Demam bisa mengintai siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Hal ini umumnya ditandai dengan naiknya suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius. Namun, hal ini bukanlah suatu penyakit, melainkan respons sistem imun tubuh dalam melawan serangan infeksi. Meski bukan kondisi medis yang cukup serius, kamu harus mengetahui pertolongan pertama demam tinggi pada orang dewasa untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi. 

Namun, jika kondisi demam diikuti dengan gejala-gejala seperti mual, muntah, sakit perut, sesak napas, sakit kepala berkepanjangan sebaiknya segera hubungi dokter. Yuk simak apa saja penyebab, cara mengatasi demam, dan kapan waktu tepat untuk memberikan pertolongan medis dalam artikel berikut ini.

Apa Penyebab Demam?

Secara umum, demam adalah reaksi tubuh saat terkena infeksi atau penyakit tertentu. Penyebabnya sendiri bermacam-macam dan tidak selalu berhubungan dengan gangguan kesehatan tertentu. Berikut adalah berbagai penyebab demam yang perlu kamu tahu.

1. Pemberian Vaksin

Tidak hanya berlaku untuk anak-anak saja, orang dewasa juga bisa mengalami demam pasca divaksin. Namun, reaksi ini merupakan hal yang normal dan biasanya akan reda dalam waktu 2 hingga 3 hari.

2. Infeksi 

Infeksi merupakan gangguan kesehatan yang umumnya disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, parasit, atau jenis mikroorganisme lainnya. Penyakit yang muncul akibat berbagai mikroorganisme tersebut di antaranya adalah infeksi saluran kemih, tifus, meningitis, disentri, covid-19, cacar air, dan lain-lain.

3. Penyakit yang Disebabkan Gigitan Nyamuk

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, umumnya juga menimbulkan demam di tubuh. Contohnya adalah demam dengue, malaria, dan chikungunya.

 

 

4. Jenis Penyakit Non-Infeksi

Tak hanya penyakit akibat infeksi dan gigitan nyamuk saja, beberapa penyakit lainnya juga bisa menimbulkan demam seperti arthritis, hipertiroidisme, leukemia, kanker hati, penyakit autoimun, radang sendi, dan lain-lain.

5. Trauma atau Cedera Berat

Trauma atau cedera berat juga bisa jadi penyebab demam berikutnya. Misalnya adalah stroke, serangan jantung, luka bakar, dan sebagainya.

6. Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Demam juga bisa terjadi akibat efek samping obat-obatan tertentu, contohnya seperti antibiotik, antihistamin, narkotika, dan lain-lain.

7. Terpapar Sinar Matahari Terlalu Lama

Bahkan, tubuh bisa menunjukkan gejala demam saat kamu terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Pasalnya, semakin lama waktu yang kamu habiskan di bawah sinar matahari, maka semakin banyak hawa panas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan serangan panas atau yang juga disebut dengan istilah heat stroke.

 

 

Pertolongan Pertama Demam Tinggi pada Orang Dewasa

Nah, jika kamu merasakan suhu tubuh yang naik, jangan buru-buru panik ya! Berikut ini adalah beberapa pertolongan  pertama demam tinggi pada orang dewasa yang perlu kamu tahu!

  1. Banyak istirahat dan tidak melakukan aktivitas berat dulu.
  2. Mencukupi asupan cairan di tubuh dengan banyak minum air putih, mengonsumsi makanan berkuah, minum jus, dan lain-lain. Hal ini penting untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi.
  3. Hindari memakai pakaian yang tebal dan ketat. Kamu malah sebaiknya menggunakan baju-baju tipis dan longgar untuk membantu proses penguapan panas dari tubuh.
  4. Mandilah atau kompres bagian tubuh tertentu seperti leher, dada, ketiak, atau dahi dengan air hangat.
  5. Meminum obat pereda nyeri yang tersedia di apotek seperti acetaminophen dan ibuprofen untuk meringankan gejala demam.

 

 

Kapan Sebaiknya Diberikan Pertolongan Medis?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, gejala demam tidak boleh disepelekan pada kondisi-kondisi tertentu. Jika kamu mengalami demam dan diikuti dengan beberapa gejala di bawah ini, maka segera cari pertolongan medis ke layanan kesehatan terdekat ya!

  1. Demam tinggi yang mencapai lebih dari 39,4 derajat Celsius.
  2. Gejala demam berlangsung selama 3 hari atau datang pergi selama lebih dari 7 hari.
  3. Terdapat ruam-ruam kemerahan di kulit tubuh.
  4. Sesak napas dan merasakan nyeri di dada.
  5. Merasa sangat cemas atau gelisah.
  6. Sakit kepala yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh.
  7. Demam tinggi disertai gejala lain seperti mual, muntah, sakit perut, atau merasa sakit saat buang air kecil.
  8. Urine berwarna gelap dan kesulitan menelan cairan.
  9. Gejala demam disertai kejang-kejang.

 

 

Enervon-C Tablet Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Supaya Tidak Mudah Sakit!

Selain memahami berbagai pertolongan pertama demam tinggi pada orang dewasa, kamu juga sebaiknya menerapkan gaya hidup sehat supaya tidak mudah terserang penyakit. Miliki pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, konsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, banyak minum air putih, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet.

Konsumsi rutin Enervon-C Tablet akan meningkatkan sistem imunitas, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit. Tak hanya itu saja, multivitamin yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin B-Kompleks, yang membantu pengolahan karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. 

Konsumsi 1 tablet sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin di dalam tubuh. Bahkan multivitamin yang satu ini tergolong aman untuk lambung dan tidak bikin ketergantungan lho!

Nah, tunggu apalagi? Ayo segera dapatkan produk Enervon-C Tablet secara online dan rasakan segudang manfaatnya bagi tubuh dengan klik tautan Shopee dan Tokopedia ini!

 

Referensi:

1. Halodoc. Pertolongan Pertama Demam Tinggi pada Orang Dewasa. Diakses pada 12 Oktober 2023 dari https://www.halodoc.com/artikel/pertolongan-pertama-demam-tinggi-pada-orang-dewasa

2. Halodoc. Demam. Diakses pada 12 Oktober 2023 dari https://www.halodoc.com/kesehatan/demam 

3. Klikdokter. Demam. Demam. Diakses pada 12 Oktober 2023 dari https://www.klikdokter.com/penyakit/masalah-kesehatan-umum/demam