya dampak negatif untuk kulit kamu lho! Pasalnya, paparan sinar UV ternyata bisa mempercepat proses penuaan. Jadi, pastikan untuk melindungi kulitmu dengan sunscreen/tabir surya saat melakukan aktivitas di luar ruangan ya! 

Bahkan, kamu disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen saat cuaca sedang tidak panas sekali pun. Pilih jenis tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 supaya kulit terlindungi secara optimal.

 

 

Selain melakukan beberapa tips awet muda di atas, kamu juga bisa rutin mengonsumsi suplemen vitamin C seperti Enervon-C Tablet. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa vitamin C merupakan salah satu zat yang membuat kulit jadi terlihat lebih muda.

Bahkan, multivitamin yang satu ini juga diperkaya dengan tambahan vitamin B kompleks sehingga tak hanya bagus untuk kulit, tapi juga menjaga daya tahan tubuh supaya tetap fit dan gak gampang sakit.

Jadi tunggu apalagi, segera order Enervon-C Tablet sekarang juga dengan mengunjungi tautan official store terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia!