Kondisi alam dan lingkungan yang semakin memprihatinkan membuat banyak orang sadar dan mulai menggaungkan green lifestyle. Apa itu? Istilah tersebut merujuk pada pengertian gaya hidup yang mampu menyelamatkan bumi. Banyak orang juga menyebut gaya hidup ini dengan istilah green living. Lalu apa dampaknya bagi kesehatan tubuh? Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup yang satu ini? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Green Lifestyle?

Kampanye terkait green lifestyle/green living makin marak disuarakan karena berperan dalam menyelamatkan bumi dan lingkungan. Bahkan, dampaknya juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia secara berkelanjutan.

Green living adalah gaya hidup yang menempatkan individu atau kelompok untuk bisa meminimalisir penggunaan sumber daya alam di bumi. Hal ini erat kaitannya dengan konsumsi harian, transportasi yang dipilih, pola belanja individu, serta pemakaian SDA secara bijak.

Segala hal yang kamu pilih dalam kehidupan sehari-hari akan mengubah gaya hidup secara berkelanjutan. Hal ini tak hanya di lingkup rumah atau lingkungan sekitar saja, tapi juga melebar ke tempat kerja, dan ke mana pun kamu pergi. Penerapan gaya hidup “hijau” ini diharapkan akan meningkatkan kelekatan antara manusia dengan lingkungan.

Cara kamu dalam menjaga lingkungan sekitar dan bumi secara lebih luas, akan meningkatkan kualitas hidup dan juga kesehatan tubuh. Artinya, saat kamu merawat bumi dengan baik, sejatinya kamu sedang memperlakukan dirimu sendiri secara benar dan optimal.

 

 

Apa Dampak Green Lifestyle bagi Kesehatan Tubuh?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa, penerapan green living sangat memengaruhi kesehatan tubuh manusia. Kenapa bisa demikian? Climate change dan tingkat polusi udara yang semakin parah memiliki dampak yang cukup signifikan pada kesehatan tubuh. 

Pasalnya, kedua hal tersebut meningkatkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti misalnya penyakit paru-paru, jantung, gangguan pencernaan, dan lain-lain. Bahkan, perubahan iklim juga berisiko membuat virus lebih sulit untuk ditangani hingga munculnya berbagai virus baru.

Oleh sebab itu, penerapan green lifestyle menjadi salah satu solusi efektif untuk memerangi kemungkinan terburuk, terutama yang berkaitan dengan kesehatan manusia dan keberlangsungan makhluk hidup di masa depan.

 

 

Tips Menerapkan Green Lifestyle di Kehidupan Sehari-hari

Untuk memulai gerakan green  living memang tidak mudah. Kamu harus punya komitmen yang kuat agar bisa melakukannya secara konsisten. Pada mulanya, kamu mungkin akan merasa kesulitan untuk bisa beradaptasi, tapi dengan tekad yang bulat, lama-kelamaan hal ini akan menjadi habit yang justru sulit untuk ditinggalkan. Ayo mulai sekarang juga dengan lakukan berbagai tips berikut ini!

1. Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor menyumbang cukup banyak polusi di udara. Oleh sebab itu, kamu bisa mulai untuk menguranginya dengan memilih transportasi yang ramah lingkungan atau berjalan kaki saat menuju tempat kerja.

Menggunakan sepeda atau berjalan kaki menuju kantor secara efektif akan menurunkan tingkat polusi udara. Selain itu, aktivitas tersebut juga baik bagi kesehatan karena bantu tubuh untuk membakar kalori. Tak hanya itu saja, berjalan dan bersepeda juga bisa menjaga kesehatan jantungmu lho!

Mulailah kebiasaan ini setiap seminggu sekali dan tingkatkan intensitasnya sesuai dengan kapasitasmu ya!

2. Belanja Makanan Segar dari Penjual Sekitar

Cara efektif berikutnya yang juga bisa menurunkan tingkat polusi udara yaitu dengan belanja kebutuhan konsumsi harian di pedagang sekitar. Dengan demikian, kamu tidak perlu menggunakan kendaraan motor karena jaraknya yang cukup dekat dari tempat tinggal. 

Selain itu, kamu bisa memulai untuk mengelola limbah makanan dengan cara mendaur ulang semua sisa-sisa makanan menjadi pupuk organik. Langkah kecil ini akan memberikan manfaat yang bersifat jangka panjang terutama bagi alam.

3. Mulailah Berkebun!

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi adalah dengan berkebun. Hal ini juga bisa mengurangi pencemaran udara meski tidak terlalu signifikan. Namun, paling tidak kamu sudah berkontribusi untuk merawat bumi dan lingkungan. 

Tak hanya berdampak positif bagi kesehatan, kegiatan ini juga menjadi sarana bagi orang tua untuk mengajarkan konsep green lifestyle kepada anak sejak dini. Beberapa opsi tanaman yang bisa kamu pilih untuk meminimalisir pencemaran udara antara lain lidah mertua, bunga krisan, palem bambu, dan lain-lain.

4. Memakai Produk Ramah Lingkungan/Daur Ulang

Penggunaan bahan plastik yang semakin masif berdampak buruk pada lingkungan. Pasalnya, plastik membutuhkan waktu 10 hingga 20 tahun untuk bisa terurai secara alami. Bahkan, limbah plastik juga mengancam kelangsungan hidup pada berbagai spesies hewan.

Oleh sebab itu, mulailah untuk memakai produk-produk ramah lingkungan yang bersifat sustainable atau bisa didaur ulang. Contohnya seperti memilih kantong/tas dari bahan kain untuk membawa barang belanjaan, tidak memakai sedotan plastik, membawa tumbler/wadah bekal untuk membeli makanan yang dibawa pulang, dan lain-lain.

5. Menghemat Pemakaian Air dan Listrik

Green living juga bisa kamu lakukan dengan cara menghemat pemakaian air dan listrik. Gunakan air secara bijak dan seperlunya. Selain itu, perhatikan pemakaian listrik di rumah dengan mematikan lampu di siang hari, menyalakan produk elektronik sesuai kebutuhan, mencabut kabel-kabel yang tidak dipakai, dan lain sebagainya.

6. Stop Merokok

Peringatan rokok membunuhmu bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, kebiasaan merokok sangat merugikan kesehatan tubuh karena bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti gangguan paru-paru, penyakit jantung, kanker, penyakit mulut serta tenggorokan, dan lain-lain.

Bahkan, orang sekitar yang tidak sengaja menghirup asap rokok juga berpotensi mengalami gangguan kesehatan tersebut. Tak hanya itu saja, asap rokok bisa menyebabkan pencemaran udara dan puntung rokoknya juga membahayakan ekosistem di air.

 

 

Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Enervon-C Tablet

Tunjang aksi green lifestyle dengan rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet. Kandungan vitamin C dan juga vitamin B-Kompleks di dalamnya akan meningkatkan sistem imunitas dan membantu tubuh dalam pembentukan energi.

Selain menjaga kamu supaya tidak mudah sakit, konsumsi Enervon-C Tablet setiap hari juga menjadikan tubuh senantiasa fit dan aktif sepanjang hari. Tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya, karena multivitamin yang satu ini sangat aman bagi lambung dan tidak menyebabkan ketergantungan.

Ayo buktikan dengan membeli produknya sekarang juga melalui official store terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia berikut ini yuk!

 

Referensi:

1. Aditya Prasanda. Hidup Sehat dengan Konsep Green Living. Diakses pada tanggal 2 November 2023 dari https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/hidup-sehat-dengan-konsep-green-living 

2. Ogletree, Allie. 2021. 16 Ways to Start Living a Little More Green. Diakses pada 2 November 2023 dari https://www.angi.com/articles/10-tips-start-living-green-your-home.htm