Jika kamu tertarik untuk mendaki gunung, tapi belum punya pengalaman hiking sama sekali tidak perlu khawatir. Ada banyak opsi gunung untuk pemula yang bisa kamu jelajahi meski belum pernah melakukan hal ini sebelumnya. Pastikan kamu melakukan riset dulu dan memperhatikan berbagai persiapan supaya agenda hiking perdanamu nanti berjalan dengan lancar. Simak daftar gunung yang ramah untuk pemula dan beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan sebelum dan saat mendaki gunung untuk pertama kalinya dalam artikel berikut ini.

Daftar Gunung untuk Pemula

1. Gunung Gede, Jawa Barat

Gunung Gede memiliki ketinggian 2.985 mdpl dan berlokasi di Bogor, Jawa Barat, tepatnya di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Medannya yang tidak terlalu terjal sangat cocok untuk dicoba oleh para pemula. Kamu bisa menuju ke sana melalui jalur Cibodas dengan menempuh jarak kurang lebih 6 jam.

Selain menambah pengalaman mendaki gunung, kamu bisa menikmati pemandangan alam di sekitar yang luar biasa indah. Selama perjalanan, kamu bisa menyaksikan keindahan air terjun Cibeureum dan padang edelweis yang tak kalah cantik.

2. Gunung Pulosari, Banten

Bergeser ke wilayah Banten, di sana juga terdapat Gunung Pulosari yang bisa jadi opsi lainnya. Malah ketinggiannya hanya mencapai 1.346 mdpl, sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula.

Waktu yang kamu butuhkan untuk sampai ke puncaknya adalah 3 jam. Selama perjalanan, kamu dijamin tidak akan merasa bosan karena akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan. Menariknya, lokasi Gunung Pulosari juga berdekatan dengan Kawah Ratu dan Curug Putri.

3. Gunung Andong, Jawa Tengah

Gunung berketinggian 1.762 mdpl ini terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah. Banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati pemandang sunrise dengan latar Gunung Merbabu yang elok. Gunung Andong sangat ramah untuk pemula karena menawarkan jalur pendakian yang mudah serta papan petunjuk yang akan membantumu selama perjalanan.

 

 

4. Gunung Prau, Jawa Tengah

Masih dari provinsi Jawa Tengah, gunung untuk pemula selanjutnya yang layak untuk dikunjungi adalah Gunung Prau. Kamu bisa menjelajahi gunung tersebut yang berlokasi di Desa Patak Banteng, Dataran Tinggi Dieng. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selama mendaki di tempat ini.

Misalnya saja seperti menyaksikan keindahan sunrise, melihat gugusan awan yang cantik, serta menikmati pemandangan 4 gunung sekaligus dalam satu waktu, yaitu Gunung Sumbing, Sindoro, Merbabu, dan Merapi. Hanya membutuhkan waktu 3 jam saja untuk mendaki gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl tersebut.

5. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Gunung Kidul, Yogyakarta memang terkenal dengan sederet pantai pasir putihnya yang sangat mempesona. Namun, tak hanya itu saja, wilayah ini juga memiliki gunung yang sangat ramah pemula yaitu Gunung Nglanggeran.

Dengan ketinggian yang hanya 700 mdpl saja, kamu hanya butuh waktu 1 jam untuk bisa sampai ke puncaknya. Medannya juga cukup landai, sehingga sangat aman untuk dijelajahi.

Meski harus melewati jalanan yang agak licin dan juga batu karang, tapi tidak perlu khawatir karena pengelola setempat sudah menyediakan tali pengaman yang akan membantumu melewatinya. Menariknya, kamu juga diperbolehkan untuk membangun tenda di area camping-nya lho!

6. Gunung Bromo, Jawa Timur

Siapa sih yang tidak tahu dengan Gunung Bromo? Gunung yang letaknya mengelilingi 4 kabupaten di provinsi Jawa Timur yaitu Pasuruan, Malang, Lumajang, dan Probolinggo tersebut memiliki ketinggian 2.329 mdpl. 

Selain menjadi tempat wisata populer dan area pendakian yang ramah untuk pemula, Gunung Bromo juga kerap dijadikan sebagai lokasi prewedding oleh para calon pengantin.

 

 

7. Gunung Ijen, Jawa Timur

Selain Gunung Bromo, Jawa Timur juga punya jalur pendakian yang tak kalah populer yaitu Gunung Ijen. Lokasinya yang menyatu dengan Kawah Ijen membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke sana. Dengan ketinggian 2.443 mdpl, Gunung Ijen memiliki daya tarik blue fire yang hanya ada dua di dunia.

Selain melihat keindahan blue fire, kamu juga akan berjumpa dengan para penambang belerang tradisional.

8. Gunung Batur, Bali

Menyeberang ke Pulau Dewata, di sini juga terdapat gunung yang cocok untuk dijajal pemula yaitu Gunung Batur. Dengan ketinggian 1.717 mdpl, gunung ini berdiri di kawasan Kintamani.

Untuk sampai ke puncaknya, kamu hanya memerlukan waktu 3 jam saja. Sesampainya di atas, bersiaplah untuk melihat pemandangan kaldera terindah yang berpusat di Gunung Batur.

Tempat ini juga kerap diburu oleh para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan sunrise di ketinggian pada pagi hari.

 

 

Pendaki Pemula Wajib Perhatikan Hal Ini

Karena ini adalah pengalaman awal kamu dalam mendaki gunung, tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan secara matang. Berikut telah terangkum beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berencana mendaki gunung.

1. Lakukan Riset

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menjelajahi gunung adalah melakukan riset. Sebagai pemula, sebaiknya kamu memilih gunung dengan ketinggian yang rendah dan jalur yang mudah untuk dilewati. Jangan merasa jumawa dan langsung mencoba pendakian di area yang sulit karena nantinya juga akan merugikan diri sendiri.

Kamu bisa mencari informasi terkait hal ini di halaman internet atau bertanya langsung dengan teman atau orang yang sudah berpengalaman. Pertimbangkan untuk hiking  bersama orang yang punya pengalaman mendaki di lokasi yang kamu inginkan.

2. Memperhitungkan Cuaca di Lokasi Tujuan

Pastikan cuaca di lokasi pendakian cukup aman dan mendukung kegiatanmu selama hiking. Pantau prakiraan cuaca lewat aplikasi ramalan cuaca atau menanyakan secara langsung kepada penjaga di lokasi.

Hal ini penting dilakukan guna menghindari kemungkinan kabut tebal, hujan badai, hingga letusan gunung pada beberapa gunung api yang masih aktif. Apabila cuaca memang tidak memungkinkan, sebaiknya tunda agenda pendakian dan menunggu hingga kondisi cuaca kembali normal.

3. Membawa Barang yang Benar-Benar Perlu

Bijaklah dalam membawa barang-barang kebutuhan hiking. Pastikan kamu hanya membawa barang-barang yang memang diperlukan selama pendakian. Jika masih bingung, di bawah ini telah terangkum barang-barang apa saja yang sebaiknya kamu bawa saat menjelajahi gunung.

  • Peralatan penunjuk arah seperti peta, kompas, atau GPS.
  • Obat-obatan pribadi.
  • Senter, korek api, kabel nilon, filter air, dan pisau serbaguna.
  • Tenda untuk bermalam.
  • Sunscreen dan krim anti gigitan serangga.
  • Alas kaki yang nyaman.
  • Stok cadangan makanan beserta alat masak dan perkakas untuk makan.
  • Membawa pakaian ekstra, kaos kaki, sarung tangan, dan handuk.

4. Pastikan Tubuh Mengonsumsi Makanan Bernutrisi sebelum Mendaki

Perjalanan menuju puncak gunung tentunya sangat melelahkan. Oleh karena itu, kamu harus menyantap makanan bernutrisi yang bisa menghasilkan energi untuk tubuh. Idealnya, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi.

Misalnya seperti nasi dengan lauk daging dan sayur atau bubur yang diberi tambahan telur rebus. Kamu juga bisa membawa pisang dan jeruk sebagai camilan selama pendakian untuk menambah energi ya! Selain itu perbanyak minum air putih sebelum dan sesaat memulai pendakian.

5. Lakukan Persiapan Fisik

Perjalanan mendaki gunung untuk pemula tentu bukanlah hal yang mudah. Kamu harus benar-benar mempersiapkan kondisi fisik yang prima supaya perjalanan menuju puncak gunung bisa berjalan lancar. Nah, sebaiknya lakukan persiapan fisik atau latihan mendaki sejak jauh-jauh hari untuk meningkatkan kekuatan kaki dan otot punggung.

6. Memastikan Keluarga atau Orang Terdekat Mengetahui Rencanamu

Perjalanan mendaki gunung memang penuh risiko. Oleh sebab itu, kamu juga perlu membuat langkah antisipasi untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal buruk selama pendakian. Salah satu caranya yaitu dengan memberitahu keluarga atau orang terdekat lainnya mengenai lokasi, waktu, dan dengan siapa melakukan perjalanan ke gunung.

 

 

Enervon-C Tablet Dukung Kondisi Fisik yang Prima dan Berenergi

Selain melakukan keenam cara di atas, persiapan lain yang wajib kamu lakukan saat berencana mendaki gunung adalah dengan mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet.

Enervon-C Tablet adalah multivitamin yang mengandung kombinasi vitamin C dan juga B-kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya akan meningkatkan sistem imun sehingga tubuh gak gampang sakit.

Selain itu, tablet multivitamin ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin B-kompleks yang efektif bantu tubuh dalam pembentukan energi. Jadi, kamu akan senantiasa fit dan aktif sepanjang hari!

Tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi multivitamin ini setiap hari karena sangat aman untuk lambung dan pastinya gak akan bikin ketagihan. Tunggu apalagi, ayo order Enervon-C Tablet sekarang juga dengan mengunjungi official store terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia berikut!