Kerja sama dalam tim akan berjalan mulus jika kamu bisa membangun hubungan yang baik dengan partner kerja di perusahaan. Meski tidak selalu mudah, tapi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Tak hanya karena perbedaan usia, sudut pandang, dan cara kerja pada masing-masing individu bisa memengaruhi hubungan yang terjalin ke sesama rekan kerja. Namun, tidak perlu khawatir, berikut telah terangkum cara tepat dalam menjalin hubungan ke sesama rekan kerja di perusahaan yang wajib kamu simak.

Cara Menjalin Hubungan dengan Partner Kerja

Kunci utama dalam menjalin hubungan yang baik dengan partner kerja adalah komunikasi, saling menghormati, dan mengutamakan kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadi. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Bersikap Ramah dan Sopan

Senyum, sapa, salam menjadi sikap ramah yang sebaiknya kamu terapkan di perusahaan. Hal ini berlaku baik untuk karyawan baru maupun lama. Sikap ramah dan sopan yang kamu tunjukkan saat baru bergabung di perusahaan menunjukkan rasa hormat terhadap karyawan terdahulu. 

Di sisi lain, sikap senior yang ramah terhadap karyawan baru akan memberi semangat dalam bekerja, sehingga karyawan baru akan merasa diterima di lingkungan perusahaan.

2. Menghargai Perbedaan

Karyawan di dalam perusahaan memiliki latar belakang yang berbeda-beda, baik dari segi agama, etnis, pendidikan, status sosial, dan lain sebagainya. Namun, perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang untuk tetap saling menghargai satu sama lain. Dengan kata lain, menghargai perbedaan yang dimiliki masing-masing karyawan menjadi salah cara tepat dalam menumbuhkan hubungan yang baik ke sesama rekan kerja.

 

 

3. Makan Siang Bersama

Tak kenal maka tak sayang. Bentuk komunikasi lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan makan bersama. Kamu bisa membawa bekal dari rumah untuk disantap bersama-sama dengan yang lain, atau membuat janji untuk makan siang bareng di luar kantor. 

Cara ini secara bertahap akan membuatmu semakin intim dengan partner kerja lainnya. Selain itu, ada banyak hal menarik di luar pekerjaan yang bisa kamu bahas bersama rekan kerja sembari menikmati hidangan makan siang.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Setiap pekerja pastinya punya tantangan masing-masing dalam melaksanakan tugasnya di perusahaan. Tak jarang, hal ini membuat mereka merasa tertekan, stres, hingga burnout. Jika kamu menemui teman yang ingin berbagi cerita, maka jangan ragu untuk mendengarkan mereka. Dengan menjadi pendengar yang baik, paling tidak hal ini akan sedikit meringankan beban mereka. 

 

 

5. Hindari Konflik atau Bergosip

Konflik di dalam perusahaan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Jika hal itu terjadi, maka sebaiknya kamu tidak ikut campur dan bersikap netral di antara dua pihak yang berseteru. Selain itu, hindari membicarakan hal negatif terkait rekan kerja karena suatu saat justru bisa jadi bumerang bagi diri sendiri.

6. Saling Membantu

Kerja sama tim akan berjalan baik jika setiap anggota berfokus pada kepentingan dan tujuan perusahaan alih-alih ambisi pribadi. Daripada sibuk bersaing dengan yang lain, sebaiknya kamu saling membantu dan mendukung mereka supaya tujuan perusahaan bisa segera tercapai. Sikap individu, egois, atau acuh justru akan membuatmu dijauhi oleh rekan kerja lainnya.

 

 

7. Ucapkan Terima Kasih

Permisi, maaf, dan terima kasih adalah 3 hal utama yang harus kamu terapkan dalam bersosialisasi dengan orang lain termasuk di lingkungan kerja. Jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan atau sikap baik partner kerja yang kamu dapatkan. 

Meski terdengar sepele, hal ini menunjukkan apresiasi kita terhadap teman kerja atas perbuatan atau bantuan yang diberikan meskipun sifatnya remeh. Sopan santun dan sikap saling menghargai inilah yang akan menjaga hubunganmu dengan rekan kerja tetap berjalan dengan baik di waktu-waktu selanjutnya.

8. Menjalin Hubungan di Luar Perusahaan

Untuk mempererat hubunganmu dengan rekan kerja, tidak ada salahnya untuk menjalin hubungan di luar perusahaan. Kamu bisa menyalurkan hobi atau minat yang sama, seperti misalnya olahraga, nonton atau nongkrong bersama rekan kerja, traveling bareng, atau melakukan aktivitas lainnya yang menyenangkan secara bersama-sama. 

 

 

Kerja Lebih Semangat dengan Enervon Active

Selain memahami cara menjalin hubungan yang baik dengan partner kerja , kamu juga harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan dan stamina agar tubuh selalu fit saat bekerja. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon Active

Enervon Active adalah multivitamin dan mineral yang mengandung kombinasi Vitamin C dan B Kompleks, serta Zinc. Vitamin C efektif meningkatkan sistem imunitas dan vitamin B kompleks akan membantu tubuh untuk mendapatkan tambahan energi. Tak hanya itu saja, kandungan Zinc di dalamnya juga akan mencegah tubuhmu cepat lelah sehingga selalu fit sepanjang hari.

Beli produk Enervon Active sekarang juga di official store terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia ya!