Pre workout adalah makanan/suplemen yang dikonsumsi sebelum berolahraga untuk menambah tenaga, fokus, daya tahan, dan mental seseorang. Selain atlet, banyak orang yang menggunakan suplemen ini untuk menjaga durasi aktivitas fisik supaya lebih lama dan tidak berhenti di tengah jalan. 

Ada banyak jenis suplemen penambah stamina di pasaran yang bisa kamu pilih. Namun, jangan asal pilih dan pastikan untuk memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli, pahami dulu pengertian, manfaat, dan nutrisi apa saja yang umumnya ada di dalam pre workout dengan membaca artikel di bawah ini.

Pre Workout adalah?

Pre workout adalah suplemen makanan yang mengandung bahan-bahan atau nutrisi penting untuk meningkatkan kinerja seseorang saat melakukan aktivitas fisik. Umumnya, suplemen penambah energi ini dikemas dalam berbagai bentuk seperti tablet, bubuk, kapsul, minuman, dan effervescent.

Berbagai zat atau nutrisi yang terdapat di dalam suplemen pre workout biasanya terdiri dari kafein, creatine, asam amino, dan lain-lain. Untuk merasakan manfaatnya, kamu harus mengonsumsi suplemen tersebut 30 menit sebelum berolahraga.

Efek yang dihasilkan dari konsumsi suplemen tersebut antara lain menstabilkan energi di tubuh, menjaga tubuh supaya tidak mudah lelah, dan meningkatkan kinerja atletik/latihan fisik. Namun, beberapa orang mungkin tidak cocok dengan suplemen pre workout dan menunjukkan efek samping tertentu seperti gelisah, kesemutan, pusing, sesak napas, hingga gangguan pencernaan.

Oleh sebab itu, jangan sembarangan memilih suplemen penambah energi dan gunakan dengan bijak sesuai aturan pemakaian jika memang benar-benar memerlukannya. Namun, jika dirasa mampu untuk melakukan aktivitas fisik tanpa konsumsi suplemen sebelum latihan, kamu bisa menggantinya dengan pre workout alami. 

Contohnya seperti air mineral, ekstrak teh hijau, jus semangka, yoghurt, kafein, karbohidrat sederhana atau kompleks, dan lain-lain yang bisa meningkatkan stamina dan fokus saat berolahraga.

 

 

Manfaat Pre Workout

Pre workout adalah makanan/minuman/suplemen yang diperlukan oleh sebagian orang, terutama saat melakukan aktivitas fisik atau latihan fisik untuk tujuan tertentu. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat pre workout yang perlu kamu tahu.

1. Meningkatkan Stamina/Energi di Tubuh secara Signifikan

Fungsi utama dari suplemen pre workout adalah menambah energi, sehingga tubuh bisa melakukan gerakan olahraga dengan lebih mudah, cepat, dan tidak mudah lelah.

2. Latihan Jadi Lebih Fokus

Konsumsi suplemen tertentu sebelum berolahraga juga akan menambah fokus dan menghilangkan rasa kantuk. Dengan demikian, gerakan yang dilakukan selama melakukan aktivitas fisik juga lebih sempurna.

3. Proses Metabolisme di Dalam Tubuh Meningkat

Beberapa produk suplemen pre workout juga bisa meningkatkan proses metabolisme atau pembakaran lemak di dalam tubuh, sehingga hal ini bisa membantu seseorang menurunkan berat badan.

4. Mencegah Kerusakan Otot

Perlu kamu tahu bahwa konsumsi suplemen ini juga bisa melindungi otot tubuh dari kerusakan selama melakukan aktivitas fisik.

 

 

Rekomendasi Nutrisi yang Perlu Dipenuhi dalam Pre Workout

Nah, sebelum membeli produk suplemen pre workout, kamu harus memperhatikan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah beberapa rekomendasi nutrisi yang perlu dipenuhi dalam pre workout.

1. Asam Amino

Asam amino berfungsi untuk menumbuhkan dan memperbaiki otot, mengurangi nyeri otot, serta mendukung pembentukan energi. 

2. Beta-Alanin

Beta-Alanin merupakan salah satu jenis asam amino yang berperan dalam meningkatkan daya tahan otot tubuh.

3. Kafein

Selain menambah daya tahan tubuh, kafein juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus serta kinerja tubuh saat berolahraga.

4. Creatine

Creatine berfungsi untuk menyuplai energi ke otot tubuh sehingga kamu jadi lebih kuat dan aktif.

5. Glukosa

Glukosa atau gula adalah jenis karbohidrat sederhana yang bisa meningkatkan energi di dalam tubuh.

6. Oksida Nitrat

Oksida nitrat merupakan kombinasi oksigen dan nitrogen yang efektif meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Hal ini berdampak pada peningkatan intensitas olahraga, mengurangi peradangan, dan mempercepat pemulihan.

7. Vitamin B

Vitamin B berperan penting dalam mengubah makanan menjadi energi serta mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh.

8. Taurin

Taurin adalah asam amino dengan kandungan sulfur yang kaya akan manfaat seperti meminimalisir kelelahan otot, penanda anti-inflamasi, serta memiliki efek ergogenik/kinerja di dalam tubuh.

 

 

Nah, setelah memahami pengertian, manfaat, dan berbagai nutrisi yang sebaiknya ada di dalam suplemen pre workout, hal ini akan memudahkan kamu dalam memilih produk mana yang tepat untuk dikonsumsi.

Pastikan kamu hanya memilih Enervon-C Effervescent sebagai suplemen pre workout yang paling aman untuk dikonsumsi. Kenapa harus Enervon-C Effervescent?

  • Hadir dalam kemasan tablet effervescent yang larut dalam air, lebih enak, serta menyegarkan.
  • Manfaat kandungan di dalamnya mudah diserap karena masuk ke tubuh dalam bentuk cairan.
  • Menambah cairan di tubuh.
  • Mengandung vitamin C yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
  • Memiliki kandungan vitamin B-Kompleks yang mendukung proses metabolisme untuk pembentukan energi di dalam tubuh.
  • Aman bagi lambung dan tidak menimbulkan ketergantungan.
  • Pastinya halal dengan harga yang ramah di kantong.

Tunggu apalagi? Segera dapatkan produk Enervon-C Effervescent sekarang juga dengan klik tautan Tokopedia dan Shopee berikut ini!

 

Referensi:

1. Leoni Jesner. What Is Pre-Workout And How Does It Work?. https://www.forbes.com/health/supplements/what-is-pre-workout/

2. Cleveland Clinic. Pre-Workout: What Does It Really Do? https://health.clevelandclinic.org/does-taking-a-pre-workout-actually-work