Semarang menjadi salah satu destinasi wisata dengan paket lengkap. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata budaya bisa kamu temukan di sini. Apalagi dengan kepopuleran Cimory dan lumpia sebagai spot wisata kuliner sekaligus daya tarik kuat para pengunjung. Namun tahukah kamu bahwa Semarang juga menawarkan deretan wisata kuliner lainnya? Tidak hanya menu spesial legendaris yang tak lekang oleh waktu, menu dan tempat makan kekinian juga siap menyambut dan menyempurnakan petualanganmu di Semarang. Simak daftar wisata kuliner Semarang yang patut dicicipi saat liburan atau lewat di daerah ini.

Wisata Kuliner Semarang

1. Lumpia Semarang

Tentu saja yang pertama dan paling ikonik adalah lumpia Semarang. Memiliki banyak merek, Lumpia Semarang Gang Lombok adalah yang paling banyak direkomendasikan. Rasakan renyahnya kulit lumpia dan lembutnya isian yang khas. Selain bahan utama isian berupa rebung, protein seperti ayam, udang, dan telur akan menambah kenikmatannya.

2. Tahu Pong

Sumber: awsimage.detik.net.id

Berikutnya ada tahu pong, yaitu beberapa macam tahu yang digoreng hingga kering dan renyah. Selain tahu polos, ada juga yang berisikan daging telah terlebih dahulu dimasak dengan bumbu dan rempah yang gurih. Memadukannya dengan saus yang terbuat dari kecap dan cabai adalah cara menyantap yang paling disukai. Beberapa tempat makan tahu pong di Semarang yang banyak direkomendasikan adalah Tahu Pong Gajah dan Tahu Pong Karangsaru.

3. Tahu Gimbal

Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Satu lagi menu olahan tahu yang harus masuk daftar kuliner wajib di Semarang, yaitu tahu gimbal. Sama-sama digoreng, tahu gimbal disajikan bersama tauge rebus, kol, dan telur rebus atau telur dadar. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang khas dan dihidangkan bersama kerupuk. Untuk tempat makan tahu gimbal di Semarang yang populer adalah Tahu Gimbal H. Edy dan Tahu Gimbal Lumayan Pak Man.

4. Babat Gongso

Sumber: images.solopos.com

Untuk kamu penggemar babat dan jeroan, maka babat gongso khas Semarang harus kamu cicipi. Bayangkan nikmatnya babat yang berpadu dengan jeroan sapi yang direbus hingga lembut lalu dimasak dengan kecap, cabai rawit, dan rempah lainnya. Salah satu tempat makan yang disarankan untuk menu ini adalah Babat Gongso Pak Karmin.

5. Mie Siang Kie

Sumber: tribunnews.com

Pada kategori makanan non-halal, Mie Siang Kie adalah tempat makan sekaligus menu mie yang harus kamu cicipi. Selain rasa kaldunya yang nikmat, mie akan disajikan dengan topping yang melimpah. Mulai dari irisan daging babi, ayam suwir, kekian, pangsit rebus, ayam, hingga irisan telur dadar. Berlokasi dekat dengan Lumpia Gang Lombok, jangan sampai kamu melewatkannya.

6. Bebek Goreng Pak Thori

Sumber: gotravelly.com

Bebek goreng menjadi spesial jika kamu menyantapnya di Bebek Goreng Pak Thori Semarang. Meski digoreng hingga kulitnya krispi, tapi daging di dalamnya masih lembut. Disajikan bersama sambal khas dan lalapan akan membuat pengalaman makan menjadi lebih menyenangkan. Di sini kamu juga bisa mencicipi menu lainnya yang tak kalah enak, seperti ayam goreng, lele goreng, dan burung dara.

7.  Asem-Asem Koh Liem

Sumber: awsimage.detik.net.go.id

Penggemar makanan kuah yang asam dan segar harus mencoba menu asem-asem di Asem-Asem Koh Liem. Sesuai dengan namanya, asem-asem merupakan hidangan daging sapi dan tomat hijau yang direbus dengan kuah asam pedas yang nikmat. Jika kamu berkunjung ke Asem-Asem Koh Liem, coba juga menu favorit wisatawan lainnya seperti kikil lombok ijo dan lontong cap go meh.

8. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Sumber: img.okezone.com

Pecinta daging kambing harus mencoba gulai kambing tanpa santan di Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Uniknya adalah alih-alih santan, kelapa parut menjadi bahan utama membuat gulai bersama beragam rempah yang menghangatkan tubuh dan menyehatkan. Daging kambing yang empuk dengan kuah yang wangi akan menjadi makan siang tak terlupakan.

Selain makanan berat di atas, kamu juga bisa menikmati beragam makanan penutup di Semarang. Beberapa di antaranya yang paling direkomendasikan adalah es krim legendaris di Toko Oen, manisnya pisang plenet Gajah Mada, serta segarnya es puter di Es Puter Cong Lik. Meski tidak semua menu bisa dicicipi, setidaknya kamu mencoba sebagai besar dari daftar tersebut. Dijamin pengalaman indra perasa kamu akan semakin berkesan di sana.

Tips Jaga Kesehatan Selama Jalan-jalan

Dengan suhu rata-rata di atas 30 derajat celcius, Semarang termasuk dalam kota yang cukup panas dengan kelembapan yang tinggi. Jalan-jalan di Semarang akan lebih optimal jika kamu mempersiapkan kesehatan tubuh dengan baik. Pertama adalah dengan melengkapi barang bawaan, termasuk barang-barang yang akan mendukung stamina tubuh. Mulai dari botol air minum, tabir surya, kacamata hitam, payung, dan lain sebagainya.

Kedua, jangan remehkan waktu istirahat agar kamu selalu berenergi menjelajahi tempat wisata di sana. Ketiga, pilih menu makan yang aman bagi kesehatan kamu. Meskipun kamu suka dengan makanan pedas, misalnya, pastikan jumlah makanan pedas yang dikonsumsi tidak berlebihan sehingga membuat pencernaan kamu bermasalah.

Bila perlu, bawa serta tablet multivitamin untuk mendukung daya tahan tubuh. Enervon-C Effervescent adalah produk yang direkomendasikan karena kandungannya yang lengkap. Tidak hanya vitamin C, kamu juga akan mendapat vitamin B kompleks dan mineral niacinamide dalam satu kali konsumsi. Karena mudah larut dalam air, proses penyerapan oleh tubuh menjadi lebih cepat. Dapatkan varian kemasan travel Enervon-C Effervescent dari toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - goodnewsfromindonesia.id