Satu-satunya jenis vitamin yang memiliki beberapa turunan adalah vitamin B kompleks. Sesuai namanya, zat gizi ini terdiri dari 8 jenis yang masing-masing memiliki fungsi dan peran yang spesifik. Mulai dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Mari memahami lebih jauh mengenai fungsi dari setiap jenisnya. Ikuti juga soal aturan minum vitamin B kompleks yang perlu dipahami agar kamu tidak kekurangan dan/atau kelebihan nutrisi penting yang satu ini.

Vitamin B Kompleks dan Fungsinya Dalam Tubuh

  1. B1 (thiamin), sangat penting dalam hal perkembangan dan fungsi kerja otak dan jantung.
  2. B2 (riboflavin), berperan penting dalam penghancuran lemak dan zat kimia dari obat.
  3. B3 (niacin), menjaga kesehatan kulit, saraf, dan sistem pencernaan.
  4. B5 (asam pantotenat), zat gizi yang penting bagi kesehatan sistem saraf pusat, yaitu otak dan tulang punggung.
  5. B6 (piridoksin), membantu tubuh memproduksi sel darah merah serta menguatkan daya tahan tubuh.
  6. B7 (biotin), menguatkan fungsi saraf sekaligus menjaga kesehatan rambut dan kuku.
  7. B9 (asam folat), zat penting dalam proses pembuatan materi genetik dan DNA, menurunkan risiko kanker, serta mendukung metabolisme asam amino.
  8. B12 (cobalamin), nutrisi yang juga berperan langsung dalam menjaga kesehatan sel darah merah dan optimalisasi saraf.

Dari semua fungsi di atas, terlihat bahwa vitamin B kompleks memiliki manfaat yang kompleks pula. Tubuh manusia membutuhkannya untuk menjalankan berbagai jenis proses kimia dan fisiologis. Secara garis besar, vitamin B akan membantu proses metabolisme, peningkatan produksi dan kesehatan sel tubuh, mendukung pembentukan hormon dan fungsi otak, menjaga kesehatan kardiovaskular, dan masih banyak lagi lainnya.

Minum Vitamin B Kompleks dan Aturannya

Sayangnya, tubuh manusia tidak mampu memproduksi vitamin B sendiri. Sehingga sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mendapatkannya dari pola makan sehat. Terutama jika kamu sedang hamil dan menyusui. Berikut ini adalah dosis vitamin B kompleks yang disarankan bagi perempuan dan laki-laki dewasa menurut Medical News Today (2019)¹.

Vitamin B Kompleks Laki-laki (mg) Perempuan (mg)
B1 1,2 1,1
B2 1,3 1,1
B3 16 14
B5 5 5
B6 1,3 1,3
B7 0,03 0,03
B9 0,4 0,4
B12 0,024 0,024

Untuk catatan tambahan, perempuan hamil dan menyusui memiliki dosis yang lebih banyak meski hanya selisih beberapa miligram saja.

Risiko Tubuh yang Kekurangan dan Kelebihan Vitamin B Kompleks

Emily (2019)² menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami kekurangan asupan vitamin B kompleks dalam jangka panjang akan menimbulkan beberapa tanda. Dalam kategori ringan, seseorang dapat mengalami kulit ruam, mulut dan bibir bersisik, pembengkakan lidah, hingga letih. Sedangkan beberapa gejala yang berat adalah anemia, risiko depresi meningkat, mual, hingga kram perut serta masalah pencernaan lain. Tentu saja penyebab pastinya mungkin tidak hanya karena kekurangan vitamin B kompleks, sehingga konsultasi dengan dokter sangat disarankan.

Kemudian, apakah tubuh manusia akan memiliki efek samping jika kelebihan dosis vitamin B kompleks? Jillian (2023)³ menjelaskan bahwa vitamin B kompleks memiliki sifat yang mudah larut dalam air. Saat kadar vitamin ini melebihi yang dibutuhkan, tubuh akan otomatis membuangnya melalui urine. Sehingga kecil kemungkinan tubuh akan mengalami gangguan kesehatan serius, terutama jika kamu mendapatkan asupan ini dari pola makan sehat dan berimbang.

Sedangkan untuk pemenuhan vitamin B kompleks dari suplemen, kamu harus memperhatikan banyaknya kandungan dan cara konsumsi yang disarankan. Atau jauh lebih baik jika kamu sudah mendapatkan konsultasi dari ahli medis. Beberapa risiko yang bisa terjadi saat kelebihan vitamin B, khususnya B3 dan B6, adalah muntah, kulit memerah, gula darah meningkat, kerusakan saraf, hingga lebih sensitif terhadap cahaya. Meski kemungkinan ini kecil, ada baiknya kamu tetap hati-hati dalam memilih produk suplemen.

Enervon-C Tablet: Suplemen Vitamin B Kompleks dan Kandungan Pelengkapnya

Salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin B harian yang praktis adalah dengan mengonsumsi makanan segar. Namun ada beberapa kondisi seseorang membutuhkan tambahan dari suplemen. Di antaranya adalah anak-anak dengan kondisi kesehatan tertentu, ibu hamil dan menyusui, lansia, vegetarian dan/atau vegan, dan kondisi kesehatan khusus lainnya.

Enervon-C Tablet hadir dengan kandungan vitamin B kompleks yang beragam. Dalam satu tabletnya, kamu akan mendapatkan vitamin B1 (50 mg), vitamin B2 (25 mg), vitamin B6 (10 mg), vitamin B12 (0,005 mg), hingga niacinamide sebagai bentuk aktif dari vitamin B3 (50 mg). Suplemen ini juga mengandung kalsium pantotenat, bentuk garam kalsium dari vitamin B5, dengan jumlah 20 mg. Jadi kamu tidak hanya mendapatkan asupan vitamin C (500 mg) saja, meskipun bernama Enervon-C Tablet. Cukup dengan konsumsi satu tablet per hari, kamu telah memastikan tubuh mendapatkan kebutuhan harian vitamin B kompleks. Dapatkan produknya yang asli dengan mengakses toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Jennifer Berry & Brittany Patterson. 2019. A complete guide to B vitamins. Medical News  Today. Diakses pada 16 Oktober 2023 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/325292
  2. Emily Cronkleton. 2019. Why Is Vitamin B Complex Important, and Where Do I Get It?. Diakses pada 16 Oktober 2023 dari https://www.healthline.com/health/food-nutrition/vitamin-b-complex
  3. Jillian Kubala. 2022. B-Complex Vitamins: Benefits, Side Effects, and Dosage. Diakses pada 16 Oktober 2023 dari https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b-complex