Bagi sebagian besar orang, sakit tidak hanya mengganggu kegiatan selama beberapa hari. Tapi juga membuat badan terasa lebih lemas bahkan setelah sembuh. Meski tampak sepele, lelah setelah sakit juga sama mengganggunya dengan saat sakit. Tubuh yang sebenarnya sudah cukup berenergi dan siap beraktivitas menjadi lebih sulit dikelola. Kamu mungkin akan lebih sulit berkonsentrasi dan menyelesaikan beragam kegiatan. Untuk itu, simak cara mengatasi badan lemas setelah sakit pada ulasan ini.

Badan Lemas Setelah Sakit dan Penyebabnya

Badan lemas setelah sakit adalah hal yang normal terjadi. Bahkan jika sakit yang diderita cukup ringan, seperti flu dan demam. Dari segi kesehatan, tubuh yang berusaha melawan infeksi virus dan bakteri membutuhkan energi yang besar. Untuk beberapa jenis sakit yang menimbulkan gejala diare, tubuh bahkan terpaksa kehilangan banyak cairan tubuh. Apalagi jika seseorang menjadi kurang nafsu makan selama sakit. Beberapa hal inilah yang memicu tubuh masih lemas saat sudah sembuh.

Sehingga waktu pemulihan memang diperlukan untuk mengembalikan stamina tubuh. Ketika masa pemulihan dilakukan dengan cara yang tepat, tubuh akan kembali bugar dalam waktu yang singkat. Simak daftar cara mengatasi badan lemas setelah sakit berikut ini.

 

Cara Mengatasinya dengan Alami

1. Tidur Berkualitas yang Cukup

Kunci dari tubuh yang sedang dalam masa pemulihan adalah tidur. Tentu saja tidur yang berkualitas dengan waktu yang cukup, yaitu 7-9 jam. Tidur berkualitas membantu tubuh dalam memproduksi dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Metabolisme tubuh akan bekerja lebih baik saat kamu sedang tidur. Dalam waktu rata-rata istirahat 8 jam, usahakan kamu mengatur polanya juga ya. Jangan sampai ritme sirkadian kamu rusak akibat waktu tidur yang kurang teratur.

2. Perhatikan Asupan Makan

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan asupan gizi yang kamu konsumsi. Mengonsumsi menu makanan yang bervariasi akan melengkapi kebutuhan energi tubuh. Terutama makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti buah dan sayur. Bila nafsu makan kamu belum kembali, makanlah dengan porsi kecil namun lebih sering. Selain itu, hindari juga makanan manis dan makanan olahan. Jenis makanan tersebut sulit dicerna lambung sehingga proses penyerapan nutrisi menjadi lebih lambat.

3. Hidrasi Tubuh dengan Baik

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, tubuh juga harus terhidrasi dengan baik. Saat normal saja kamu dianjurkan mencukupi kebutuhan air putih, apalagi saat kamu baru saja sembuh dari sakit. Cairan tubuh yang cukup membuat badan lebih segar dan bugar. Bahkan untuk penderita diare yang cukup lama, konsumsi air mineral harus lebih banyak dibanding orang dengan keluhan lain. Sedangkan untuk badan lemas yang disertai pusing, air putih membantu proses peredaran oksigen ke otak menjadi lebih baik untuk mengurangi pusing.

4. Yoga dan Olahraga Ringan Lain

Meski tubuh lemas, usahakan untuk tetap meluangkan waktu berolahraga. Olahraga ringan saat tubuh masih lemah dapat dilakukan dengan waktu rata-rata 30 menit. Beberapa bentuk olahraga ringan yang bisa dicoba adalah bersepeda, jalan kaki, dan/atau jogging. Yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membantu kamu memulihkan kesehatan. Selain fit, kamu juga akan lebih positif dalam menghadapi hari-hari setelah sakit.

5. Mengelola Aktivitas Bertahap

Untuk kamu yang terbiasa memiliki aktivitas padat, kondisi tubuh pasca sakit pasti akan sangat mengganggu. Meskipun begitu, pengelolaan aktivitas secara bertahap justru akan membuat tubuh kembali bugar lebih cepat. Kamu perlu mempertimbangkan untuk minta izin work from home agar mengurangi energi ekstra yang harus keluar saat berangkat dan pulang bekerja. Cara ini juga bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan tertular sakit lain saat tubuh masih lemas.

6. Menghindari Beban Pikiran Berlebih

Selain aktivitas fisik, aktivitas pikiran juga harus dikelola dengan baik lho. Beban pikiran yang meningkat biasanya terjadi karena adanya tuntutan untuk mengejar ketertinggalan selama sakit. Baik itu berupa pekerjaan dari kantor maupun tugas sekolah atau kuliah. Padahal kondisi stres bisa memengaruhi cara kerja fisik secara signifikan, termasuk dalam memulihkan badan. Lakukan hal-hal yang membuat suasana hati kamu meningkat. Kombinasikan juga dengan latihan pernapasan dan meditasi.

7. Mencari Bantuan Bila Berlanjut

Pada beberapa kasus, badan lemas setelah sakit bisa dialami lebih lama dibanding biasanya. Bila berbagai cara alami di atas kurang menunjukkan hasil, ada baiknya kamu melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan. Badan lemas bisa menjadi gejala atau tanda untuk penyakit lain yang membutuhkan penanganan khusus. Jika diketahui lebih dini, kamu juga bisa menyelesaikan sumber masalahnya lebih cepat. Kamu mungkin akan menjalani proses pemeriksaan yang lebih detail.

Cara mengatasi badan lemas setelah sakit di atas akan jauh lebih baik jika terus dilakukan sehingga membentuk kebiasaan yang sehat. Gaya hidup sehat memang cara terbaik untuk mengembalikan stamina tubuh dan menjaganya tetap bugar. Dukung gaya hidup sehat kamu bersama Enervon-C Tablet. Kandungan multivitamin dan mineralnya membantu tubuh memenuhi kebutuhan energi tubuh sehari-hari. Temukan produknya yang asli dengan mengunjungi Shopee atau Tokopedia Enervon sekarang juga.