Salah satu cara menjaga kebugaran tubuh adalah dengan rajin berolahraga. Namun, apa jadinya jika kamu justru gampang merasa lelah saat melakukan aktivitas fisik? Nah, jika akhir-akhir ini kamu sering mengalaminya, maka kamu wajib waspada ya! Yuk cari tahu apa saja penyebabnya dan pelajari berbagai cara melatih fisik agar tidak cepat lelah berikut ini.

Penyebab Fisik Cepat Lelah saat Olahraga

Meskipun bukan kondisi kesehatan yang serius, tapi kamu juga wajib tahu penyebab dari tubuh mudah lelah saat berolahraga. Berikut ulasannya.

1. Kurang Istirahat

Meskipun disibukkan dengan rutinitas yang sangat padat, tapi menjaga kualitas tidur harus kamu prioritaskan. Mungkin sekarang, kamu tidak merasakan dampaknya, tapi lama-kelamaan hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan tubuhmu lho!

Pasalnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol saat kurang istirahat. Dampaknya, kamu jadi mudah stres dan pemulihan stres juga jadi terhambat. Kementerian Kesehatan Indonesia sendiri menghimbau orang dewasa untuk mencukupi waktu tidur selama 6 hingga 8 jam per harinya.

Bisa jadi, penyebab tubuh cepat lelah saat berolahraga adalah karena kurangnya waktu istirahat. Hal ini bahkan bisa memicu rasa lelah yang berkepanjangan lho! Oleh sebab itu, kamu tidak boleh menyepelekan hal ini.

Nah, jika kamu saat ini memiliki masalah gangguan tidur seperti susah tidur atau insomnia, cobalah untuk melakukan meditasi. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh JAMA Internal Medicine, meditasi dapat membantu kamu memiliki kualitas tidur yang baik.

2. Tiroid Bermasalah

Jika fisik cepat lelah saat berolahraga, bisa jadi tiroid di tubuh sedang bermasalah. Pasalnya, hormon tiroid berfungsi untuk mengelola metabolisme tubuh yang nantinya mengubah makanan menjadi energi. Nah, saat hormon tiroid rendah, biasanya tubuh tidak bisa menghasilkan energi dari makanan yang kemudian menyebabkan kamu mudah lelah.

Untuk mengatasi hal ini, kamu sebaiknya mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zinc, selenium, dan juga zat besi. Berbagai sumber asupan yang mengandung ketiga zat tersebut antara lain daging merah, telur, kacang-kacangan, seafood, tahu, dan jamur, sayuran hijau, dan lain-lain.

3. Kekurangan Cairan

Saat berolahraga, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan banyak keringat. Jika kamu tidak memenuhi kebutuhan cairan maka otomatis tubuh akan cepat merasa lelah karena dehidrasi atau kekurangan cairan. 

Dehidrasi umumnya akan menyebabkan volume darah berkurang, sehingga jantung akan bekerja ekstra untuk mencukupi kebutuhan oksigen di tubuh. Akibatnya, kamu akan merasa cepat lelah saat melakukan aktivitas fisik.

 

 

4. Minimnya Asupan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu zat yang menghasilkan energi untuk tubuh. Oleh sebab itu, saat kekurangan karbohidrat, biasanya tubuh akan mudah lelah, termasuk saat berolahraga. Jadi, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian supaya fisik selalu bertenaga ya!

5. Kebutuhan Zat Besi Tidak Tercukupi

Selain karbohidrat, tubuh juga akan mudah lelah saat kekurangan asupan zat besi. Perlu kamu tahu bahwa zat besi berperan penting dalam mengalirkan oksigen di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, hal ini akan berdampak pada menurunnya energi, baik di otot maupun di otak.

Nah, supaya kebutuhan zat besi selalu tercukupi, pastikan untuk rutin mengonsumsi sumber makanan seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah bit, dan lain-lain. 

6. Terlalu Memforsir Tubuh saat Berolahraga

Saat berolahraga, pastikan untuk mengukur kapasitas diri untuk bergerak. Jangan terlalu memaksa atau memforsir tubuh untuk terus berolahraga tanpa jeda istirahat sama sekali. Saat tubuh merasakan lelah, sebaiknya kamu berhenti dan istirahat sejenak terlebih dulu.

Apabila dipaksakan, tubuh tidak hanya mudah lelah, tapi juga rentan mengalami cedera yang cukup serius.

7 Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan tubuh mudah lelah saat berolahraga. Contohnya seperti obat golongan beta blocker dan statin. Pasalnya, jenis obat beta blocker yang berfungsi menurunkan tekanan darah memang bekerja dengan menjaga denyut jantung di angka tertentu. 

Akibatnya tubuh jadi mudah lelah karena darah yang terpompa ke otot dan otak tidak tercukupi. Bahkan, orang-orang yang sedang mengonsumsi jenis obat-obatan statin juga berisiko mengalami kram otot.

 

 

Cara Melatih Fisik agar Tidak Cepat Lelah

Nah, jika kamu saat ini sering merasa lelah tidak perlu khawatir. Berikut telah terangkum beberapa cara untuk melatih fisik agar tidak cepat lelah.

1. Pastikan Pemanasan Sudah Benar

Banyak orang yang menyepelekan pemanasan sebelum olahraga. Padahal, hal tersebut sangat penting dan harus dilakukan dengan benar untuk menghindari cedera atau kejadian buruk lainnya. 

Tujuan dari pemanasan adalah untuk menyiapkan tubuh menemukan temponya sebelum melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Pasalnya, suhu tubuh, sirkulasi darah, detak jantung, serta fleksibilitas tubuh akan meningkat selama pemanasan, sehingga kamu tidak akan mengeluarkan banyak energi saat memulai aktivitas fisik tersebut.

2. Ambil Jeda untuk Beristirahat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab fisik cepat lelah saat berolahraga adalah terlalu memforsir aktivitas fisik. Kamu sebaiknya mengambil jeda istirahat meski hanya 1 menit saja setiap 6 sampai 7 menit olahraga. Dengan menerapkan hal ini, tubuh akan senantiasa fit dan tidak mudah lelah.

 

 

3. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Selain beristirahat, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih. Hal ini penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, kamu akan mengeluarkan banyak keringat selama berolahraga, sehingga penting untuk memenuhi asupan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi yang membuat tubuh cepat lelah.

4. Membiasakan Diri untuk Aktif Bergerak

Cara melatih fisik agar tidak mudah lelah berikutnya yaitu dengan membiasakan diri untuk aktif bergerak. Saat tubuh sudah terbiasa bergerak, maka kamu justru tidak akan mudah lelah saat berolahraga nanti. Mulailah hal ini dengan rajin berjalan kaki baik di lingkungan sekitar rumah, di tempat kerja, atau saat jalan-jalan.

5. Miliki Waktu Tidur yang Berkualitas

Kementerian Kesehatan Indonesia menghimbau orang dewasa untuk tidur selama 6 hingga 8 jam per hari. Cobalah untuk mengatur pola tidur dan penuhi kebutuhan waktu istirahat tersebut agar waktu tidurmu lebih berkualitas.

Kurang tidur adalah salah satu penyebab seseorang gampang lelah saat berolahraga. Dengan memenuhi jam tidur harian secara teratur, maka tubuh akan kembali berenergi pada pagi harinya, sehingga kamu pun lebih siap untuk melakukan aktivitas fisik.

 

 

Enervon Active Bantu Fisik Selalu Prima

Cara lain untuk melatih fisik agar tidak cepat lelah adalah dengan rutin mengonsumsi Enervon Active setiap hari. Enervon Active adalah multivitamin dan mineral yang mengandung Enerzinc. Kandungan tersebut efektif dalam menjaga tubuhmu supaya terus aktif dan tidak cepat lelah, termasuk saat berolahraga.

Selain Zinc, Enervon Active juga mengandung vitamin C yang bantu kuatkan sistem imunitas, serta vitamin B Complex yang meningkatkan proses metabolisme untuk menghasilkan energi. Menariknya, multivitamin yang satu ini sangat aman bagi lambung dan tidak akan menyebabkan ketergantungan lho!

Yuk order sekarang juga dengan klik tautan Shopee dan Tokopedia berikut ya!

 

Referensi:

1. Hellosehat. 7 Sebab Anda Mudah Lelah Saat Olahraga. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2023 dari https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/penyebab-mudah-lelah-saat-olahraga/ 

2. Jeliana Seilatuw. 6 Cara Supaya Tidak Cepat Lelah Saat Olahraga. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2023 dari https://prodiadigital.com/id/artikel/6-cara-supaya-tidak-cepat-lelah-saat-olahraga