Jika kamu pecinta liburan berkonsep campervan, maka beberapa tempat ini banyak direkomendasikan karena pemandangannya yang indah. Memiliki istilah Bahasa Indonesia sebagai mobil kemah, campervan memungkinkan wisatawan untuk menjadikan kendaraannya sebagai transportasi sekaligus tempat tidur. Wisatawan tidak perlu lagi membawa dan membangun tenda atau menyewa kamar hotel. Tinggal melakukan kendaraannya ke destinasi pilihan, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam di tempat tersebut. Mulai petualangan daratmu bersama rombongan dengan menjelajahi spot campervan Indonesia terindah berikut ini.

Sebelum masuk dalam daftar spot campervan Indonesia, perlu dipahami bahwa kendaraan yang dimaksud biasanya berbentuk mobil atau mini bus yang luas dan bermuatan besar untuk kemudian area tersebut bisa digunakan sebagai area tidur bahkan memasak. Oleh karena itu, akses yang cenderung mudah dilalui adalah spot yang banyak direkomendasikan. Apalagi dengan pemandangan alamnya yang cantik dan menawan.

Spot Campervan Indonesia Terindah

1. Ranu Pani, Lumajang

Sumber: nahwatravel.co.id

Terletak kurang lebih 10 km dari Gunung Semeru, Danau Ranu Pani masih termasuk dalam area kaki gunung dengan ketinggian 2.114 mdpl sehingga udara sejuk dan udara bersih bisa kamu dapat di sini. Tentu saja pemandangan danau yang menenangkan akan menyambut kamu dan teman-teman. Selain menikmati malam di tepi danau, sempatkan juga untuk mengunjungi dua danau lain dengan perjalanan tak sampai 10 menit, yaitu Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo.

2. Talaga Surian, Kuningan

Sumber: campervanindonesia.org

Berikutnya ada Talaga Surian, bumi perkemahan yang juga ramah bagi pengunjung dengan campervan. Terletak di bawah kaki Gunung Ciremai membuat suasana pegunungan yang khas sangat terasa di sini. Apalagi dengan deretan pohon yang menjulang tinggi di sekitarnya. Pemandangan dari ribuan meter di atas permukaan laut tidak akan mengecewakan liburan kalian selama berkemah.

3. Waduk Sermo, Kulon Progo

Sumber: res.klook.com

Satu lagi spot campervan Indonesia yang menawarkan tenangnya pinggiran danau yaitu Waduk Sermo. Sebagai danau buatan, pemandangan alam berupa perbukitan lebat sangat menawan dan memanjakan mata. Salah satu daya tarik berkemah di lokasi ini adalah indahnya langit saat matahari terbit dan tenggelam. Jadi pastikan kamu datang sebelum sore dan jangan pulang sebelum pagi datang.

4. Bukit Lembah Seroja, Wonosobo

Sumber: nativeindonesia.com

Bayangkan kamu bangun dari campervan dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Telaga Menjer di depan mata. Spot campervan Bukit Lembah Seroja menawarkan kecantikan tersebut hanya dengan berkendara sekitar 30 menit dari pusat Kota Wonosobo. Kesejukan, udara bersih, suasana tenang, dan cantiknya kemurnian alam akan menyambut kamu dan rombongan di sana.

5. Savana Tianyar, Bali

Sumber: cdn.wisata.app

Sedangkan untuk kamu yang ingin mencari pemandangan unik, Savana Tianyar di Kabupaten Karangasem harus masuk dalam salah satu daftar tujuan. Hamparan padang rumput hijau saat penghujan dan coklat saat kemarau dengan latar belakang Gunung Agung akan menjadi kemegahan alam yang sulit dilupakan. Setidaknya kamu harus datang sekali di masing-masing musim untuk merasakan pengalaman yang jauh berbeda namun sama-sama mengesankan.

6. Pantai Watu Kodok, Gunung Kidul

Sumber: kabarBUMN.com

Pecinta pemandangan khas pantai, ombak, dan lautan wajib datang ke Pantai Watu Kodok. Bibir pantai yang luas dengan pasir putih menjadikan spot campervan yang satu ini patut dikunjungi. Bayangkan kamu tidur dan bangun dengan suara ombak dan pemandangan lautan yang megah. Dengan perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta, kamu akan memiliki malam yang mengesankan di sini.

Tips Sehat Selama Perjalanan dan Kemah

  • Cek kendaraan sebelum berangkat dan pastikan tidak ada komponen yang berpotensi mengganggu performa kendaraan. Bahkan jika perlu, lakukan pengecekan bersama teknisi.
  • Lengkapi barang bawaan dan organisir dengan baik agar kamu tidak bingung saat membutuhkannya. Karena bagaimanapun juga campervan sudah seperti rumah berjalan kamu selama liburan. Usahakan untuk tidak membawa barang berlebihan tapi meninggalkan barang yang seharusnya ada.
  • Selama perjalanan menuju spot tersebut kamu merasakan kantuk, segeralah istirahat atau tidur di area khusus dan jangan memaksakan diri.

  • Rencanakan menu makan sehat dan pengolahannya agar kamu tahu bahan apa yang harus dibeli dan alat masak apa yang tersedia.
  • Untuk mencegah lapar di tengah malam, pilih camilan sehat dan bernutrisi tinggi dibanding makanan olahan dengan kandungan gula dan garam berlebih. Beberapa contohnya adalah buah segar, protein bar, yogurt, granola, kacang-kacangan tanpa bumbu tambahan, dan lain-lain.
  • Sebagai bentuk pencegahan dari dehidrasi dan rasa lelah berlebih, rutin mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup sangat dianjurkan. Batasi konsumsi minuman soda dan minuman instan agar tidak menambah masalah kesehatan di masa yang akan datang.
  • Bila perlu, jaga stamina tubuh dengan mengonsumsi suplemen. Beberapa produk suplemen mampu mendukung daya tahan tubuh sekaligus membantu melengkapi nutrisi harian.

Menyambung pada tips di atas, ada satu solusi yang ditawarkan untuk dua tips terakhir di atas. Enervon-C Effervescent menjadi suplemen effervescent yang mudah dibawa dan dikonsumsi bersama air putih karena sifatnya yang mudah larut. Tidak hanya vitamin C, kamu juga bisa mendapat jenis vitamin lain seperti vitamin B kompleks dan mineral penting. Hanya dengan mengonsumsinya satu kali, kamu telah memastikan tubuh mendapat nutrisi yang cukup untuk beraktivitas termasuk liburan. Toko resmi Enervon juga telah tersedia di Tokopedia dan Shopee jika mau akses yang lebih mudah dan cepat.

Featured Image - pexels.com