Memiliki kehidupan profesional yang seimbang dengan kehidupan pribadi adalah impian semua orang, kamu mungkin juga salah satunya! Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan hal tersebut karena tuntutan kerja yang terlalu padat. Namun, jangan pesimis dulu, bisa jadi kamu belum menemukan cara yang tepat dalam menciptakan work life balance tersebut.

Saat seseorang memiliki kehidupan profesional dan personal yang seimbang, ada banyak manfaat yang bisa didapat, mulai dari merasa bahagia, tidak mudah stres, dan memiliki banyak waktu untuk berolahraga demi menjaga kesehatan.

Bayangkan jika waktu keseharian hanya dihabiskan untuk bekerja, kamu mungkin berpeluang untuk mendapatkan banyak bonus, tapi kesehatan fisik dan mental jadi taruhannya. Nah, pastinya kamu tidak ingin hal ini sampai terjadi bukan? Oleh sebab itu, ayo seimbangkan hidupmu dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

Apa Itu Work Life Balance?

Nah, sebelum membahas bagaimana cara untuk mewujudkan work life balance, pahami dulu yuk tentang pengertian dan manfaatnya! Work life balance adalah kondisi di mana seseorang dapat mengatur kehidupannya secara seimbang dan harmonis, baik kehidupan kerja, kehidupan bersama keluarga, kehidupan pada diri sendiri, dan lain-lainnya.

Saat kamu memiliki kehidupan yang seimbang tersebut, maka kehidupan sehari-hari dapat berjalan dengan lancar dan minim terjadi konflik antar satu sama lain. Dengan kata lain, hal ini juga dapat diartikan sebagai kepiawaian seseorang dalam mengatur rutinitas kerja dan kegiatan pribadi secara seimbang tanpa harus mengorbankan salah satunya.

Memiliki keseimbangan hidup baik di lingkup profesional dan pribadi sangat penting dan akan membuat seseorang menjadi lebih produktif. Tak hanya itu saja, orang-orang yang berhasil mewujudkan work life balance juga cenderung lebih kreatif. 

Pasalnya, mereka punya waktu lebih untuk melakukan hal-hal menyenangkan di luar perusahaan, sehingga saat kembali bekerja kondisi fisik dan mentalnya sangat mendukung untuk melakukan aktivitas kerja dengan lebih baik.

Namun, saat seseorang tidak memiliki kehidupan kerja dan pribadi secara seimbang, kinerjanya di perusahaan justru cenderung menurun. Kenapa demikian? Hal ini karena tuntutan kerja yang tidak mampu diselesaikan sampai-sampai mengorbankan waktu pribadi. Jika hal ini sampai terjadi, maka seseorang justru rentan mengalami stres karena beban kerja yang terlalu tinggi.

Nah, mengingat pentingnya keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi, maka kamu sebaiknya mengusahakan yang terbaik untuk bisa mewujudkannya. Ini berbagai manfaat work life balance yang sebaiknya kamu tahu!

  • Lebih produktif saat di tempat kerja.
  • Performa kerja meningkat dan lebih bisa berpikir kreatif.
  • Tidak mudah stres, karena memiliki cukup waktu untuk dinikmati di luar perusahaan.
  • Merasa lebih bahagia.
  • Memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah sakit.
  • Kesehatan mental terjaga.
  • Memiliki hubungan yang baik dengan orang sekitar. 

 

 

Bagaimana Cara Mewujudkan Work Life Balance?

Lalu hal apa saja ya yang bisa dilakukan supaya kamu bisa mewujudkan keseimbangan hidup di tempat kerja dan di ruang pribadi? Simak berbagai cara berikut ini.

1. Memahami Kelebihan dan Kekuranganmu

Pertama-tama, cobalah untuk memahami apa saja yang menjadi kelebihan serta kekuranganmu. Hal ini sangat penting untuk memaksimalkan kinerja harian di perusahaan. Kamu bisa mengoptimalkan berbagai kelebihan yang dimiliki supaya tugas dan tanggung jawab di perusahaan bisa diselesaikan dengan baik.

Kemudian, diskusikan kekuranganmu ke atasan supaya hal tersebut bisa segera diatasi, sehingga hal ini tidak akan menghambat kinerjamu selama bekerja. Apabila keduanya terpenuhi, maka kamu bisa bekerja dengan lebih produktif di perusahaan.

2. Memiliki Time Management yang Baik

Selain memahami kelebihan dan kekurangan diri, kamu juga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Time management yang baik bisa kamu wujudkan dengan membuat daftar list pekerjaan, memprioritaskan pekerjaan yang urgent, serta fokus mengerjakan semua tanggung jawab yang dimiliki di perusahaan.

Hindari hal-hal yang bisa mengganggu aktivitas kerja atau sesuatu yang bisa memecah konsentrasimu saat mengerjakan tugas, sehingga pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

3. Bangun Hubungan yang Baik di Tempat Kerja

Tak melulu soal diri sendiri, kamu juga harus membangun hubungan yang baik ke sesama rekan kerja di perusahaan. Memiliki hubungan yang harmonis dengan anggota tim atau rekan satu divisi tentu akan membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan. 

Dengan demikian, produktivitas kerja akan meningkat dan semua tugas dan tanggung jawab dapat selesai sesuai tenggat waktunya.

4. Jangan Terlalu Perfeksionis!

Memberikan hasil kerja yang berkualitas memang memengaruhi evaluasi kinerja karyawan di dalam perusahaan. Namun, jangan sampai hal ini justru membuatmu terlalu perfeksionis terhadap pekerjaan. 

Apabila kamu sudah bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh, maka hal tersebut sudah lebih dari cukup. Jangan terlalu berambisi untuk melakukan pekerjaan dengan sangat sempurna karena hal tersebut hanya akan membuat waktumu habis di tempat kerja.

5. Merapikan Meja Kerja

Cara lain yang bisa kamu coba untuk mewujudkan work life balance adalah merapikan meja kerja di kantor. Ya, cara sederhana ini bisa memberikan dampak yang luar biasa di tempat kerja lho! 

Kamu tentunya akan lebih bersemangat jika bekerja di tempat yang bersih dan rapi. Selain itu, tata dan hias meja kerjamu semenarik mungkin supaya suasana kerja tidak monoton ataupun membosankan.

6. Sempatkan Diri untuk Berolahraga

Saat keluar dari zona kerja, maka sempatkan diri untuk melakukan olahraga ya! Selain makan makanan yang bergizi dan mencukupi waktu tidur, olahraga juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Tak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, rutin melakukan aktivitas fisik juga berdampak pada kesehatan mental lho! Saat kamu berolahraga, tubuh akan mengeluarkan zat endorfin yang memengaruhi suasana hati, sehingga kamu akan selalu merasa bahagia setiap harinya.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau joging. Melakukan aktivitas fisik di dalam ruangan seperti yoga atau pilates juga bisa jadi opsi lainnya. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk melakukan aktivitas fisik bersama keluarga atau teman supaya kegiatan ini terasa lebih menyenangkan.

7. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Nah, selain menyempatkan diri untuk berolahraga, kamu juga bisa meluangkan waktu untuk me time. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menjalankan hobi tertentu atau sekedar refreshing seperti menonton film favorit, traveling ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, mencoba resep masakan baru, dan lain-lain.

 

 

Selain melakukan tujuh cara di atas, kamu juga bisa rutin mengonsumsi Enervon Active supaya tetap bertenaga dan tidak mudah lelah! Multivitamin yang satu ini tak hanya mengandung vitamin C yang efektif menjaga daya tahan tubuh, tapi juga vitamin B Komplek serta Zinc yang bantu pembentukan energi di dalam tubuh.

Tetap aktif dan fit bersama Enervon Active dengan rutin mengonsumsinya setiap hari ya! Klik tautan di Shopee dan Tokopedia berikut untuk membeli produknya sekarang juga!