Persiapan liburan memang menyita waktu karena ada banyak barang yang harus dibawa saat traveling. Namun, pastikan kamu hanya membawa barang-barang yang benar-benar penting saja agar perjalanan tetap aman, nyaman, dan menyenangkan. Supaya tidak over bagasi, yuk simak apa saja keperluan esensial yang perlu kamu bawa dalam artikel berikut ini!

Barang yang Harus Dibawa saat Traveling

Bagi kamu yang masih bingung harus membawa apa saja saat pergi traveling ke luar kota atau bahkan luar negeri, rangkuman di bawah ini semoga cukup membantu ya!

1. Travel Bag Organizer

Jika kamu bepergian untuk jangka waktu yang lama, maka membawa travel bag organizer wajib hukumnya! Kamu hanya perlu menata barang bawaan sesuai kategori ke dalam tas-tas kecil sebelum memasukkannya ke dalam koper atau tas yang lebih besar. Selain terlihat rapi, hal ini juga akan memudahkanmu saat mengeluarkan sesuatu dari dalam tas.

2. Powerbank dan Charger Smartphone

Powerbank dan charger smartphone menjadi dua benda wajib yang harus dibawa saat traveling. Di era media sosial seperti sekarang, kamu pasti ingin selalu membagikan semua aktivitas selama liburan di akun jejaring sosial pribadi. Oleh sebab itu, pastikan daya baterai ponsel selalu penuh supaya kamu bisa hunting foto dan membuat video sepuasnya. 

Powerbank bisa menjadi pertolongan pertama saat baterai ponsel habis selama di perjalanan atau berada di tempat wisata. Namun, jika baterai habis sesampainya di hotel atau penginapan, maka cukup gunakan charger untuk mengisi daya baterai smartphonemu.

3. Tisu Basah dan Tisu Kering

Meski terkesan sepele, tisu basah dan tisu kering menjadi benda esensial berikutnya yang tidak boleh ketinggalan saat sedang liburan. Baik tisu basah dan tisu kering sangat berguna saat menggunakan toilet umum, ingin membersihkan tangan tapi jauh dari sumber air, menyeka keringat, mengelap kotoran, dan sebagainya.

 

 

4. Membawa Mukena Pribadi

Meski ada banyak masjid atau mushola yang bisa kita temui selama traveling, tapi pastikan untuk membawa peralatan ibadah sendiri ya! Jangan lupa untuk membawa mukena travel size dan juga sarung untuk pria saat sedang liburan. Pasalnya, masih banyak tempat ibadah yang tidak menyediakan alat sholat atau kondisinya kotor sehingga tidak nyaman untuk digunakan.

5.  Obat-obatan Pribadi

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mual, pusing, masuk angin, flu, demam, perut begah, dan sebagainya, kamu sebaiknya juga membawa obat-obatan pribadi ya! 

Apalagi jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu dan diwajibkan untuk mengonsumsi obat resep dokter dalam jangka waktu tertentu, maka jangan sampai lupa untuk membawanya. Siapkan juga minyak kayu putih dan juga plester untuk berjaga-jaga.

6. Peralatan Mandi

Nah, peralatan mandi juga wajib kamu bawa selama pergi liburan bareng keluarga atau teman. Contoh alat-alat mandi tersebut adalah sikat gigi, pasta gigi, sabun badan dan wajah, shampo, serta handuk.

Agar tidak memakan terlalu banyak tempat, bawalah peralatan mandi yang berukuran kecil. Sabun mandi sebaiknya pilih yang cair supaya bisa dibawa ke mana-mana, sedangkan shampo bisa membeli yang ukuran sachet untuk menghemat tempat.

7. Hand Sanitizer

Selain tisu basah, hand sanitizer juga bisa jadi opsi lain yang bisa kamu pakai untuk membersihkan tangan saat jauh dari sumber air. Ada banyak hand sanitizer dengan ukuran mini di swalayan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. 

 

 

Do’s and Don’ts Selama Traveling

Selain memperhatikan barang apa saja yang sebaiknya dibawa saat liburan, kamu juga harus tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat traveling ke kota atau negara lain. Ulasannya dapat kamu simak berikut ini.

1. Hormati Norma-Norma/Adat Istiadat Setempat

Setiap daerah pastinya punya adat istiadat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyesuaikan diri ke mana pun kamu pergi dengan menghormati adat istiadat setempat. 

Istilah di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung juga berlaku saat kamu liburan ke mancanegara. Jadi, pastikan untuk mencari tahu dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat tujuan ya!

2. Bawa Pakaian sesuai Cuaca 

Baju yang dipakai di tempat dengan cuaca panas tentunya berbeda dengan baju yang harus dikenakan di tempat beriklim dingin. Jadi, perhatikan cuaca di tempat tujuan agar kamu bisa menyiapkan baju yang sesuai dengan iklim yang ada di sana. 

Jangan lupa juga untuk membawa topi dan sunblock agar kulitmu tetap terlindungi saat mengunjungi tempat-tempat yang panas dan terik. Sebaliknya, bawa perlengkapan tambahan seperti tutup kepala, sarung tangan, kaos kaki, syal, dan lain-lain untuk menjaga tubuhmu tetap hangat.

 

 

3. Bawa Uang Cash Secukupnya 

Meskipun sekarang semuanya sudah serba online dan kamu bisa membayar berbagai transaksi secara cashless, tapi membawa uang tunai juga tetap perlu ya! Bisa saja kartu debit/kredit ketinggalan atau ponsel mati, sehingga kamu tidak bisa melakukan pembayaran secara non tunai. 

Meski disarankan untuk membawa uang cash, bawa secukupnya saja dan jangan berlebihan! Selain itu, kamu juga bisa menyelipkan uang tersebut di money belt, kantong baju, saku celana, di balik casing ponsel, atau tempat lainnya yang memungkinkan selain dompet.

4. Jangan Berdandan secara Berlebihan

Saat mengunjungi keramaian, usahakan untuk tidak berdandan secara berlebihan. Gunakan pakaian yang simpel dan hindari memakai perhiasan yang terlalu banyak atau mencolok. Hal ini penting supaya kamu terhindar dari incaran pencopet.

5. Jangan Mudah Percaya dengan Orang Asing

Saat liburan, kamu mungkin akan bertemu atau berinteraksi dengan orang asing. Sebaiknya tetap waspada dan selalu hati-hati saat berbincang dengan mereka. Jangan mudah percaya dengan orang asing untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Jaga Kesehatan Selama Traveling dengan Enervon Active

Nah, hal yang tak kalah penting berikutnya yang harus kamu perhatikan selama traveling adalah menjaga kesehatan. Pastinya kamu gak mau kan kalau perjalanan dan aktivitas liburan menjadi terganggu gara-gara sakit.

Oleh sebab itu, lakukan persiapan fisik dengan makan makanan bergizi, tidur cukup, banyak minum air putih, berolahraga, dan tentunya mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon Active.

Enervon Active adalah suplemen vitamin C, B-Kompleks, serta Zinc yang telah dipercaya selama bertahun-tahun untuk menjaga tubuh tetap fit dan aktif sepanjang hari. Vitamin C di dalamnya akan meningkatkan daya tahan tubuh dan vitamin B-Kompleknya akan bantu tubuh dalam pembentukan energi sehingga tubuh selalu dalam kondisi yang prima.

Beli sekarang juga di tautan Tokopedia dan Shopee berikut untuk mendapatkan produk Enervon Active yang dijamin asli secara online!