Siapa bilang liburan sendirian itu menyedihkan? Banyak orang memang lebih memilih untuk pergi berlibur secara beramai-ramai bersama keluarga, pasangan, pacar, atau teman. Namun, bagi orang yang introvert atau memang ingin menyendiri, hal ini bisa jadi momen yang menyenangkan. Meski begitu, kamu harus tetap hati-hati dan pandai menjaga diri supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Tips Solo Traveling yang Aman

1. Lakukan Riset Lebih Dulu

Perencanaan yang tepat akan membuat liburanmu jadi aman dan nyaman. Tips solo traveling pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan riset terlebih dulu. Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi wisata tujuan seperti lingkungannya, budaya lokal, cuaca, ketersediaan alat transportasi, akses ke tempat wisata, lokasi tempat menginap, dan lain-lainnya.

Jangan lupa untuk mencari tahu tentang jam padat dan waktu sepi di destinasi tujuan sebagai pertimbangan dalam mengunjungi tempat-tempat yang kamu inginkan.

2. Pilih Paket Wisata

Jika kamu belum terbiasa untuk bertualang seorang diri, pertimbangkan untuk memakai jasa tour and travel atau memilih paket wisata saat berlibur. Kamu tidak perlu pusing-pusing lagi untuk mengatur itinerary atau menentukan moda transportasi untuk sampai ke tujuan karena semuanya sudah diatur.

Jadi, kamu tinggal fokus untuk pergi bersenang-senang dan menikmati waktu liburan tanpa harus membuat rencana ini dan itu.

 

 

3. Pilih Objek Wisata Populer

Meski kamu tidak terlalu suka keramaian, tapi mengutamakan objek-objek wisata populer untuk dikunjungi menjadi keputusan yang tepat. Dari sisi keamanan, hal ini jelas terjamin karena pengelola tempat wisata pasti sudah memiliki tim keamanan yang selalu siaga di lokasi.

Selain itu, tempat-tempat yang cukup populer tentu sudah tidak diragukan lagi dan pastinya menawarkan berbagai keunggulan yang sayang jika kamu lewatkan.

4. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Meskipun sekarang sudah zamannya cashless, tapi kamu tetap harus membawa uang tunai secukupnya untuk berjaga-jaga ya! Namun ingat, jangan terlalu banyak membawa uang cash karena tindakan kriminal seperti pencurian bisa mengintai setiap saat. Kamu juga bisa membagi-bagi uang tunai yang dibawa ke beberapa tempat seperti misalnya di dompet, saku celana, saku tas, dan lain-lain.

5. Jangan Pulang Terlalu Malam

Nah, tips berikutnya ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Sebaiknya hindari untuk pergi-pergi hingga larut malam untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Namun, jika kamu tetap bersikukuh untuk mengunjungi tempat tertentu di malam hari, pilihlah jalan pulang yang masih ramai dan hindari melewati jalanan atau gang yang sepi dan gelap. Tetap hati-hati dan selalu waspada ya!

 

 

6. Memakai Pakaian yang Sopan 

Untuk menghindari pelecehan seksual, alangkah baiknya jika kamu memakai pakaian yang sopan atau tidak terlalu terbuka. Selain itu, usahakan untuk tidak memakai perhiasan yang berlebihan karena hal ini akan mengundang perhatian orang-orang yang ingin berbuat jahat.

Cukup gunakan jam tangan saja agar penampilanmu tidak terlalu mencolok. Selain itu, cobalah untuk membaur dengan warga sekitar saat berada di luar hotel atau tempat-tempat umum.

7. Minta Saran dari Penduduk Lokal

Warga lokal tentunya tahu seluk beluk tentang destinasi wisata yang kamu kunjungi. Oleh sebab itu, kamu bisa meminta saran dari penduduk setempat tentang tempat yang sebaiknya dikunjungi dan yang tidak direkomendasikan.

Kamu juga bisa menanyakan hal ini kepada karyawan hotel jika masih ragu untuk bertanya kepada penduduk sekitar. Selain itu, tanyakan juga tentang larangan yang berlaku di sana agar kamu bisa menghindarinya.

 

 

8. Memastikan Keluarga atau Teman Mengetahui Keberadaanmu

Meskipun kamu sedang tidak ingin diganggu oleh siapa pun, tapi jangan sampai kamu pergi tanpa memberi kabar pada orang terdekat. Hal ini penting supaya keluarga atau teman tidak khawatir dan tahu bahwa kamu baik-baik saja. Apabila terjadi sesuatu, orang-orang juga akan lebih mudah untuk melacak keberadaanmu.

9. Membawa Multivitamin

Selain memperhatikan beberapa tips solo traveling di atas, kamu juga harus menjaga kesehatan fisik supaya agenda liburan berjalan lancar. Sayang sekali jika sudah sampai tempat tujuan, tapi kamu malah jatuh sakit dan gagal untuk berlibur. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh?

Pertama-tama, pastikan untuk makan makanan yang bergizi dan banyak minum air putih. Selain itu, kamu juga bisa membawa multivitamin untuk melengkapi kebutuhan vitamin di tubuh supaya sistem imunitas tetap terjaga. Bahkan, konsumsi multivitamin tambahan juga akan menunjang vitalitas dan menjaga stamina sepanjang hari.

 

 

Pastikan kamu hanya memilih Enervon Active untuk menemani waktu liburan dan rutin mengonsumsinya setiap hari ya! Enervon Active adalah multivitamin yang mengandung kombinasi vitamin C, B-Kompleks, dan Zinc yang sangat baik untuk tubuh.

Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, Enervon Active juga membuatmu tak mudah lelah dan senantiasa fit setiap hari. Cukup konsumsi 1 tablet sehari dan rasakan manfaatnya bagi tubuh. Klik link Shopee dan Tokopedia berikut ini untuk melakukan pembelian secara online sekarang juga!